Menilik Berbagai Jenis Buah yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Selasa, 21 Mei 2019 | 10:38:57

Menilik Berbagai Jenis Buah yang Bermanfaat bagi Kesehatan

 

DokterSehat.Com – Menjaga pola makan sehat adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan agar kesehatan tubuh tetap optimal. Salah satu cara termudah yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi buah. Apa saja manfaat buah bagi tubuh?

Manfaat Buah bagi Kesehatan

Menyertakan buah sebagai menu harian Anda adalah sesuatu yang baik. Manfaat buah buahan diketahui memiliki kadar gula dan lemak yang rendah, serta menjadi sumber serat yang baik. Konsumsi buah buahan setiap hari adalah langkah tepat dalam menunjang gaya hidup yang sehat.

Adapun kandungan nutrisi yang ada pada buah antara lain: vitamin A (beta karoten), vitamin C, vitamin E, asam folat, magnesium, zinc, dan kalium. Selain itu, manfaat buah yang berguna bagi tubuh karena kandungan fitonutrien dan antioksidan di dalamnya.

Berikut adalah beberapa manfaat buah bagi kesehatan, di antaranya:

Menurunkan tekanan darah.

Menurunkan kadar kolesterol.

Menjaga berat badan yang ideal.

Membantu mencegah dan mengatasi masalah pencernaan.

Menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata terkait penuaan.

Menurunkan risiko penyakit seperti stroke, diabetes tipe 2, hipertensi, penyakit jantung, dan kanker.

Nah, itulah manfaat buah yang berguna untuk kesehatan tubuh. Sementara itu, jika Anda menderita penyakit tertentu, sepertinya Anda harus mengetahui manfaat buah buahan yang dikonsumsi. Khasiat buah bagi kesehatan dipercaya dapat membantu proses penyembuhan penyakit dan menjaga kesehatan tetap optimal.

Berikut beberapa jenis buah dan manfaat yang bisa Anda peroleh, di antaranya:

1. Apel

Manfaat buah apel dipercaya dapat menurunkan kolesterol dan membantu membersihkan kotoran-kotoran yang tersisa di usus besar. Agar mendapatkan manfaat apel dengan maksimal, disarankan mengonsumsi buah apel dengan kulitnya karena kulit apel mengandung banyak serat dan antioksidan.

Selain itu, kandungan pektin pada apel dapat memberi nutrisi bagi bakteri baik di dalam saluran pencernaan sehingga membantu memelihara kelancaran fungsi pencernaan tubuh. Manfaat buah ini juga berguna bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

2. Jeruk

Manfaat buah jeruk yang berguna bagi kesehatan karena mengandung vitamin C. Vitamin C sendiri memiliki manfaat untuk menstimulasi sistem kekebalan, mengatasi lendir di tenggorokan dan rongga hidung.

Karena jeruk menjadi sumber serat yang sangat baik, jeruk juga dipercaya dapat mencegah sindrom iritasi usus besar. Selain itu, jeruk juga merangsang produksi cairan dan memperbaiki pencernaan. Bagi Anda yang memiliki gangguan lambung, pilihlah jeruk yang tidak terlalu asam.

3. Pisang

Manfaat buah pisang yang bisa Anda dapatkan adalah mencegah peradangan pada lambung. Kandungan nutrisi pada pisang dapat melapisi dinding-dinding lambung yang pada akhirnya membentuk lapisan antiradang.

Selain itu, karena kandungan antioksidan di dalam pisang, khasiat buah yang bisa Anda dapatkan adalah menangkal efek kerusakan jaringan dan sel tubuh. Bagi Anda yang sedang menjalan program diet, Anda harus mendapatkan manfaat buah pisang karena buah ini membuat kenyang lebih lama.

4. Alpukat

Mengonsumsi alpukat disertai dengan pola makan yang sehat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Manfaat buah ini pada akhirnya dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

5. Blewah

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit hipertensi, konsumsi buah blewah secara rutin dapat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Kandungan kalium pada blewah dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan otot. Manfaat buah ini yang juga bisa Anda dapatkan adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh, karena blewah mengandung 90 persen air.

6. Kurma

Manfaat buah kurma dapat memperlancar pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Dengan kandungan serat yang tinggi, khasiat buah yang bisa didapatkan adalah mencegah datangnya sembelit. Selain itu, buah kurma juga dapat membantu mengontrol gula darah karena indeks glikemik yang rendah dan berfungsi sebagai antioksidan.

7. Pir

Buah pir kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin K. Tingginya kandungan vitamin C tentu akan sangat baik bagi sistem imun tubuh dan membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik sehingga produksi sel darah merah menjadi lebih baik.

8. Tomat

Tomat mengandung antioksidan alami bernama likopen.  likopen diduga mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya dan membantu menjaga kulit tampak awet muda.

Selain itu, manfaat buah tomat lainnya adalah merangsang antioksidan dan kolagen yang membantu mencegah kerusakan kulit oleh polusi dan sinar matahari.

9. Kelengkeng

Manfaat buah kelengkeng yaitu dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Hal ini dikarenankan buah kelengkeng mengandung polifenol yang dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh dan menangkal serangan radikal bebas.

10. Belimbing

Berbagai macam nutrisi yang ada pada belimbing menunjukkan efek penurun kolesterol, karena bisa meningkatkan pembuangan kolesterol jahat, asam empedu dan lipid melalui kotoran. Selain itu, manfaat buah ini juga dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari risiko terkena kanker.

11. Semangka

Semangka mengandung vitamin A, vitamin C, serta antioksidan likopen yang dibutuhkan oleh tubuh. Antioksidan dapat membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, vitamin C dan likopen juga mampu mengurangi risiko munculnya kanker prostat dan menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis.

12. Nanas

Kandungan mangan pada nanas dapat berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel kulit dari kerusakan terhadap sinar UV. Selain itu, mangan juga meningkatkan kepadatan tulang dan mineral secara keseluruhan sehingga mencegah osteoporosis.

13. Kelapa

Pada dasarnya, nutrisi yang terkandung di dalam buah kelapa bisa didapat dari semua bagiannya, seperti daging buah dan air kelapa, bahkan setelah diolah menjadi santan dan minyak kelapa.

Air kelapa diyakini bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida, sehingga bisa membantu mengurangi risiko gangguan jantung. Dagingnya bisa mengurangi luka pada permukaan lambung dan melawan bakteri dan virus. Sementara minyak kelapa memiliki efek antijamur dan bisa melembapkan kulit kering.

Nah, itulah manfaat buah buahan yang berguna bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba.

https://doktersehat.com