Doa Syukur Atas Segala Nikmat yang Didapat

Jumat, 20 November 2020 | 13:36:48

Doa Syukur Atas Segala Nikmat yang Didapat

 

Syukur merupakan amalan hati yang diwujudkan melalui lisan dan perbuatan.

Dream - Setiap makhluk menjalani kehidupannya berkat nikmat Allah SWT. Dia bisa bernapas, makan, dan bergerak semata karena Allah SWT.

Oleh karena itulah, kita patut bersyukur kepada Allah. Syukur artinya mengakui segala yang kita miliki adalah murni pemberian Allah.

Dengan bersyukur, kita bisa senantiasa mengingat Allah. Selain itu, kita juga menjadi sadar diri apa yang ada bukan semata karena usaha sendiri.

Syukur adalah amalan hati yang diwujudkan melalui ucapan dan perbuatan. Syukur juga menjadi bentuk terima kasih kepada Allah.

Beryukur atas segala nikmat, kita dianjurkan membaca doa ini.

Allahumma ma ashbaha bi min ni'matin wa minka wahdaka la syarika laka, fa lakal khamdu wa lakasy syukru.

Artinya,

" Ya Allah, nikmat yang kuterima di pagi ini semuanya adalah dari-Mu semata, tidak ada sekutu bagi-Mu. Karena itu, hanya bagi-Mu segala puji dan hanya kepada-Mu rasa syukur (dari semua makhluk-Mu)."

Doa Terlindung dari Harta Haram

Dream - Rezeki halal membuat hidup dilimpahi berkah. Sedangkan harta haram dapat membawa banyak masalah.

Harta haram mengandung bahaya yang mengerikan. Ada saja kejadian tidak buruk muncul akibat menggunakan harta haram.

Bahkan, harta haram baik karena zatnya maupun cara memperolehnya bisa menjerumuskan seseorang kepada maksiat. Yang mengherankan, masih ada orang yang nekat menggunakan harta haram.

Alasannya bermacam-macam. Ada yang tamak, terlilit utang, dan masih banyak lagi.

Agar terhindar dari harta haram, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut tercantum dalam riwayat Imam Tirmidzi dan Imam Al Hakim.

Doa Terhindar dari Harta Haram

Allahummakfini bikhalalika 'an kharamika wa aghnini bifadhlika 'amman siwaka.

Artinya,

" Ya Allah, cukupilah aku dengan rezeki halal-Mu agar terhindar terhindar dari yang Kau haramkan. Jadikanlah aku kaya karena karunia-Mu, bukan karena karunia selain-Mu."

Doa Agar Terlindungi dari Pasangan Cerewet

Dream - Hidup berumah tangga mengharuskan kita untuk menerima pasangan apa adanya. Bahkan sebisa mungkin kita dan pasangan bisa saling mengimbangi.

Setiap orang tentu punya sifat yang berbeda-beda. Ketika menikah, potensi untuk berbeda sifat dengan pasangan sangat besar.

Tidak sedikit orang mendapatkan pasangan yang cerewet. Setiap kali mendapati hal yang tidak cocok, dia bicara apa saja.

Kita yang mendengarnya mungkin merasa risih. Namun demikian, apapun yang ada pada pasangan kita harus diterima dengan lapang dada.

Ketika punya pasangan cerewet, dianjurkan membaca doa ini agar mendapatkan perlindungan. Dia tersebut berdasarkan riwayat Tabrani dari generasi tabi'in.

Doa Berlindung dari Pasangan Cerewet

Allahumma inni a'udzu bika min jaaris suu', wa min zawji tusyayyibuni qoblal masyib, wa min waladin yakunu 'alayya rabban, wa min malin yakunu 'alayya 'adzaban, wa min khalilin makirin 'ainuhu tarani wa qolbuhu yar'aani, in ra-a hasanatan dafanahaa wa idza ra-a sayyiatan adza’aha.

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari tetangga yang jahat, dari pasangan yang menjadikanku tua (beruban) sebelum waktunya, dari anak (keturunan) yang berkuasa kepadaku, dari harta yang menjadi siksa bagiku, dan dari kawan dekat yang berbuat makar kepadaku, matanya melihat dan hatinya terus mengawasi, namun kalau melihat kebaikanku, ia timbun dan kalau melihat kejelekanku, ia sebarkan."

Reporter : Ahmad Baiquni

https://www.dream.co.id