Tips Sehat Menjalankan Puasa Di Bulan Ramadhan

Rabu, 23 Mei 2018 | 08:45:30

Tips Sehat Menjalankan Puasa Di Bulan Ramadhan

 

 

Tips Sehat Menjalankan Puasa Di Bulan Ramadhan – Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti-nanti oleh kaum muslimin, karena didalamnya banyak keutamaan yang bisa didapatkan, seperti pahala yang akan dilipat gandakan bagi siapa saja yang melaksanakan amalan pada bulan Ramadhan dengan ikhlas karena Allah SWT dan sesuai sunnah.

Didalamnya juga ada satu malam yang keutamaannya seperti malam seribu bulan, dimana bagi kaum muslimin yang melaksanakan ibadah di malam itu akan mendapatkan limpahan pahala dan rahmat dari Allah SWT serta kebaikan bagi kehidupannya, malam tersebut adalah malam Lailatur Qadr.

Dan banyak lagi keistimewaan bulan Ramadhan lainnya yang sayang apabila kita tidak mengambil manfaat dari puasa Ramadhan dan hikmah didalamnya.

Nah, bagi Anda yang ingin memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan agar keutamaan-keutamaan bisa didapatkan, maka diperlukan persiapan fisik dan mental serta jiwa yang dipenuhi keimanan.

Setelah memasuki bulan Ramadhan, Anda bisa melakukan beberapa tips yang akan Kami sampaikan tips-tips tersebut, termasuk tips puasa sehat selama bulan Ramadhan, tips puasa agar tidak lemas dan bagaimana cara agar kuat puasa seharian, sehingga Anda bisa menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan tahun ini lebih maksimal dan semoga bisa meraih keutamaan yang dijanjikan Allah SWT.

Anda pun akan mendapatkan sedikit tips puasa sambil diet agar bisa menurunkan berat badan yang berlebih yang tidak baik untuk kesehatan, tentu dengan catatan agar niat puasa Anda harus tetap diluruskan, yaitu niat hanya karena Allah SWT, menjalankan perintah dan berharap mendapat limpahan rahmat-Nya.

Adapun tips-tips dan manfaat yang akan kami sampaikan hanya sebagian hikmah dari ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Di kesempatan kali ini kami tidak akan menyampaikan panjang lebar tentang tips persiapan dari sisi spiritual, karena website ini memang bukan tempat dan bidangnya dalam membahas hal itu, kalaupun ada kami akan singgung sedikit saja.

Sisi spiritual penting juga untuk dipersiapkan, namun agar lebih lengkap Anda bisa mencari sumber-sumber lain yang terpercaya.

Kali ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar badan Anda tetap sehat dan terus kuat menjalankan puasa Ramadhan selama kurang lebih 30 hari tanpa bocor. Berikut tips-tipsnya :

Waktu Sahur

Akhiri makan sahur sebelum adzan tiba.

Makanlah santapan sahur satu sampai seperempat jam sebelum adzan berkumandang, disamping diutamakan menurut sunnah Rasul, sahur di akhir waktu pun sangat baik untuk kesiapan badan saat akan menjalankan puasa.

Makan secukupnya dan tidak berlebih.

Saat sahur, Anda bisa mengkonsumsi makan dengan porsi normal, makanan yang banyak mengandung karbohidrat, protein, buah dan sayur serta makanan yang banyak mengandung air, termasuk minum air yang cukup agar terhindar dari dehidrasi saat menjalankan puasa di siang hari.

Minum suplemen atau herbal.

Di akhir waktu sahur, Andapun boleh minum susu, suplemen dan herbal yang kaya akan multivitamin.

Namun diusahakan bisa menghindari makanan atau minuman yang terlalu manis yang bisa menyebabkan badan Anda lemas disiang hari.

Dan jika Anda menyukai kopi, maka pilihlah produk kopi yang menyehatkan dengan tanpa mengandung kafein, yang bisa menguras tubuh kehilangan cairan.

Selama Berpuasa

Mengurangi aktifitas berat disiang hari.

Saat menjalankan puasa, aktivitas yang biasa dilakukan di luar bulan Ramadhan diusahakan agar bisa dikurangi, terutama kegiatan fisik yang bisa menguras tenaga, tujuannya agar badan tidak cepat lelah dan bisa kuat berpuasa sampai berbuka.

Biasanya di tempat pekerjaan khusus bulan Ramadhan, jam kerja kantor atau pabrik akan dikurangi 1- 2 jam, sedangkan jika Anda pedagang, maka silahkan Anda bisa mengaturnya sendiri sesuai situasi dan kondisi.

