Ragam Manfaat Daging Kambing bagi Kesehatan

Sabtu, 10 Agustus 2019 | 09:05:40

Ragam Manfaat Daging Kambing bagi Kesehatan

 

 

JAKARTA, iNews.id - Hari Raya Idul Adha identik dengan mengkonsumsi daging kambing. Selama ini yang kita tahu, stereotip tentang daging kambing masihlah buruk, seperti aromanya yang tak sedap hingga pernyataan bahwa daging kambing dapat meningkatkan tekanan darah.

Namun, di balik stereotip-stereotip tersebut, ternyata ada ragam manfaat daging kambing bagi kesehatan, lho. Sebab di dalam daging kambing mengandung tinggi protein yang bahkan lebih besar dari jumlah protein pada daging sapi.

Nah, apa saja sih sebenarnya manfaat tersembunyi daging sapi bagi kesehatan? Yuk simak daftarnya, seperti dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Senin (21/8/2018).

Sehat bagi Jantung

Daging kambing merupakan salah satu makanan yang bisa menyehatkan bagi jantung Anda. Sebab, jumlah lemak jenuh yang ada dari daging kambing lebih sedikit dibandingkan daging ayam dan daging sapi.

Daging kambing juga dapat meningkatkan kadar kolesterol darah, mengurangi peradangan hingga menstabilkan ritme jantung. Tak cuma itu, daging kambing juga dapat mengurangi risiko atherosclerosis dan penyakit jantung koroner.

Bantu Cegah Kanker

Ternyata, di dalam daging kambing juga mengandung sumber asam linoleat terkonjungsi. Nah, kandungan inilah yang dapat membantu mencegah kanker dan kondisi peradangan lainnya. Daging kambing juga mengandung selenium dan kolin, yang bermanfaat dalam menangkal kanker.

Cegah Obesitas

Selain tinggi protein yang baik bagi tubuh, daging kambing juga mengandung vitamin B yang dapat membantu Anda membakar lemak. Tak cuma itu, kandungan protein yang ditemukan dalam daging kambing juga berfungsi sebagai penekan rasa lapar serta menjaga perut kenyang lebih lama sehingga membantu mempertahankan berat badan Anda.

Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Daging kambing ternyata bagus dikonsumsi oleh ibu hamil, lho. Karena daging kambing dapat mencegah anemia selama kehamilan pada ibu dan bayi dengan meningkatkan kadar hemoglobin darah pada ibu serta meningkatkan suplai darah ke bayi. Hal ini disebabkan oleh tingginya jumlah zat besi pada daging kambing.

Meredakan Stres dan Depresi

Tak cuma baik bagi kesehatan fisik, daging kambing juga bermanfaat bagi kesehatan mental, lho. Sebab, di dalam daging kambing mengandung tinggi vitamin B12 yang berfungsi meredakan rasa stres dan depresi.

Melalui penelitian yang diterbitkan Journal of Psychopharmacology, korelasi antara tingkat depresi dan B12 adalah, vitamin B12 dapat membantu produksi serotonin yang berkaitan dengan suasana hati Anda. Nah, rendahnya kadar serotonin ini dapat dikaitkan dengan depresi.

Tetapi ingat ya, jangan makan daging kambing berlebihan. Sebab efeknya bisa berbeda!

Editor : Adhityo Fajar

https://www.inews.id