Keutamaan keutamaan Ramadhan al Mubarak

Jumat, 25 Mei 2018 | 08:59:28

Keutamaan keutamaan Ramadhan al Mubarak

 

Apa arti penting dari Bulan Ramadhan ? Mengapa Ramadhan sangat penting bagi umat Islam ? 

Jawaban:

Keutamaan bulan Ramadhan Al - Mubarak , bulan pengampunan

 Ramadhan adalah penghulu dari seluruh bulan

" Ramadhan adalah penghulu dari seluruh bulan. Dalam hal kehormatan , Dzulhijjah adalah yang besar keutamaannya . " ( HR al-Baihaqi )

 Ramadhan adalah bulan milik Ummat

“Rajab adalah bulannya Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulannya ummatku.” (Abu’l Fathi Ibn  Abi ' l - Fawaris )

" Jika seorang Muslim berpuasa tanpa berbohong dan melakukan fitnah ( ghibah ) , dan jika ia berbuka puasa dengan makanan halal , menjalankan fardhu ( wajib ) dan pergi ( ke masjid ) untuk salat subuh dan isya dari dalam kegelapan , dia akan bersih dari dosa-dosanya seperti seekor ular berganti kulit dan keluar dari kulit lamanya itu  " ( Ibnu Hibban)

Seperti halnya bulan Rajab , Ramadhan al Mubarak juga diriwayatkan menjadi bulannya Allah (swt ) .

Ramadhan adalah bulan Al-Qur'an

" Bulan Ramadhan yang di dalamnya diturunkan Al Qur'an , pedoman bagi umat manusia , dan bukti yang jelas tentang bimbingan , dan pembeda ( Antara yang benar dan salah ) . " ( Surat - ul Baqarah , 185 )

Selain itu , kitab suci lainnya juga diturunkan di bulan Ramadhan .

Awal Ramadhan adalah rahmat , pertengahan ramadhan adalah pengampunan dan akhir Ramadhan adalah keselamatan dari api ( Jahannam )

 " Ramadhan adalah bulan yang awalnya adalah rahmat , yang tengahnya adalah pengampunan , yang akhirnya adalah keselamatan dari api . ( Jahannam ) " ( Ibn Abi ad- Dunya )

Puasa pertama Ramadhan al - mubarak adalah sarana untuk pengampunan dosa-dosa sampai hari itu

" Ketika malam pertama  Ramadhan  ( datang ) , pintu-pintu langit dibuka , dan tidak ada pintu-pintu tersebut yang  ditutup sampai malam terakhir Ramadhan . Tidaklah seorang hamba Allah yang beriman melakukan sholat pada malam nya ( setiap malam Ramadhan ) , kecuali Allah akan mencatat baginya seribu lima ratus hasanah ( kebaikan) untuk setiap sujud yang ia lakukan . Dan Allah akan membangun rumah untuknya di Jannah  yang terbuat dari ruby merah , yang akan memiliki enam puluh ribu pintu , setiap pintu memiliki ( saling terkait , yang mengarah ke ) istana terbuat dari emas , dihiasi ( diperindah dan dihiasi ) dengan batu rubi. Jadi, ketika ia ( mu’ min ) puasa pada hari pertama Ramadhan , semua dosa masa lalunya diampuni , dan tujuh puluh ribu malaikat membaca istighfar ( ampunan ) untuknya , setiap hari , dari waktu sholat fajar , sampai matahari terbenam. dan untuk setiap sujud yang ia lakukan selama bulan Ramadhan , baik siang ataupun malam hari , akan ada baginya pohon , ( di Jannah , yang begitu besar (sehingga) seseorang yang menunggang kuda di bawah naungannya selama lima ratus tahun . " ( Baihaqi )

Barangsiapa berpuasa dan sholat selama bulan Ramadhan , semua dosa masa lalunya akan diampuni

" Siapa pun yang berdoa pada malam hari di dalamnya ( bulan Ramadhan ) karena Iman yang tulus dan berharap pahala dari Allah , maka semua dosa sebelumnya akan diampuni . " (HR Bukhari )

" Sholat lima waktu yang ditentukan , dan dari satu shalat Jumat  ke sholat Jumat yang lain dan dari satu Ramadhan ke  Ramadhan yang lain menjadi pengampunan untuk apa yang  ada di antara keduanya selama Anda tidak melakukan dosa besar . " (HR Muslim , Tirmidzi )

Engkau menjadi saksi-Ku bahwa , Aku telah mengampuni mereka semua !

Ketika  malam pertama Ramadhan , Allah ( swt) melihat makhluk-Nya dengan pandangan rahmat . Allah tidak menghukum selama-lamanya orang yang Dia lihat dengan pandangan rahmat .

