Khasiat dan Manfaat Surah Al Falaq dan An Nas

Selasa, 16 Oktober 2018 | 09:32:20

Khasiat dan Manfaat Surah Al Falaq dan An Nas

 

Surah Al-Falaq

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

# وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ # مِن شَرِّ مَا خَلَقَ # قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ

وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ # وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ

 

Surah An-Nas

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

إِلَهِ النَّاسِ  #  مَلِكِ النَّاسِ#  قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ

مِنَ الْجِنَّةِ وَ النَّاسِ  #  الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ  #  مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ

 

Surat Al Falaq merupakan surat yg memiliki banyak sekali manfaat dan keutamaan didalamnya dan jika dibacakan oleh seorang muslim baik didalam Sholat maupun di kehidupan anda maka manfaat yg diperoleh begitu besar untuk kehidupan anda sebagai seorang muslim. Surah Al-Falaq ini adalah 113 didalam Al-Qur'an, adapun arti dari Al-Falaq adalahwaktu subuh dan diturunkan setelah Surah Al-Fill.

Surah An-Nas adalah surah terakhir dalam al-Qur'an. Nama An-Nas diambil dari kata An-Nas yang berulang kali disebut dalam surat ini yang artinya manusia. Surah ini termasuk dalam golongan surah makkiyah. inti surahnya adalah menganjurkan manusia memohon perlindungan kepada Allah SWT dari godaan syetan baik yang berasal dari golongan manusia maupun jin.

 Keistimewaan Surat Al-Falaq dan An Nas antara lain Surat ini memiliki kedudukan yg tinggi di antara surat-surat yg lainnya, surat Al Mu’awwidzataini yaitu dua surat yg mengandung permohonan perlindungan

Keutamaan al-Falaq dan An-Nas

Tidak ada surat yang menyerupainya—yang digunakan untuk beristi’adzah (minta perlindungan)—di dalam Taurat, Injil, bahkan al-Qur’an. Al-Imam Muslim meriwayatkan dalam Shahih-nya, dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu, Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda, Keduanya membentengi diri dari penyakit ‘ain (penyakit akibat pandangan yang berbahaya, baik pandangan bangsa jin maupun manusia).

Khasiat dan Manfaat Surat Al-Falaq dan An-Nas

Supaya terhindar dari segala macam jenis macam sihir yg dilakukan oleh orang yg jahat kepada kita, jika dibacakan sebelum tidur maka akan terhindar dari segala macam godaan syetan yang terkutuk, baik yang berasal dari golongan manusia maupun jin

Barang siapa yang takut akan godaan syaitan atau manusia atau takut dalam kegelapan malam, atau takut kejahatan manusia, bacalah Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas sebanyak 100 kali.

Membaca surat Al Falaq dan An-Nas melindungi kita terhadap kejahatan-kejahatan tersebut di atas di dunia ini.

Barang siapa yg membaca surat ini sebanyak 3 kali pada waktu pagi dan sore maka Alloh akan mencukupinya dari segala sesuatu

 Surat Al-Falaq dan An-Nas Sebagai Penyembuhan

Untuk menyembuhkan segala penyakit yang diakibatkan oleh gangguan setan dan yg terakhir untuk selalu mendekatkan diri kepada Alloh.” caranya dibaca di gelas yang berisi air setelah selesai diminumkan dan diusapkan keseluruh tubuh. disa juga di bacakan di telingan orang yang terkena gangguan tersebut.

Barang siapa terkena penyakit karena perbuatan syaitan atau manusia, hendaklah membaca Surah Al-Falaqdan Surah An-Nas sebanyak 41 kali selama 3 hari, 5 hari atau 7 hari berturuh-turut.

Digunakan untuk meruqyah (metode penyebuhan islam) saat anda sedang mengalami sakit parah.caranya dibaca di gelas yang berisi air setelah selesai diminumkan dan diusapkan keseluruh tubuh.

Kedua surah terakhir ini disebut juga "Al-Mu'awwidhtayn" atau mencari perlindungan dan juga memiliki kekuatan yang tiada tandingnyadari ilmu-ilmu yang ada di kitab terdaluhu (kekuatan surah keduanya ada di ayat terakhir). karena kedua surah tersebut bermakna "kembar" mencari perolongan / berlindung kepada Allah SWT dari godaan syetan yang terkutuk.

