Doa Sayyidul Istighfar

Selasa, 10 Desember 2019 | 08:21:48

Doa Sayyidul Istighfar

 

Simak ulasan tentang √ bacaan istighfar, √ doa sayyidul istighfar dan √ keutamaan membaca doa sayyidul istighfar pada artikel berikut.

Istighfar

Istighfar yang dalam bahasa Arabnya (إستغفار) “Istighfar” atau Astaghfirullah (أستغفر الله)‎. Istighfar ini merupakan amalan ibadah atau perbuatan dalam rangka meminta maaf atau memohon ampunan kepada Allah.

Istighfar-Terbaik

Memohon ampunan atas segala perbuatan dosa-dosa yang dilakukan oleh manusia dalam keadaan disengaja atau tidak disengaja.

Setiap umat muslim dianjurkan membaca atau melafalkan bacaan istighfar ini setiap hari. Mulai sejak pagi hari bacaan istighfar ini sudah menyertai di dalam doa pagi hari yang dapat diamalkan setiap pagi.

Begitu juga ketika sore hari menjelang maghrib, bacaan istighfar ini juga akan menyertai doa sore hari. Doa ini sebagai ungkapan permohonan maaf kepada Allah atas segala perbuatan yang telah dilakukan di waktu pagi dan siang hari.

Diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Thabrani, bahwa Rasulullah bersabda :

 

مَا اَصْبَحْتُ غُدْوَةً اِلَّا استَغْفَرْتُ اللهَ مِئَةَ مَرَّةً

 

Artinya :

“Tidak pernah di waktu pagi saya melewati, kecuali saya membaca istighfar 100 kali”.

Permohonan ampunan Rasulullah kepada Allah dengan mengucapkan istighfar juga diriwayatkan juga oleh Al-Imam Muslim.

Rasulullah bersabda :

 

اَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم جَمَعَ النَّاسَ فَقَالَ : يَا أَيُّهَا النَّاسُ تُوبُوا إِلَى اللَّهِ فَإِنِّي أَتُوبُ إِلَى اللَّهِ فِي اليَوْمِ اِلَيْهِ مِئَةَ مَرَّة

 

Artinya :

Sesungguhnya Rasulullah mengumpulkan manusia dan beliau berseru,”Wahai manusia, tobatlah kalian kepada Allah. Sesungguhnya saya bertobat kepada Allah dalam sehari sebanyak 100 kali.”

Rasulullah membaca istighfar 100 kali dalam waktu pagi sebanya 100 kali sebagai ungkapan permohonan ampun dan bertobat kepada Allah.

Dalam asmaul husna, Allah memiliki sifat Al-Ghaffar yang artinya Maha Pengampun dan At Tawwab yang artinya Maha Menerima Taubat.

Allah berfirman dalam Al Quran surah Nuh ayat 10 :

 

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

 

Artinya :

Maka aku katakan kepada mereka, “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, Sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun” (QS. Nuh ayat 10).

Jadi jangan sia-siakan kesempatan untuk selalu bertobat dan memohon ampun kepada Allah. Anda bisa dengan mengamalkan membaca istighfar setiap hari atau dengan melakukan sholat sunnah taubat.

Pada kesempatan ini wisatanabawi akan mengulas tentang bacaan istighfar dan doa sayyidul istighfar dalam bacaan arab, latin dan artinya lengkap.

Bacaan Istighfar

Ada beberapa bacaan istighfar yang baik untuk diamalkan atau dibaca. Terdapat bacaan istighfar yang singkat dan ada juga bacaan doa istighfar yang panjang.

https://wisatanabawi.com/