Nah waktu yang tepat untuk beristirahat saat puasa yaitu pada waktu dzuhur, sebelum atau sesudah shalat dzuhur, dan biasanya waktu tersebut adalah waktu istirahat kerja.

Melakukan kegiatan di sore hari.

Waktu sore adalah waktu mendekati saat berbuka puasa, dimana keadaan tubuh sudah mulai berkurang tenaganya.

Namun untuk mengalihkan rasa lapar dan haus, maka Anda bisa melakukan kegiatan ringan sambil menunggu adzan maghrib berkumandang, seperti membaca Al-Qur’an, menonton ceramah di televisi, menghadiri pengajian, ataupun kegiatan positif lainnya.

Kegiatan fisikpun boleh dilakukan di waktu sore ini agar bisa menjaga kebugaran tubuh seperti bersepeda santai, jalan sore, dll.

Waktu Berbuka

Berbuka sesuai sunnah.

Jika kita melaksanakan berbuka sesuai sunnah, maka disamping berpahala, ternyata banyak hikmah dan manfaat yang bisa kita ambil.

Saat adzan mulai berkumandang, maka segeralah untuk berbuka dan menyantap makanan yang manis terlebih dahulu seperti kurma kering, minuman rasa buah atau minum air putih. Selanjutnya Anda bisa menyantap makanan lain sekedarnya sebelum menyantap menu utama.

Alangkah baiknya menu utama seperti nasi, sayur dan lauk pauk dikonsumsi setelah shalat maghrib, atau kalau mampu bertahan bisa dilakukan sehabis shalat tarawih. Hal ini dilakukan agar perut tidak terlalu kenyang dan mengakibatkan ngantuk saat beribadah.

Cukup makan, minum yang manis serta air putih, maka badanpun akan segar sampai selesai shalat tarawih.

Makanan yang seimbang dan menyehatkan.

Untuk menu berbuka, Anda bisa mencukupkan makanan yang mengandung karbohidrat, protein serta sayur dan buah-buahan.

Hindari makan gorengan yang berlebihan dan kurangi makanan yang pedas yang mengakibatkan perut mulas, sehingga bisa mengganggu ibadah malam Anda.

Sebenarnya diet tidak harus pada bulan puasa saja. Dengan komitmen yang kuat, maka Andapun bisa melakukan diet kapanpun.

Namun karena bulan Ramadhan adalah momen untuk melaksanakan puasa wajib yang mengharuskan tidak makan dan minum di siang hari, maka banyak orang yang melakukan diet di bulan ini.

Ada hal yang harus diperhatikan saat Anda ingin melakukan diet saat berpuasa.

Luruskan niat.

Anda harus meluruskan niat terlebih dahulu saat akan melakukan diet di bulan puasa, agar pahala puasa tidak hilang begitu saja.

Tentunya sebagai seorang muslim pastinya mengetahui niat menjalankan puasa adalah karena perintah Allah, apapun alasannya wajib dilaksanakan dan mengharapkan rahmat dari-Nya.

Memperhatikan asupan makanan.

Bagi yang diet, kurangi makanan yang mengandung banyak karbohidrat, kandungan inilah yang sebenarnya menambah timbunan lemak.

Memang karbohidrat sangat dibutuhkan saat puasa, terutama pada saat makan sahur agar bisa membantu menahan lapar disaat puasa, namun bagi yang diet kelebihan karbohidrat mengakibatkan diet Anda akan gagal.

Disamping itu Andapun dianjurkan untuk minum air putih yang cukup untuk tubuh, yaitu kurang lebih 2 liter sehari.

Makan yang cukup dan tidak berlebihan.

Saat berbuka adalah waktunya untuk menyantap hidangan untuk mengembalikan kondisi tubuh menjadi segar kembali, namun bukan berarti waktu berbuka saatnya untuk balas dendam, makan apa saja sesukanya, terlebih Anda sedang melaksanakan diet.

Cukupkan makan yang manis seperti kurma atau minum air putih sebagai pembuka di awal buka puasa, sedangkan untuk hidangan utama, Anda bisa menyantap porsi yang cukup, dan hindari pula mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, yang bisa mengakibatkan berat badan Anda malah bertambah.

Olahraga.

Dengan berpuasa, buka berarti Anda tidak melakukan olahraga, malah dengan berolahraga terutama bagi yang diet, badan akan cepat turun dan badan pun akan sehat dan segar.

Demikian tips-tips selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, dan tips bagi yang ingin melaksanakan diet di bulan Ramadhan.

Semoga dengan melakukan beberapa tips diatas, Anda bisa menjalankan puasa tahun ini lebih maksimal dan yang paling utama ibadah puasa Anda diterima di sisi Allah SWT.

 

 http://www.herbalismart.com