Tips Ramadhan 5 Tips Memaksimalkan Bulan Ramadhan

Kamis, 17 Mei 2018 | 09:19:53

Tips Ramadhan 5 Tips Memaksimalkan Bulan Ramadhan

 

Bulan yang hanya datang setahun sekali ini memang bulan yang paling ditunggu bagi semua umat muslim. Sayangnya Ramadhan hanya berlangsung selama satu bulan saja, harus dipergunakan dengan sebaik-baiknya bagi yang merayakan. Berikut adalah tips ramadhan mengenai bagaimana cara menjaga kebiasaan baik selama bulan suci Ramadhan.tips ramadhan maksimal

1. Jaga Cairan Tubuh

jaga cairan tubuh puasaKamu tahu kan kalau sekitar 60% tubuh manusia itu terdiri dari air, maka itu penting sekali untuk menjaga cairan tubuh yang ada pada tubuh kita. Jangan jadikan cairan tubuh ini sebagai alasan untuk kamu tidak berpuasa ya, hehehe. Karna walaupun puasa, kebutuhan cairan tubuh kamu juga tetap bisa terpenuhi kok asal kamu tahu cara menjaga cairan tubuh saat puasa. Berikut adalah cara yang bisa kamu ikuti untuk menjaga cairan tubuh kamu, sehingga bisa menjadi cara mengurangi rasa haus saat puasa:

Minum banyak air pada saat sahur dan buka, terutama setelah berbuka

Hindari kafein, teh, dan minuman dengan banyak gula karena dapat membuat dehidrasi

Siapkan painkiller ketika meminum air tidak dapat menghilangkan sakit kepala

2. Hindari Bau Mulut

bau mulut Masalah lainnya saat berpuasa adalah bau mulut. Kalau makan makanan yang beraroma tajam pasti akan menyebabkan bau mulut, tidak memakan apapun juga bisa menyebabkan bau mulut loh! Karena tanpa mengkonsumsi apapun, mulut akan memperlambat produksi air liur. Tanpa cairan yang melawan bakteri pada mulut kamu ini, lidah dan langit-langit mulut menjadi tempat yang ideal untuk bakteri berkembangbiak. Tapi jangan takut, kamu bisa menhilangkan bau mulut saat berpuasa dengan langkah-langkah berikut:

Bersihkan gigi dengan siwak selama berpuasa

Sikat gigi dengan menyeluruh setelah sahur dan berbuka puasa

Gunakan obat kumur mulut setelah menyikat gigi pada saat sahur untuk menjaga kesehatan mulut

3. Menjaga Tenaga

menjaga tenagaAgar kamu punya bisa menjalankan Ramadhan dengan maksimal, kamu harus pintar-pintar menjaga tenaga, dengan tidak masuknya nutrisi selama kurang lebih dua belas jam, tubuh kamu akan terasa lemas, beberapa orang bahkan sampai merasakan pusing. Kuncinya adalah menjaga nutrisi dengan mengkonsumsi paduan makanan sehat pada saat kamu tidak sedang berpuasa seperti hal-hal berikut:

Jangan terlalu banyak makan saat berbuka. Batalkan puasa dengan makanan ringan seperti kurma. Jangan langsung mengkonsumsi makanan berat

Makanan yang dikukus atau dipanggang lebih baik untuk berbuka puasa

Jangan lupa sahur. Sahur sangat penting untuk menjaga tenaga kamu selama berpuasa

4. Istirahat

IstirahatTidurnya orang yang berpuasa kan dianggap ibadah nih guys, tapi jangan tidur seharian juga ya, hehehe. Maksud dari tips Ramadhan ini adalah kamu hanya perlu menyelipkan sedikit waktu istirahat pada saat berpuasa agar tidak cepat merasa lelah ketika bekerja saat berpuasa. Kamu bisa lakukan cara istirahat dibawah ini:

Istirahat malam yang cukup dan kalau kamu punya waktu istirahat saat berpuasa, beristirahatlah

Luangkan waktu untuk beristirahat, jangan buat terlalu banyak kegiatan ketika berpuasa

Tidur sebentar selama tigapuluh menit hingga satu jam dapat membuat kamu segar kembali

5. Tingkatkan Ibadah

ibadah ramadhan maksimalNah, walaupun ada tips ramadhan ini ada di nomor terakhir, tapi poin ini tidak kalah penting dari poin lainnya untuk memaksimalkan puasa Ramadhan kamu. Karena bulan ini datang hanya satu kali dalam setahun, dimana pahala dilipatgandakan, waktunya kamu kejar sebanyak-banyaknya amalan baik saat bulan puasa atau bulan Ramadhan. Lakukan kebiasaan baik yang mungkin jarang kamu lakukan pada bulan-bulan biasa menjadi lebih sering lagi, seperti hal berikut:

Perbanyak ibadah di mesjid dan tepat waktu

Perbanyak berzikir

Perbanyak baca Al-Quran

Itu dia 5 tips dari Trending by Shopsmart untuk mendapatkan puasa Ramadhan maksimal. Kalau kamu merasa bulan Ramadhan ini masih kurang maksimal, mungkin kamu perlu juga mengetahui cara mempersiapkan tubuh sebelum puasa agar kamu lebih siap lagi. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga puasa kita diterima ya.

https://shopsmart.co.id