Gus Baha ungkap kunci untuk masuk surga bagi setiap muslim

Jumat, 11 Juni 2021 | 09:40:14

Gus Baha ungkap kunci untuk masuk surga bagi setiap muslim

 

Semua umat muslim di dunia ini semestinya memiliki cita – cita yang sama, yakni menggapai kebahagiaan yang sejati. Yakni kebahagiaan di dunia dan akhirat. Kebahagiaan di akhirat ditandai bila seseorang bisa masuk ke dalam surga.

Surga adalah tempat terindah di alam akhirat sebagai puncak kebahagiaan yang abadi. Surga juga sebagai balasan atas kebaikan yang telah dilakukan ketika manusia hidup di dunia. Dan ketika seseorang ingin masuk surga, tentu harus menjalani berbagai macam ujian – ujian yang Allah SWT berikan.

Allah SWT pasti selektif, hanya hamba – hamba-Nya yang terbaik saja yang bisa masuk dalam surga-Nya. Dan ketika kita bisa lolos dalam ujian yang diberikan oleh Allah SWT di dunia, maka kita telah menjadi salah satu hamba-Nya yang terbaik yang berhak masuk surga-Nya.

Gus Baha seorang ulama kharismatik, menanggapi mengenai hal ini dalam forum kajian NU yang diadakan oleh NU Jawa Timur. Menurut beliau, “Masuk surga ga sulit, tidak seribet itu”.

Dalam hadits Nabi Muhammad SAW yang dijelaskan oleh Imam Ghozali dalam kitabnya, salah satu golongan manusia yang bisa masuk surga tanpa hisab adalah orang yang mati syahid. Sedangkan salah satu ciri orang yang mati syahid adalah ketika ajal menjemputnya, ia sempat melafalkan kalimat – kalimat toyyibah. Salah satunya kalimat laa ilaaha illallah.

Gus Baha: Masuk surga itu mudah!

Gus Baha menjelaskan bahwa kunci surga sudah jelas kita mengetahui semuanya. Dalam qosidah – qosidah pun kita sering mendengarnya bahwa kunci surga atau dalam bahasa arabnya miftahul jannah adalah kalimat laa ilaaha illallah.

Ketika seorang muslim yang sudah mengetahui kunci surga bukankah sungguh keterlaluan bila tidak bisa masuk surga, jelas beliau. Dalam ujian kubur pun, sudah sering kita dijelaskan mengenai kisi – kisi juga jawaban dari pertanyaan – pertanyaan kubur. Nah, sungguh keterlaluan juga bila seorang muslim tidak bisa menjawab ujian kubur yang ditanyakan oleh malaikat, jelas beliau sambil tertawa.

Beliau seolah mengkampanyekan bahwa Islam ini agama yang sungguh baik. Seluruh umatnya diberikan segala bentuk cara – cara bahkan jalan pintas dalam menggapai surga. Dakwah Islam dengan model beginilah yang akan menarik umat agama lain agar tertarik dengan Islam. Bukan model dakwah yang justru isinya menjelaskan mengenai dosa – dosa juga siksa – siksa kubur dan neraka. Dakwah model seperti itu yang justru seolah memperlihatkan Islam adalah agama yang menakutkan.

https://today.line.me