5 Manfaat Membaca Surat Al Mulk Sebelum Tidur, Berikut Keutamaannya

Selasa, 26 Januari 2021 | 09:23:43

5 Manfaat Membaca Surat Al Mulk Sebelum Tidur, Berikut Keutamaannya

 

JURNAL GARUT - Surat Al Mulk adalah surat ke-67 dalam Alquran. Sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk membaca surat Al Mulk setiap malam sebelum tidur.

Hal ini dikarenakan banyaknya faedah yang bisa didapatkan dari mengamalkan surat Al Mulk.

Surat yang terdiri dari 30 ayat ini termasuk ke dalam golongan surat makiyyah. Dalam surat Al Mulk terkandung makna tentang kekuasaan Allah dalam penciptaan dunia.

Sebagaimana salah satu hadis Rasulullah Sallalllahu Alaihi Wasallam yang mengatakan:

"Telah menceritakan kepada kami Huraim bin Mis’ar At Tirmidzi telah menceritakan kepada kami Al Fadhl bin Iyadh dari Laits dari Abu Az Zubair dari Jabir bahwa, “Tidaklah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidur hingga beliau membaca Alif laam miim tanzil (surat As Sajdah) dan Tabarokalladzi bi yadihil mulk (Surat Al Mulk)." (HR At Tirmidzi).

Maka, apa sajakah manfaat yang bisa didapat?

Berikut beberapa faedah yang bisa didapat apabila rutin membaca surat Al Mulk dari hadis-hadis Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam.

1. Diampuni dosanya

 

عن أبي هريرة، عن النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قال: سورة من القرأن، ثلاثون اية؛ تَشْفَعُ لصاحبها حتى يُغْفَرَ له: تبارك الذي بيده الملك. (رواه أبو داود واللفظ له, والترمذي وغيرهما، وصححه ابن حبان والحاكم والذهبي، وحسنه الترمذي والألباني)ـ

 

"Dari Abu Hurairah, Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda :

"Ada surat dari Alquran yang terdiri dari 30 ayat. Surat tersebut dapat memberikan syafaat bagi ‘ temannya’ (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarokalladi bi yadihil mulk." (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

2. Bisa masuk ke surga-Nya Allah

 

عن أنس بن مالك قال، قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: سورة من القرآن، ما هي إلا ثلاثون آية، خاصمت عن صاحبها حتى أدخلته الجنة، و هي تبارك. (رواه الطبراني في المعجم الأوسط وحسنه الألباني في صحيح الجامع)ـ

 

"Anas bin Malik mengatakan, Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda :

"Ada surat dari Alquran, ia hanya terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat membela ‘temannya’ sehingga memasukkannya ke surga, yaitu: Surat Tabarok“. (HR. Thabroni)

3. Dihindarkan dari siksa kubur dan siksa neraka

Dari Abdulloh bin Mas’ud mengatakan:

“Barang siapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah menghindarkannya dari azab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam (masih hidup) menamainya “al-Mani’ah” (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabulloh, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan” (HR. Nasai).

4. Menjauhkan diri dari maksiat.

Dalam surat Al Mulk disebutkan bahwa orang yang taat pada Allah adalah orang yang tetap taat meskipun tidak ada yang meliha.

Sebagaimana yang terkandung dalam firman surat Al Mulk ayat 12 :

 

إِنَّ ٱلَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُم بِٱلْغَيْبِ لَهُم مَّغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ كَبِيرٌ

 

Baca Juga: Berikut Doa yang Diamalkan Mbah Maimoen Zubair Jika Ingin Rezeki Berkah dan Mengalir Deras

Innallażīna yakhsyauna rabbahum bil-gaibi lahum magfiratuw wa ajrung kabīr

"Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya yang tidak nampak oleh mereka, mereka akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar.

5. Menjadikan diri sebagai hamba yang bertawakal

Dalam surat Al Mulk ayat 15 Allah berfirman :

 

هُوَ ٱلَّذِى جَعَلَ لَكُمُ ٱلْأَرْضَ ذَلُولًا فَٱمْشُوا۟ فِى مَنَاكِبِهَا وَكُلُوا۟ مِن رِّزْقِهِۦ ۖ وَإِلَيْهِ ٱلنُّشُورُ

 

Huwallażī ja'ala lakumul-arḍa żalụlan famsyụ fī manākibihā wa kulụ mir rizqih, wa ilaihin-nusyụr

"Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan."

Keutamaan surat Al Mulk tersebut bisa diperoleh jika tekun dan rutin setiap hari.

Membaca Surat Al Mulk ini bisa dilakukan kapan saja, akan tetapi Rasulullah menganjurkannya sebelum tidur di malam hari.

Keutamaan ini tidak hanya berlaku untuk yang menghafalnya akan tetapi juga yang membacanya.

Selain itu dianjurkan juga mengamalkan hukum-hukum yang terkandung di dalamnya.

Serta mengimani berbagai berita yang disampaikan di dalamnya.

Demikian keutamaan membaca surat Al Mulk. Semoga bermanfaat dan menambah keimanan serta ketakwaan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Wallahu a’lam bish shawab.***

Shofa Yanti

https://jurnalgarut.pikiran-rakyat.com