Cara Mudah untuk Menurunkan Asam Lambung Naik

Jumat, 14 Februari 2020 | 09:14:40

Cara Mudah untuk Menurunkan Asam Lambung Naik

 

 

TRIBUNNERS - Asam lambung tidak bisa bekerja dengan baik di kerongkongan karena adanya katup antara kerongkongan dan perut.

Kondisi ini disebut GERD (gastroesophageal reflux disease). Gejala GERD meliputi nyeri dada atau sakit maag, sulit menelan, dan asam mulut / pahit karena asam meningkat di kerongkongan, dan perut terasa tidak nyaman.

Masalah asam lambung dapat menyebabkan dua kondisi, yaitu penyakit maag dan tukak lambung. Tukak lambung lebih berbahaya karena menyebabkan luka di lambung.

Kondisi ini juga dipicu oleh adanya asam lambung yang sangat tinggi. Jika asam lambung meningkat maka bagian asam bisa mencapai kerongkongan dan ini bisa memperburuk kesehatan.

Penyebab asam lambung bisa disebabkan oleh berbagai kondisi seperti kebiasaan makan tidak teratur, diet yang buruk, kadar asam alami yang sangat tinggi, riwayat keluarga dan beberapa penyakit termasuk imunitas.

Tapi apapun penyebabnya, maka Anda bisa mencoba mengurangi asam lambung tanpa obat-obatan. Seperti beberapa kemungkinan cara di bawah ini sebagai berikut :

1. Hindari gorengan

Apakah Anda memiliki kebiasaan makan makanan gorengan? Bagi orang yang menderita asam lambung, sebaiknya tidak mengkonsumsi gorengan.

Semua makanan ini mengandung lemak tinggi, yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Lemak juga bisa mengandung bagian pencernaan banyak minyak sehingga asam lambung akan naik dengan cepat. Jadi hindari semua makanan ini agar asam lambung bisa turun.

2. Konsumsilah sayuran terbaik untuk asam lambung

Banyak orang yang menderita asam lambung tidak bisa makan dengan baik. Mereka membatasi sayur dan buahnya, yang bisa menyebabkan asam lambung menjadi lebih kuat. Sayuran sangat baik untuk lambung, karena bisa membuat lambung menerima makanan lebih lembut dan terasa nyaman.

Berbagai jenis sayuran seperti brokoli, kentang, wortel, kol, kacang hijau, kacang panjang dan jenis kacang lainnya dianjurkan.

3. Hindari buah yang asam dan panas

Untuk orang yang mengalami asam lambung tidak boleh mengkonsumsi buah seperti jeruk, lemon, nanasm dan strowberry yang asam, karena dari buah tersebut mengandung asam sehingga dapat mengakibatkajn asam lambung menjadi lebih buruk lagi.

4. Lebih meilih untuk mengkonsumsi produk gandum

Semua jenis makanan yang diolah dari gandum dan dedak gandum sangat baik untuk menurunkan asam lemak. Anda bisa mencoba beberapa jenis produk seperti sereal, oatmeal, bubur gandum, pasta gandum dan roti gandum.

Kemudian jika Anda tidak suka gandum maka cobalah untuk makan beras merah. Semua jenis makanan padat ini mengandung serat yang bisa dicerna oleh usus dengan baik sehingga bisa membatasi produk asam lambung dan ingat mengkonsumsinya jangan terlalu berlebihan.

5. Hindari semua jenis produk kafein

Mengapa kafei perlu di hindari ? karena kafein yang masuk ke tubuh bisa menimbulkan efek parah bagi asam lambung. Kafein justru bisa meningkatkan produksi asam lambung sehingga Anda bisa merasakan lebih banyak rasa sakit.

Bahkan kafein juga bisa menyebabkan denyut jantung cepat yang menyebabkan sensasi terbakar diafragma.

6. Mengkonsumsi buah yang dapat menenangkan lambung

Mengkonsumsi buah biasanya banyak dihindari oleh orang yang menderita asam lambung tinggi. Namun ketika Anda  bisa memilih buah yang memang sangat baik untuk lambung maka asam lambung akan turun.

Beberapa jenis buah ini seperti apel, anggur, pisang, pir, melon, dan semangka. Semua buah ini mengandung nutrisi termasuk cairan yang banyak dan serat. Selain bisa menurunkan asam lambung maka buah ini juga bisa membuat perut Anda tidak terlalu sakit.

 

Penulis: Ani Nuraeni

Editor: Malvyandie Haryadi

https://www.tribunnews.com