Manfaat Buah Semangka bagi Kesehatan

Senin, 25 Februari 2019 | 09:53:14

Manfaat Buah Semangka bagi Kesehatan

 

Liputan6.com, Jakarta Semangka dapat menjadi pilihan ketika cuaca panas melanda. Buah ini memiliki kandungan air sebanyak 92 persen. Tidak hanya itu, semangka juga memiliki vitamin A, B6 dan C, serta antioksidan dan asam amino.

Buah ini sangat mudah didapatkan dan dengan harga yang relatif murah Anda dapat merasakan manfaatnya. Selain itu, kandungan natrium dan lemak pada semangka nyaris tidak ada sama sekali.

Berkat kandungan asam aminonya, terutama L-arginine, semangka sangat ideal tidak hanya untuk olahragawan, tapi juga untuk semua orang yang ingin menghindari kelelahan dan memiliki energi yang cukup.

Inilah manfaat semangka yang menjadikannya sebagai pilihan terbaik untuk menu diet sehat Anda, seperti yang dilansir dari laman Step To Health, Sabtu (29/7/17).

1. Semangka memberi Anda energi

Jangan heran jika Anda belum pernah mendengar tentang L-citrulline. Ini paling dikenal di dunia olahraga karena merupakan asam amino non-esensial yang membantu atlet untuk meningkatkan kinerjanya. Asam amino non-esensial adalah protein yang dapat disintesis oleh tubuh.

2. Mengurangi tekanan darah dan kolesterol

Semangka tidak hanya meningkatkan energi kita, tapi juga berguna bagi kesehatan. Ketika asam amino citrulline dan arginine bergabung, tubuh kita menghasilkan gas yang sangat bermanfaat yang disebut oksida nitrat.

3. Mengurangi asam laktat dan amonia pada jaringan otot

Semangka membantu otot kita pulih hampir seketika. Hal inilah yang membuat para atlet memilih untuk mengonsumsi suplemen makanan berdasarkan L-citrulline. Asam amino ini menyebabkan reaksi metabolik yang menyintesis energi aerobik dan menunda sensasi kelelahan. Yang dianjurkan adalah memanfaatkan kandungan semangka L-citrulline semangka dengan kombinasi vitamin dan mineral lainnya.

4. Membantu memperbaiki disfungsi ereksi

Kandungan L-citrulline pada semangka dapat membantu memperbaiki disfungsi ereksi ringan. Ini berkat vasodilatasi melalui oksida nitrat dan fungsi endotel. Dengan memperbaiki sirkulasi darah secara alami, semangka bisa meringankan kasus disfungsi ereksi ringan.

Masihkah Anda berpikir dua kali untuk mengonsumsi semangka setelah mengetahui manfaatnya?

Penulis: Michelle Tania

https://www.liputan6.com