Lima Amalan Permudah Menuju Surga

Selasa, 30 Juni 2020 | 09:31:52

Lima Amalan Permudah Menuju Surga

 

Masuk surga merupakan harapan setiap Muslim.

Dream - Surga merupakan tujuan akhir dari setiap ibadah yang dijalankan umat Islam. Di dalam surga, tersimpan berbagai kenikmatan yang tidak ada bandingannya di dunia.

Setiap Muslim berlomba-lomba untuk bisa menuju surga. Mereka berusaha sebanyak mungkin menambah catatan amal dengan memperbanyak ibadah dan amalan sholeh.

Allah SWT memberikan gambaran bagaimana surga dalam Surat Fushshilat ayat 31 dan 32.

" Di dalam surga kamu memperoleh apa (segala kenikmatan) yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa (segala kenikmatan) yang kamu minta. Sebagai hidangan (bagimu) dari (Rabb) Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Tentu saja menuju surga bukan perkara gampang. Meski begitu, ada amalan yang bisa menjadi jalan mempermudah menuju surga, apa itu?

Dikutip dari Islami.co, amalan pertama yaitu menuntut ilmu syar'i. Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah Muhammad SAW memberikan jaminan mudahnya masuk surga bagi orang yang mencari ilmu.

" Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga."

Amalan ke dua, menjenguk orang sakit. Orang sakit sebenarnya sedang menjalani ujian dari Allah SWT. Menjenguknya sama dengan mengharapkan keberkahan Allah.

Dalam hadis riwayat Tirmidzi, Rasulullah bersabda,

" Tidaklah seorang Muslim menjenguk Muslim yang lain di pagi hari melainkan 70.000 malaikat bershalawat atasnya, memintakan ampun untuknya hingga ia berada di sore hari. Dan jika ia menjenguknya di sore hari maka 70.000 malaikat bershalawat atasnya, memintakan ampun untuknya hingga ia berada di pagi hari. Dan ia akan memperoleh buah-buahan yang akan dipetik di dalam surga kelak."

Reporter : Ahmad Baiquni

https://www.dream.co.id/