Keutamaan Istigfar Setiap Saat yang Mudah dan Sederhana

Sabtu, 10 April 2021 | 09:32:43

Keutamaan Istigfar Setiap Saat yang Mudah dan Sederhana

 

Umroh.com – Istigfar adalah kalimat istimewa dalam islam. Istigfar artinya ialah memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa yang telah diperbuat. Karena sejatinya Setiap manusia selain Rasul Allah pasti banyak melakukan dosa. Bahkan Sang teladan utama, Rasulullah saw yang sudah dijamin masuk surga oleh Allah SWT pun ternyata adalah orang yang paling banyak beristighfar. Itu hanya salah satu dari keutamaan istigfar setiap saat yang sudah banyak orang tahu.

Beliaupun mengakhiri hidupnya pun dengan istighfar. Meski beliau telah dijamin mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Karena sesungguhnya terdapat keistimewaan dan keutamaan penting jika amalan ini dilakukan setiap saat selagi kita masih hidup di dunia yang nantinya akan menjamin pula kebahagiaan dan kedamaian hidup kita kelak di akhirat.

Beristighfarlah kepada Allah SWT serta bertaubatlah kepadaNya, niscaya ia akan memanjangkan kehidupanmu dalam kehidupan yang baik sampai waktu yang telah ditentukan. Para Ulama Ahli Tafsir menjelaskan manfaat istighfar dalam hal ini adalah kehidupan yang indah, yaitu Allah limpahkan manfaat-manfaat yang banyak dalam kehidupannya, Allah lapangkan rezekinya, Allah jadikan hidupnya penuh dengan kenikmatan.

Allah berikan kepadanya taufiq untuk bersikap qona’ah (menerima keadaannya dengan ridha) dan tidak bersedih terhadap hal-hal yang tidak dimilikinya, Allah tidak akan membinasakan orang – orang yang beristighfar (orang beriman) secara keseluruhan seperti binasanya umat-umat terdahulu, Allah berikan taufiq kepadaNya untuk selalu menghadapkan hati dan tawakkalnya kepada Allah semata,

Umroh.com merangkum, Allah SWT juga berikan kepadanya kenikmatan hidup, keamanan, taufiq untuk bersyukur terhadap kemudahan yang didapatkan serta sabar atas musibah.

Keutamaan Beristigfar

1. Dicintai Allah SWT

Allah berfirman, “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertobat dan mencintai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS.al-Baqarah: 222). Rasulullah bersabda, “Orang yang bertobat adalah kekasih Allah. Orang yang bertobat atas dosanya, bagaikan orang yang tidak berdosa.” (HR.Ibnu Majah)

2. Diampuni Dosa-Dosanya

Rasulullah bersabda, “Allah telah berfirman, “ Wahai hamba-hamba-Ku, setiap kalian pasti berdosa kecuali yang Aku jaga. Maka beristighfarlah kalian kepada-Ku, niscaya kalian Aku ampuni. Dan barangsiapa yang meyakini bahwa Aku punya kemampuan untuk mengampuni dosa-dosanya , maka Aku akan mengampuninya dan Aku tidak peduli (berapa banyak dosanya).” (HR.Ibnu Majah, Tirmidzi)

Imam Qatadah berkata, “Al-Qur’an telah menunjukkan penyakit dan obat kalian. Adapun penyakit kalian adalah dosa, dan obat kalian adalah istighfar.” (Kitab Ihya’Ulumiddin: 1/410).

3. Mengikuti ajaran Sunnah Rasul

Abu Hurairah berkata, “Saya telah mendengar Rasulullah bersabda, ‘Demi Allah, sesungguhnya aku minta ampun kepada Allah (beristighfar) dan bertaubat kepada-Nya dalam sehari lebih dari tujuh puluh kali’.” (HR.Bukhari).

4. Keburukannya Diganti Dengan Kebaikan

Allah berfirman, “Kecuali orang-orang yang bertobat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. al-Furqan: 70).

“Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan sore) dan pada bagian awal dari malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat. “(QS. Hud: 114).

5. Di mudahkan segala urusannya

Sabda Rasulullah, “Barangsiapa membiasakan diri untuk beristighfar, Allah akan memberikan jalan keluar baginya dari setiap kesulitan, akan memberikan kebahagiaan dari setiap kesusahan, dan akan memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka,” (HR Abu Daud no. 1520 dan Ibnu Majah no. 3951, dan di-dha’if-kan oleh Albani).

6. Mendapatkan Balasan Surga

Allah berfirman, “Dan orang-orang yang apabila mengerjakan suatu perbuatan keji atau menganiaya dirinya sendiri, mereka ingat akan Allah SWT, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa-dosanya selain Allah SWT ? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya adalah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai. Sedang mereka kekal di dalamnya, dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.” (QS. Ali Imran : 135 – 136).

7. Mengecewakan Syeitan

Sesungguhnya syaiton telah berkata, “Demi kemuliaan Mu ya Allah, aku akan terus menerus menggoda hamba-hamba Mu selagi roh mereka ada dalam badan mereka. Maka Allah menimpalinya, “Dan demi kemuliaan dan keagungan-Ku, Aku akan senantiasa mengampuni mereka selama mereka memohon ampun kepada Ku.” (HR. Ahmad dan Al-Hakim).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Maka dari itu kita harus senantiasa memperbanyak beristighfar, sesungguhnya syeitan adalah musuh yang nyata untuk kita. Dan keutamaan istigfar setiap saat yang lainnya adalah ketika kita terjerumus di-jalannya, maka siksa Allah SWT amatlah pedih. Akan tetapi perlu kamu ketahui bahwa kasih sayang Allah SWT lebih besar dari pada murka-Nya.

BY ANNISA APRINIA 

https://umroh.com