Rasulullah Sang Dokter Terbaik - Dr. Agus Rahmadi

Senin, 3 Desember 2018 | 09:59:05

Rasulullah Sang Dokter Terbaik - Dr. Agus Rahmadi

 

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Rasulullah SAW tanggal 11 Maret 2010, Dr Agus Rahmadi berkenan berbagi ilmunya tentang dunia medis dan obat-obatan yang saat ini terjadi di Indonesia. berikut ada beberapa point penting yang saya kutip dari ceramahnya :

Obat-obatan yang beredar di Indonesia kebanyakan adalah obat-obatan import yang sudah jelas menggunakan bahan2 yang diharamkan, diantaranya adalah beberapa obat batuk dan obat kumur yang terdapat kandungan alkohol dan unsur plasenta Babi dan Manusia. Kasus yang pernah emnghangat adalah diwajibkannya Jamaah haji Indonesia mendapatkan vaksinasi meningitis yang disinyalir Mengandung unsur babi. Juga kosmetik  yang beredar saat ini, ada beberapa jenis kosmetik merk terkenal yang ternyata setelah diteliti mengandung unsur yang diharamkan diantaranya adalah babi. Oleh karena itu perlu diadakan sosialisasi yang intensif oleh dokter-dokter islam di seluruh Indonesia, alternatif untuk pengobatan selain menggunakan obat-obatan import tersebut.

Salah satu contoh, di negara India ada yang namanya Ayurvedha atau Mud Theraphy, di Negeri China ada yang dinamakan TCM atau Traditional Chinese Medicine, dan di Indonesia sendiri, Kerokan untuk mengobati masuk angin.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam praktek kerokan menurut Dokter Agus Rahmadi adalah :

1. Jangan menggunakan Logam, sebaiknya gunakanlah Bawang Merah

2. Bagian yang di kerok adalah Bagian yang terdapat pembuluh arteri, yaitu bagian Tulang Iga bagian atas.

Rasulullah SAW semasa hidupnya hanya 2 kali mengalami sakit berat, dan pengobatan yang dijalaninya adalah menggunakan teknik Bekham. Bagaimana Rasulullah SAW mencontohkan pola hidupnya sebagai sunnah untuk kita jadikan contoh sebagai ummat yang selalu mencintainya? berikut beberapa contoh pola hidup yang dijabarkan oleh Dr Agus Rahmadi :

1. Pola tidur.

Cara tidur Rasulullah SAW adalah miring ke kanan, secara medis hal ini dapat dijelaskan, yaitu posisi jantung yang berada disebelah kiri bisa mensupply makanan ke otak kita, dimana otak kita bekerja maksimal pada siang hari. Selain itu, tidur miring ke kanan merupakan salah satu theraphy bagi pengidap penyakit Alzheimer.

2. Pola Makan.

"Tidaklah anak Adam memenuhi suatu bejana yang lebih buruk daripada memenuhi perutnya. Cukuplah bagi anak Adam dengan beberapa suap untuk menopang punggungnya. Apabila tidak bisa, maka sepertiga untuk makan, sepertiga untuk minum dan sepertiga untuk bernafas." (HR. At-Tirmidzi dan An-Nasa'i, hasan shahih)."

Sesuai kutipan Haditz di atas, Rasulullah mencontohkan pola makan secukupnya, dan satu hal yang mnarik adalah, beliau selalu mengangkat kaki kanannya pada saat makan, secara medis menurut Dr. Agus Rahmadi, hal ini dapat dijelaskan karena saluran pencernaan berbelok ke kiri menuju lambung. Kaki kanan yang diangkat menjadikan nya sebagai tahanan agar makanan bisa masuk ke lambung dengan baik. Hal ini juga mencegah penyakit Esofagitis atau radang esofatus.

Demikian beberapa hal yang bisa saya kutip dari Ceramah Dr. Agus Rahmadi, mohon maaf dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam pengutipan ataupun dalam penulisan.

Untuk download Presentasi "Rasulullah Sang Dokter Terbaik" dr. Agus Rahmadi, silakan klik disini

 

Klinik Dr. Agus Rahmadi kliniksehat.com

http://liferuminating.blogspot.com