Tips Mengolah Daging Kambing Agar Sehat dan Empuk

Selasa, 13 Agustus 2019 | 09:33:47

Tips Mengolah Daging Kambing Agar Sehat dan Empuk


Saat dalam bentuk mentah, mungkin tak ada yang mau daging kambing. Bahkan, dari baunya saja bisa jadi langsung banyak yang menolaknya. Tapi, lain ceritanya bila daging kambing sudah menjadi sate kambing. Satu bahkan puluhan orang mungkin serentak ingin mencicipinya. Itulah hal yang menarik dari kambing. Dibenci karena baunya, namun digemari karena rasanya.

Apapun jenis masakannya, hal yang paling utama bagaimana bisa mengolah daging kambing menjadi sajian yang empuk dan juga sehat. Ingin tahu lebih banyak cara mewujudkannya? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Bikin Daging Kambing Empuk

Hal yang diinginkan oleh setiap penggemar sate kambing adalah rasa dagingnya yang empuk. Menurut Chef Haryo Pramoe, cara pengolahan yang salah memang bisa membuat daging kambing menjadi alot. Untuk mengatasinya, Chef Haryo mengatakan bila cara tradisional seperti menggunakan daun pepaya dan nanas masih cukup efektif.

Daun pepaya mengandung enzim khusus yang bisa memecah protein daging. Bungkuslah daging kambing dengan daun pepaya yang sudah diremas sebentar selama 10 menit. Proses ini akan membuat daging kambing lebih empuk saat dimasak. Begitu halnya dengan penggunaan nanas. Buah yang banyak kandungan airnya ini, juga mengandung enzim pemecah protein daging.

Lembutkan nanas terlebih dulu, bisa diparut, kemudian lumurkan pada daging. Rendam daging selama 10 menit saja. Menurut Chef Haryo, jika direndam terlalu lama bisa membuat daging kambing terlampau empuk, bahkan cenderung lembek. Hal ini tentu kurang pas jika ingin diolah menjadi sate kambing.

Proses Pengolahan Daging Kambing

Supaya tekstur kambing yang sudah empuk semakin lezat, masaklah dengan beragam bumbu. Bila ingin membuat olahan kambing berkuah, Chef Deden Gumilar menyarankan untuk menumis bumbu dulu, baru memasukkan dagingnya. Masak sampai matang di bawah api sedang, agar bumbu lebih meresap dan daging empuk. Sedangkan untuk sate, lumuri dengan bumbu dan diamkan beberapa saat, sebelum dibakar.

Membuat Olahan Daging Kambing Tetap Sehat

Konsumsi daging kambing secara berlebihan memang berpotensi meningkatkan tekanan darah, terlebih bagi penderita hipertensi. Maka dari itu, sebisa mungkin mengombinasikan masakan kambing dengan sayuran agar tetap seimbang. Potongan sayuran seperti paprika, daun bawang, tomat dan bawang bombay bisa dikombinasikan dalam tusuk sate, untuk menguraikan lemak.

Namun, lebih baik lagi, bila sebelum dimasak, daging kambing dipisahkan bagian lemaknya. Memang lelehan lemak saat dipanggang dapat membuat sate kambing lebih gurih. Tapi, terlalu banyak juga kurang baik bagi kesehatan. Jika bisa, mengolah daging kambing dengan dipanggang lebih dianjurkan daripada digoreng. Sebab, minyak goreng bisa meningkatkan Kalori dari masakan kambing. Jangan lupa juga untuk mengontrol diri. Hindari mengonsumsi olahan daging kambing berlebihan. Seenak-enaknya rasa masakan kambing, tetap kurang enak bila usai mengonsumsinya justru menyebabkan gangguan kesehatan.

https://citarasaindonesia.co.id