Kiat kiat Agar Tak Malas Sholat Tahajud

Kamis, 8 November 2018 | 08:58:58

Kiat kiat Agar Tak Malas Sholat Tahajud

 

 

 Jakarta Kemuliaan pada 10 malam terakhir bulan Ramadan sangatlah mulia dan sungguh terlampau sayang jika pada malam-malam terakhir hanya dilalui begitu saja. Agar tidak terbuang sia-sia pada malam 10 hari di bulan Ramadan alangkah indahnya jika dilalui dengan memperbanyak melakukan kebaikan dan ibadah sunnah lainnya.

Para ulama mengatakan di 10 hari terakhir itu sangat istimewa. Apalagi, jika mengingat bahwa Rasulullah SAW sangat menyarankan agar semua umat muslim yang beriman berlomba-lomba menebar kebaikan di 10 hari terakhir Ramadan ini. Berbicara mengenai kebaikan yang sangat disarankan untuk dilakukan selama Ramadan dan disarankan untuk dipergiat di 10 malam terakhir Ramadan adalah mendirikan salat tahajud.

Salat tahajud merupakan salah satu salat sunah yang sangat disarankan untuk didirikan. Salat tahajud sendiri dilakukan selepas tidur tepatnya di sepertiga malam terakhir. Salat tahajud merupakan salat sunah yang memiliki banyak manfaat, banyak keutamaan dan sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap muslim yang beriman. Selain bisa menghapus berbagai dosa, salat tahajud juga memungkinkan doa seseorang terkabul dengan mudah, menenangkan jiwa dan pahalanya berlipat-lipat ganda.

Memang, untuk bangun di seperti malam terakhir rasanya begitu sulit dan berat. Tapi, selama kita punya keyakinan untuk bisa terbangun, perasaan sulit, berat dan malas tentu tak pernah ada lagi. Dikutip dari berbagai sumber dan dari pengalaman pribadi, agar kita tidak lagi malas untuk bangun malam dan mendirikan salat tahajud, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan dan perbaiki. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Tidur lebih awal. Agar nanti malam bisa bangun dan malas untuk mendirikan salat tahajud, usahakan untuk tidur lebih awal. Usahakan untuk tidur tidak lebih dari jam 10 malam. Tidur lebih awal akan membuata anda lebih mudah bangun dan semangat mendirikan salat tahajud menjelang fajar.

2. Jangan makan terlalu kenyang sebelum tidur. Pastikan untuk tidak makan terlalu kenyang sebelum tidur. Makan terlalu kenyang justru akan membuat anda merasa sangat malas untuk bangun dan mendirikan salat tahajud. Akan sangat baik, jika anda makan secukupnya dan makan makanan yang sehat serta memungkinkan anda bersemangat untuk bangun di sepertiga malam terakhir.

3. Pasang alarm. Usahakan untuk pasang alarm dan tentukan jam berapa anda akan bangun. Banyak para ulama menyarankan agar kita mendirikan salat tahajud mulai pukul tiga dini hari.

4. Yakin bahwa anda akan bangun. Yakinkan diri untuk bangun nanti malam dan akan mendirikan salat tahajud. Tanamkan keyakinan itu di hati maupun pikiran agar nanti malam anda benar-benar terbangun.

5. Bersuci sebelum tidur. Usahakan untuk bersuci sebelum tidur.Dianjurkan untuk berwudhu sebelum tidur. Dengan bersuci sebelum tidur ini, setidaknya akan membantu anda merasa semangat saat bangun untuk mendirikan salat tahajud. Bersuci sebelum tidur juga memungkinkan bagi anda agar tidak digoda oleh setan atau hal lain yang membuat malas bangun untuk mendirikan salat tahajud.

6. Minum segelas air putih. Minum segelas air putih sebelum tidur dipercaya bisa membuat badan tetap segar dan bugar selama tidur. Kandungan nutrisi pada air putih juga akan membuat tubuh merasa semangat untuk bangun di waktu sepertiga malam. Air putih ini yang juga akan membangunkan karena tidak jarang air putih akan membuatmu merasa ingin kencing saat malam sebelum subuh.

7. Tidur dengan posisi miring kanan (sunah Rasulullah). Tidur dengan posisi miring kanan dikatakan bisa mempermudah untuk bangun di sepertiga malam terakhir. Karena apa, karena tidur dalam posisi ini pikiran dan tubuh akan terjaga dengan baik. Tidur pun akan semakin berkualitas dan bisa merasa segar serta semangat untuk bangun dan mendirikan salat tahajud.

Niat kuat. Pastikan untuk niat dengan kuat bahwa malam ini anda akan mendirikan salat tahajud. Niat yang kuat akan mempermudah untuk menjadi pribadi yang semangat dalam menjalankan ibadah salat tahajud.

Itulah beberapa hal yang bisa anda coba agar tak lagi malas bangun malam untuk mendirikan salat tahajud. Selain hal di atas, hal lain yang juga bisa dilakukan adalah menempatkan handuk dan mangkok berisi air di dekat tempat tidur sebagai alat mengusap wajah jika malas bangun, anda bisa minta tolong ke pasangan ( bagi anda yang sudah menikah), ke saudara atau orang lain untuk membangunkan saat ingin menunaikan salat tahajud dan lakukan salat tahajud secara rutin dan anda pun akan terbiasa melakukannya.

Untuk mendirikan salat tahajud di bulan Ramadan seperti sekarang ini,anda bisa mendirikan salat tahajud sebelum makan sahur. Selain salat tahajud, perbanyak pula mendirikan salat sunah lain seperti halnya salat hajat, salat tasbih, salat tobat, salat istikharah dan masih banyak lagi. Semoga, tips ini bermanfaat dan kita pun tak lagi malas untuk mendirikan salat tahajud. Bagi yang sedang menjalankan ibadah puasa, selamat menjalankan ibadah puasa dan tetap semangat selalu.

 

Sumber: Vemale

Reporter: Rohmitriasih

https://www.liputan6.com