Manfaat Istighfar untuk Kelancaran Rezeki

Kamis, 24 Januari 2019 | 09:03:13

Manfaat Istighfar untuk Kelancaran Rezeki

 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Ada kalanya rezeki Anda lancar dan banyak, namun ada kalanya rezeki Anda seret dan sedikit. Padahal, Anda merasa sudah berusaha sekuat tenaga.

Lafal istighfar yang bisa dibaca sambil apa saja tanpa syarat, sangatlah menolong dalam kondisi seperti ini. Demikian Syekh Abdul Wahhab As-Sya’roni dalam kitab Al-Minahus Saniyyah mengutip hadis Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW bersabda, “Siapa saja mengekalkan bacaan istighfar, niscaya Allah jadikan baginya sebuah jalan keluar di tengah kesempitan dan sebuah kelonggaran di tengah kesumpekan; dan Allah kucurkan rezeki kepadanya dari jalan yang ia tidak perhitungkan.”

Memang istighfar, seperti dimuat NU Online, bukan untuk kelancaran rezeki semata. Permohonan ampunan Allah itu sangat dianjurkan ketika manusia dalam keadaan tidak berdosa dan terlebih lagi kalau melakukan dosa. Mohon ampun usai berdosa, ini mestinya agar azab Allah tidak turun seperti bunyi firman-Nya. “Dan Allah SWT tidak akan mengazab mereka selagi mereka memohon ampunan-Nya.”

Tetapi istighfar kalau tidak berdosa, lebih didasarkan pada tindakan yang dicontohkan Rasulullah. Kendati mendapat jaminan ampunan dosa masa lalu dan masa depan, Nabi Muhammad SAW tetap saja beristighfar paling kurang 70 kali sehari.

Namun demikian, istighfar sangat dituntut di pagi hari, petang, permulaan malam, dan malam tua. Tentunya tanpa harus menimbang rezeki seret atau tidak, terpeleset dalam dosa atau pun tidak.

Selain itu, istighfar perlu dibaca untuk meredam tinggi hati seseorang tiap kali selesai beramal saleh. Masih menurut Syekh Abdul Wahhab As-Sya’roni.

“Arifun menyepakati anjuran istighfar usai beramal saleh. Dalam riwayat, para sahabat bercerita bahwa Rasulullah SAW beristighfar 3 kali tiap selepas sembahyang wajib. Maksudnya, menetapkan syariat istighfar usai beramal bagi umatnya sekaligus mengingatkan akan ketidaksempurnaan ibadah mereka.” Wallahu A’lam. (nu.or.id)

 

Artikel ini telah tayang di Tribunpekanbaru.com dengan judul Ini Manfaat Istighfar untuk Kelancaran Rezeki, http://pekanbaru.tribunnews.com/2015/03/17/ini-manfaat-istighfar-untuk-kelancaran-rezeki.

Editor: harismanto

http://pekanbaru.tribunnews.com