Tetap Sehat dengan Olahraga Ringan di Rumah, Ini Caranya

Rabu, 3 Juli 2019 | 11:50:58

Tetap Sehat dengan Olahraga Ringan di Rumah, Ini Caranya

 

Olahraga secara teratur akan membuat tubuh menjadi bugar, segar, dan lebih tahan terhadap serangan berbagai penyakit. Dengan tubuh yang segar, pikiran pun akan menjadi segar. Pikiran yang segar akan membuat suasana hati menjadi lebih baik yang secara otomatis akan memberikan kontribusi terhadap perbaikan kondisi kesehatan.

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, diantaranya membantu meningkatkan kualitas tidur, membantu mempercepat metabolisme tubuh, membakar kalori pada tubuh, menghilangkan nyeri akibat menstruasi, memicu keluarnya hormon endorfin yang akan membuat kita merasa bergairah, mencegah terjadinya penyusutan otak, menurunkan risiko terkena penyakit tertentu, memperkuat tulang, menurunkan berat badan, meningkatkan komposisi tubuh, membantu membangun otot, sebagai penghilang stress, menyegarkan tubuh, membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar, dan masih banyak lagi.

Berolahraga secara teratur akan membuat peredaran darah menjadi lancar dan mengeluarkan racun dari tubuh melalui keringat, sehingga membantu kulit beregenerasi dan ternutrisi dengan sempurna dan menjadikan kulit menjadi cerah dan terhindar dari garis-garis halus hasil penuaan.

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, kamu pun bisa mendapatkannya dengan berolahraga teratur dan menerapkan pola hidup sehat. Namun sayangnya, banyak orang yang merasa malas berolahraga, tetapi memimpikan berat badan yang ideal.

Banyak alasan mengapa orang malas berolahraga, mulai dari malas dan bosan ke tempat gym atau fitness, hingga ingin irit uang dan memutuskan untuk olahraga di rumah saja. Memutuskan  untuk olahraga di rumah sebenarnya sah-sah saja, asal kamu melakukannya dengan konsisten.

Untuk itu, Kamu bisa terapkan beberapa cara mudah tersebut di sela-sela waktumu. Selain tidak menghabiskan banyak waktu dan latihan, kamu tetap menjaga tubuh agar bugar. Berikut adalah beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah :

1. Olahraga sambil menonton TV

Saat menonton acara favoritmu, lakukan latihan fisik kecil-kecilan di depan TV, terutama saat jeda iklan. Kamu bisa coba lakukan sit up, skipping, atau lari cepat naik turun tangga.

2. Sikat Gigi sambil Mengangkat Kaki

Setiap sedang menggosok gigi di kamar mandi, kamu dapat mengangkat kaki kanan ke arah belakang setinggi mungkin dan tahan sementara kamu sikat gigi bagian rahang atas. Lalu angkat kaki kiri dan mulai menyikat gigi rahang bawah. Ini untuk mengencangkan bokong dan mengembangkan fleksibilitas tubuhmu.

3. Olahraga kecil ditempat

Jika kamu tidak bisa menyempatkan waktu untuk berolahraga selama liburan, ada beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan, di antaranya adalah push-up, lompat tali, sit up dan dan peregangan di tempat tidur. Peregangan setelah tidur akan membantu melepas penat dan stres. Sebelum bangkit dari tempat tidur, lakukan peregangan selama beberapa menit agar tubuh merasa segar, bisa dengan memutar tulang belakang hingga melakukan posisi kobra.

4. Berjalan kaki

Usahakan untuk berjalan kaki atau menggunakan angkutan umum kendaraan umum saat sedang liburan, seperti bus kota, angkot, dan lain-lain. Dengan begitu, kamu diharuskan berjalan menuju tempat pemberhentian penumpang. Nah, manfaatkan cara ini untuk meregangkan otot agar tetap bugar.

5. Lakukan pekerjaan rumah tangga

Lakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci, mengepel, menyapu, dengan senang hati untuk membuat tubuhmu tetap bergerak.

6. Menari

Menari adalah aktivitas atau latihan fisik yang apabila dilakukan terus menerus akan memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kamu. Menari juga merupakan gabungan antara aktivitas fisik, interaksi sosial, ekspresi kreatif, dan emosional. Menari dapat membuat perasaan senang dan membakar kalori. Menarilah di rumah dengan diiringi lagu-lagu kesukaanmu.

Demikian informasi tentang Tetap Sehat Dengan Olahraga Ringan Di Rumah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com.  (CM-Ist/Hindah Sumaiyah)

https://ceritamedan.com