Manusia adalah salah satu jenis makhluk Allah subhanahu wa ta’ala yang hidup bermasyarakat di muka bumi ini. Makhluk Allah subhanahu wa ta’ala amatlah banyak dan beragam. Ada yang tampak, ada yang tidak tampak; ada yang besar, ada yang kecil; ada yang bermanfaat, ada yang berbahaya; ada yang menjadi teman, ada yang menjadi musuh. Disukai atau tidak, semua ini diciptakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala sebagai hikmah bagi makhluk-Nya.

Manusia memiliki musuh, baik dari dirinya sendiri maupun dari lingkungan sekitarnya. Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda,

 

إِنَّ الشَّيْطَانَ يَجْرِي مِنِ ابْنِ آدَمَ مَجْرَى الدَّمِ

 

“Sesungguhnya setan mengalir dalam pembuluh darah anak Adam". (HR Muslim)

 

أَلَمْ تَرَ آيَاتٍ أُنْزِلَتْ هَذِهِ اللَّيْلَةَ، لَمْ يُرَ مِثْلُهُنَّ قَطُّ : قُلۡ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلۡفَلَقِ و قُلۡ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلنَّاسِ

 

“Tidakkah kamu melihat ayat-ayat yang diturunkan pada malam ini? Tidak ada yang semisal dengannya sama sekali. Ayat-ayat tersebut adalah surat Qul a’udzu birabbil falaq dan Qul a’udzu birabbin nas.” 

Musuh manusia dari lingkungan sekitarnya lebih beragam. Musuh ini bisa berupa benda mati, hewan, kegelapan malam, bangsa jin, dsb. Allah ‘azza wa jalla dan Rasul-Nya telah mengajarkan kepada hamba-Nya cara membentengi diri dan melawan musuh-musuh tersebut.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

 

وَإِمَّا يَنزَغَنَّكَ مِنَ ٱلشَّيۡطَٰنِ نَزۡغٞ فَٱسۡتَعِذۡ بِٱللَّهِۖ

 

“Dan jika setan mengganggumu dengan suatu gangguan, mohonlah perlindungan kepada Allah.” (Fushshilat: 36)

Menurut Al-Hadits

Aisyah menerangkan: bahwa Rasulullah s.a.w. pada setiap malam apabila hendak tidur, Beliau membacaSurah Al-Ikhlas, Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas, ditiupkan pada kedua telapak tangan kemudian disapukan ke seluruh tubuh dan kepala. 

Sayyidiah' Ali r.a. menerangkan: pernah Rasulullah s.a.w. digigit kala, kemudian Beliau mengambil air garam. Dibacakan Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas lalu disapukan pada anggota badan yang digigit kala tadi.

 Uqba Bin Amar RA meriwayatkan "Nabi Muhammad SAW berkata kepadaku di dalam perjalanan. 'Maukah kamu belajar dua surah yang luar biasa.' Aku menjawab 'Ya, ajarkanlah kepadaku ya Rosululloh, Nabi mengajariku surah Al-Falaq dan surah An-Nas. Rosululloh mengulang-ulang surah yang sama ketika Sholat Magrib hari itu. lalu Beliau berkata kepadaku 'kamu haru membaca kedua Surah ini ketika hendak berangkat tidur maupun ketika baru bangun dari tidur'." (HR.Thirmidhi, Abu Daud & Nasai)

Uqba bin Amar RA meriwayatkan Nabi Muhammad SAW bersabda “Malam ini diturunkan dua surat kepadaku yang tidak ada hal lain yang bisa menandinginya. Yaitu Surah Al Falaq dan Surah An-Nas .” (Muslim).

Perbedaan Jin dan Syetan adalah dari sisi keumuman dan kekhususa. Jin adalah umum, ada yang saleh dan ada yang thalih. adapun syetan lebih khusus, dia jin uang thalih. Iblis la'natullah 'alaih (laknat Allah SWTatasnya) adalah bapaknya Syetan.

Para pembaca yang budiman ini hanya sebagian kecil dari khasiat dan manfaatnya, masih banyak lagi khasiat dan manfaat Surah Al-Falaq dan An-Nas.

http://ahmadnaufalhabib.blogspot.com