Tubuh manusia di dalam Al Quran

Selasa, 16 April 2019 | 08:44:29

Tubuh manusia di dalam Al Quran

 

 Allah berfirman, “ Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-anda ( kekuasaan ) Kami di wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al- Qur’an itu adalah benar. Tidaklah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?” ( Fushilat: 53 )

            Dalam ayat lain, “Dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan ?”  (Adz-Dzariyat: 21).

            Al-Qur’an menyeru manusia utuk memperhatikan dan memikirkan proses penciptaan dirinya sebagai tanda kekuasaan Allah. Sebab, tubuh manusia menimpan rahasia-rahasia yang membuktikan kebesaran Sang khalik.

            Sel merupakan unit inti pembentukan mahluk hidup. Dalam tubuh manusia dewasa terdapat sekitar  100 triliun sel atau lebih. Sel-sel itu memiliki bentuk dan fungsi  yang beragam.

            jantung, terdiri atas dua alat pompa yang bekerja  terus-menerus tanps berhenti selama 80 tahun. Dalam satu menit, jantung berdetak rata-rata 70 kali. Selama satu hari, ia berdetak sampai 100.000 kali dan memompa 8.000 hingga 15.000 liter darah. Jika fungsi jantung terhenti selama tiga menit saja, maka akan mengakibatkan kelumpuhan otak dan menyebabkan kematian.

Otak:   berat organ ini hanya 1.330 gram. Otak perempuan lebih ringan dibanding otak laki-laki. Ini sesuai dengan Firman Allah, ”Dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan”. ( Ali-Imron: 36)

Pusat otak laki-laki yang berfungsi sebagai memori berkembang lebih pesat ketimbang otak perempuan. Demikian pula pusat otak laki-laki yang berfungsi sebagai emosi, berkembang lebih cepat ketimbang otak perempuan. Oleh sebab itu, kesaksian seorang laki-laki setara dengan kesaksian dua orng perempuan.

            Organ otak terdiri atas 100 miliyar Neuron (sel saraf). Pertumbuhan otak ini terus bertambah hingga usia dewasa. Sedangkan jumlah Neuron tidak bertambah dan takkan mengalami pembaruan setelah kahamilan empat bulan. Di sisi lain,  Neuron akan semakin berkurang secara bertahap seiring  dengan bertambahnya usia.

            Selama satu detik berpikir atau mengingat, terjadi 15.000 raksi kimiawi dalam setiap  Neuron otak. Dan tiap Neuron itu terhubung dengan ribuan sel-sel yang serupa dengan kecepatan 350 kilometer/jam. Oleh sebab itu, manusia mampu melihat segala benda dan menyebutkan nam-namanya dalam waktu kurang dari satu detik.

            Para ilmuan memperkirakan bahwa otak bisa menyimpan berbagai informasi dalam sebah tempat yang hanya memiliki ruang 22 Dcm2,tetapi fugsinya setara dengan 20 juta jilid buku.

            Seluruh sel yang terdapat dalam tubuh terbagi lagi dan terus mengalami pembaharuan, kecuali sel-sel saraf (Neuron) dan jantung. Disinilah  tersimpan hikmah mendalam, sekitar sel-sel saraf terbagi lagi atau mati maka akan kehilangan memori yang sekian lama terpendam di otaknya.

Mata: terdiri dari 50 juta sel optik yang tersimpan pada salah satu lapisan jaringan mata ( retina). Sel-sel itu berperan dalam mengubah cahaya menjadi sinyal saraf. Retina merupakan saraf yang terhubung dengan otak melalui saraf kedua atau saraf optik. Apa yang kita lihat di sekitar kita, diantarkan melalui Retina ke otak dengan kecepatanyang sangat tinggi. Sehingga manusia bisa membaca 500 kata dalam satu menit.

Telinga:  di dalamnya tersimpan 30.000 sel pendengaran ( aura) untuk , mentransfer suara sekecil apa pun. Telinga juga dapat membedakan 40.000 jenis nada yang bereda ritme dan getarannya. Nada-nada dan suara ini di transfer oleh telinga bagian luar dan tengah ke telinga bagian dalam. Kemudian diubah menjadi cairan saraf pendengaran menuju organ saraf pusat. Di sana kemudian rumus-rumusnya dipecahkan. Semuanya berlangsung hanya dalam beberapa detik saja.

Lidah: di bagian permukaaan lidah terdapat 9.000 sel perasa (gustatory)yang dapat membedakan bermacam rasa; manis, asin, pahid, dan sebagainya. Lidah adalah alat perasa, pengunyah, penelan, peraba, penyentuh, dan juga alat bicara. Dengan kata lain lidah adalah organ tubuh yang multifungsi. Lidah memiiki 17 otot yang dapat bergerak keseluruh arah dan berfungsi membolak-balikan makanan, melumurinya dengan air liur, kemudian mendorongnya ke hulu kerongkonan (pharynx) dan kerongkongan (oesophagus). Gerakan  lidah ke berbagai arh juga dapat membantu megeluarkan huruf-huruf untuk di ucapkan. Tanpa lidah, manusia tak kan bisa bersuara atau berdesis.

Hidung: organ ini memiliki bulu-buluhalus yang berfungsi menyaring udara yang masuk agar tidak bercampur debu. Juga berfungsi menghangatkan hidung saat cuacah dingin, agar manusia tidak terserang infeksi paru-paru. Hidung memiliki indra mencium, setiap hari manusia bernafas sebanyak 25.000 kali. Dan selama itu, manusia menyedot 180 m3 udara.

Kulit:  memiliki 5 juta sel perasa perih, 200.000 sel perasa panas, dan 500.000 sel yang amat sensitif terhadap sentuhan dan tekanan. Ia juga memiiki fungsi lain diantaranya:

·         Menjaga tubuh dari  faktor-faktor luar

·         Menjaga suhu tubuh bagian dalam

·       Kulit dapat menahan keluarnya cairan tubuh sehingga dapat meindungi tubuh dari        kekeringan

·         Kulit berperan penting dalam menghantarkan rasa sakit dan perasaan luar lainnya.

Ginjal: di dua bagian ginjal terdapat dua juta unit penyaring yang dapat menyaring darah dan racun. Panjang ke seluruhan unit itu sekitar 100 kilometer. Setiap hari, di dalam ginjal mengalir 1.800 liter darah.

Hati (liver): didlam hati terdapat 300 miliar sel yang seluruhnya dapat mengalami pembaruan dalam kurun empat bulan. Fungsi hati amat banyak, vital dan amat menakjubkan. Sehingga setiap orang tidak bisa hidup tanpa hati lebih dari tiga jam.

lambung dan Usus: pada dinding lambung terdapat satu miliyar sel yang setiap hari menghasilkan beberapa liter asam chlorine (chlorine acid) yang berperan membantu pencernaan makanan. Pad dinding usus terdapat 3.600 bulu halusdi setiap satu sentimeter persegi area. Dan setiap 48 jam, usus terus mengalami pembaruan.

Organ-organ vital dalam tubuh manusia telah dijaga oleh Allah SWT. dalam kerangka-kerangka tulang yang kuat. Itulah tubuh yang kita miliki, dan dengan nya kita hidup aman dan nyaman. Ia adalah benda terdekat dengan kita. Fakta-fakta ini telah di akui oleh para dokter sejak puluhan tahun silam, dan tak perlu di perdebatkan lagi.

Allah berfirman, “Dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?” (Adz-Dzariyah: 21).

http://fahrilanwar73.blogspot.com