Meredakan Murka Allah dengan Sedekah Rahasia

Selasa, 20 Februari 2018 | 08:55:58

Meredakan Murka Allah dengan Sedekah Rahasia

 

sedekah rahasia“Ada empat hal yang menyebabkan kemurkaan Allah kepada hambaNya, yaitu: Penjual yang suka bersumpah, orang fakir yang sombong, orang lanjut usia yang berzina, dan pemimpin yang durhaka (jahat).” (HR. An Nasai dari Abu Hurairah).

Sahabat, apakah kita pernah melakukan salah satu dari empat hal yang dapat memancing kemurkaan Allah sebagaimana tersebut pada hadits di atas?

Misalnya bersumpah palsu hanya demi barang dagangan laku terjual. Mengatakan hal-hal yang baik saja tentang produk tersebut, padahal ada cacat dan keburukan pada barang dagangan tersebut. Sesungguhnya Allah murka pada penjual yang suka bersumpah palsu.

Demikian juga seorang fakir yang sombong, yang mungkin saja merasa sudah menjadi ahli surga atas kefakirannya, sehingga berhak mengkafirkan orang lain atau menganggap selainnya adalah hamba Allah yang lebih buruk darinya.

Astaghfirullah. Sungguh malang orang yang fakir di dunia maupun di akhirat. Allah murka pada orang seperti ini.

Selanjutnya, Allah pun murka pada seorang yang sudah lanjut usia tapi masih saja melakukan zina. Padahal semestinya bertambahnya umur membuat seseorang makin mendekat pada Allah dengan amalan-amalan shaleh, bukan malah masih berkubang dalam maksiat yang menjijikkan.

Selain itu, Allah menjatuhkan murkanya pada seorang pemimpin yang berbuat durhaka (jahat), baik pemimpin suatu negeri, instansi, atau bahkan pemimpin di suatu kelompok kecil sekalipun. Tak sepatutnya seorang pemimpin berbuat kezaliman, karena pemimpin merupakan inspirasi bagi pengikutnya.

Pemimpin yang durhaka dan bahkan menzalimi orang yang dipimpinnya tentu saja pantas mendapat murka Allah. Na’udzubillah min dzalik, semoga kita terjauh dari hal-hal tersebut.

Akan tetapi, Sahabat, ketahuilah bahwa sedekah secara sembunyi-sembunyi atau rahasia, ternyata mampu untuk meredakan kemurkaan Allah. Ini menjadi catatan penting bagi seorang yang berbuat dosa dan ingin bertaubat serta menghindarkan diri dari kemurkaan Allah, maka iringilah taubat tersebut dengan sedekah rahasia!

“Sesungguhnya sedekah secara rahasia bisa meredam murka Rabb (Allah) tabaroka wa ta’ala.” (HR. ath-Thabrani)

Sedekah secara rahasia tentu saja dilakukan secara diam-diam tanpa diketahui seorang pun, ini berarti sedekah tersebut memang dimaksudkan untuk menarik perhatian Allah saja, tak ada maksud untuk pamer pada makhlukNya.

Selain dapat meredam murka Allah, sedekah sembunyi-sembunyi ini juga bisa membuat sebagian kesalahan-kesalahan kita terhapus, terutama kesalahan atau dosa yang pernah kita lakukan terhadap Allah.

“Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Baqarah: 271)

Oleh sebab itu, jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah. Sekalipun kita melakukan perbuatan dosa yang membuatNya murka, namun rahmat Allah senantiasa mendahului kemurkaannya. Bahkan kita telah diajarkan cara untuk meredakan kemurkaanNya, subhanallah!

“Sesungguhnya rahmat-Ku lebih mengalahkan kemurkaan-Ku.” (HR. Bukhari no. 6855 dan Muslim no. 2751)

Sahabat, semoga kita terhindar dari perbuatan yang mendatangkan kemurkaan Allah, serta selalu menyibukkan diri dengan amalan-amalan tersembunyi yang tak diketahui makhluk, termasuklah melakukan sedekah rahasia. Dengan demikian, semoga Allah mengampuni sebagian besar kesalahan yang pernah kita lakukan. Aamiin. (SH)

http://tabungwakaf.com