5 Manfaat Membaca Surat Al Fatihah 100 Kali Setiap Hari

Rabu, 13 Januari 2021 | 09:20:38

5 Manfaat Membaca Surat Al Fatihah 100 Kali Setiap Hari

 

PORTALMALUKU.COM -- Dalam Islam, jika seseorang rutin membaca surat Al Fatihah sebanyak 100 kali setiap hari, maka dia dijanjikan akan mendapat berbagai fadhilah dari Allah SWT.

Berikut manfaat membaca surat Al Fatihah 100 kali seperti dikutip laman Ummah sebagai berikut:

1. Dimudahkan dalam Memperoleh Ilmu Pengetahuan

Dengan rutin membaca surat Al Fatihah 100 kali, Allah akan memberikan ilmu dengan izin Allah SWT.

2. Diberi Kemudahan Mengontrol Hati dan Pikiran

Orang yang rutin membaca surat Al Fatihah 100 kali dalam sehari akan terjaga pikiran dan hatinya, sehingga terhindar dari hal-hal yang memberi akibat buruk.

Dalam sebuah hadis, diceritakan bahwa Rasulullah menyembuhkan orang yang menderita sakit jiwa dengan ijin Allah. Kala itu, salah satu surat yang dibaca adalah surat Al Fatihah.

Karena itu, salah satu manfaat membaca surat Al Fatihah 100 kali adalah dimudahkan menjaga kebaikan serta kesehatan hati dan pikiran.

3. Dikabulkan Hajat yang Baik

Manfaat membaca surat Al Fatihah 100 kali yang banyak dirasakan adalah dikabulkannya hajat baik seseorang.

Apapun masalah yang sedang dirasakan, atau tujuan yang ingin dicapai bisa terlaksana jika kita mendekatkan diri kepada Allah lewat membaca surat Al Fatihah 100 kali.

4. Dilancarkan Rezeki

Jika menginginkan rezeki lebih, maka sebaik-baik tempat meminta hanyalah kepada Allah. Salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah adalah wirid membaca surat Al Fatihah 100 kali.

Jika rutin dilaksanakan (misal membacanya 20 kali setiap usai shalat), maka Allah akan memudahkan rezeki kita, menaikkan derajat kita ke tempat yang lebih baik, serta mempermudah urusan di dunia.

Syekh Muhyiddin Ibnul Arabi menganjurkan agar kita berdoa setelah membaca surat Al Fatihah. Doa yang diijazahkan oleh beliau dalam Kitab ‘Qaddasallaahusirrahu’ adalah:

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu dengan kebenaran surah Al – Fatihah dan rahasianya, sehingga Engkau bukakan bagiku pintu-pintu rahmat, karunia-Mu dan rezeki-Mu.

Dan Engkau mudahkan setiap urusanku, murahkanlah bagiku rezeki-Mu yang banyak berkat tanpa kekurangan dan tanpa susah payah, sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu. Aku mohon kepada-Mu dengan kebenaran surah Al-Fatihah dan rahasianya, berikan apa yang kuhajati."

Irwan Tehuayo

https://portalmaluku.pikiran-rakyat.com