Setiap hari pada bulan Ramadhan Allah (swt ) menyelamatkan satu juta orang dari neraka yang layak untuk itu . Juga ketika  malam 27 Ramadhan Dia ( swt ) menyelamatkan orang sebanyak yang Ia  selamatkan dari Neraka dalam satu bulan . Ketika  malam Ied , malaikat turun ke bumi dan Allah (swt ) bermanifestasi dengan cahaya yang tidak ada seorangpun yang mampu menggambarkan dan memanggil para malaikat yang akan merayakan Idul Fitri pada hari berikutnya :

Allah (swt ) bertanya kepada para malaikat :

Wahai para malaikat ' ! Apa hadiah bagi pekerja yang telah melakukan pekerjaannya ?

Malaikat berkata:

Mereka dibayar dengan bayaran yang pantas.

Kemudian Allah (swt ) mengatakan :

"Kalian adalah saksi-Ku bahwa , Aku telah mengampuni mereka semua . " ( Asbahani )

Pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup di bulan Ramadan

" Ketika malam pertama bulan Ramadhan datang , setan dan jin yang pembangkang dibelenggu , semua pintu-pintu neraka ditutup , dan tidak ada pintunya yang dibuka . Semua pintu-pintu surga dibuka , dan tidak ada pintu-pintu gerbangnya ditutup .Pemanggil berteriak : "Wahai pencari kebaikan , lanjutkanlah, wahai pencari keburukan, berhentilah . Allah memiliki orang-orang yang Dia tebus dari neraka setiap malam . "

" Saat itu adalah malam pertama Ramadhan setan dan jin yang memberontak dirantai. Gerbang neraka ditutup. Tidak ada gerbangnya yang dibuka. Gerbang  surga dibuka dan tidak ada yang ditutup Pemanggil  berteriak. . . . :

' Wahai para pencari kebaikan ! Lanjutkan . Wahai pencari keburukan ! Berhentilah . Dan Allah (swt ) mengampuni ( membebaskan dari neraka )orang  yang layak masuk  syurga. ' "

Allah (swt ) mengampuni ( membebaskan dari neraka ) beberapa orang yang berhak dimasukkan ke syurga , setiap hari pada malam di bulan Ramadhan dan setiap doa Muslim dijawab setiap hari pada malam di bulan Ramadhan . " ( Bazzar )

Surga firdaus dihiasi untuk menghormati bulan Ramadhan

Abu Masud Al - Ghifari mengatakan :

Pada hari pertama Ramadhan , aku mendengar Rasulullah ( saw ) mengatakan :

" Jika hamba-hamba Allah tahu apa itu Ramadan , mereka akan berharap itu berlangsung sepanjang tahun . "

Seorang pria dari suku Khuzah , " Wahai Nabi tercinta ! Beritahukan kami :

Nabi ( saw ) :

Surga Firdaus dihiasi sepanjang tahun untuk Ramadhan . Ketika malam pertama Ramadhan tiba, angin bertiup dari bawah Langit . Daun pohon-pohon surga bergoyang . Para bidadari di surga melihat ini dan berkata :

" Ya Tuhan kami ( swt ) ! Beri kami pasangan ( suami ) dari hamba-hamba yang akan senang melihat kami dan yang kami akan senang untuk melihat mereka "

Setiap orang yang berpuasa di bulan Ramadan diberikan pasangan ( bidadari ) di paviliun terbuat mutiara . Allah (swt ) berfirman bahwa :

" Yang adil , dijaga dengan ketat  di paviliun . " ( QS. al - Rahman , 72 ) ( HR al-Baihaqi )

Di bulan Ramadhan, pada setiap malamnya , doa diterima

 " Selama Ramadan siapa pun yang mengingat ( dzikr ) Allah (swt ) dimaafkan dan siapa pun berdoa tidak ditolak . " ( HR al-Tabrani , Baihaqi , Asbahani )

" Allah (swt ) yang Maha Perkasa dan Maha Agung , memerintahkan tiga kali di setiap malam bulan Ramadhan :

" Apakah ada orang yang menginginkan sesuatu yang saya bisa Aku berikan? Apakah ada orang yang bertobat yang Aku terima pertobatannya ? Apakah ada orang yang ingin pengampunan yang Aku mungkin memaafkannya ? Siapa yang ingin meminjam dari orang kaya (yang tidak pernah miskin) dan dari yang setia (yang tidak pernah menindas) "

 " Pada setiap kali buka puasa Ramadhan , Allah (swt ) Maha Perkasa dan Maha Agung , menyelamatkan satu juta orang dari neraka yang hampir layak mendapatkannya . " ( HR al-Baihaqi )

Ramadan adalah seperti " hati " dalam tubuh di antara bulan-bulan.

Ramadan adalah seperti " para nabi " di antara manusia biasa .

Ramadan adalah seperti " Haram al - Sharif " di antara kota-kota .

Ramadan adalah " perantara " bagi mereka yang berpuasa.

http://www.hakikatislam.com