Keutamaan Hikmah dan Manfaat Sholat Dhuha

Kamis, 26 Oktober 2017 | 15:42:55

Keutamaan Hikmah dan Manfaat Sholat Dhuha

  Keutamaan, Hikmah dan Manfaat Sholat Dhuha | Sholat Dhuha mengandung banyak sekali keutamaan dan hikmah. Oleh karenanya, Rasulullah SAW senantiasa mengerjakannnya, dan mondorong para sahabatnya untuk melakukan hal yang serupa. Baca : Waktu Paling Afdol untuk Melaksanakan Sholat Dhuha | di antara Keutamaan dan Hikmah sholat Dhuha dijelaskan dalam beberapa hadist berikut ini.

1. Sholat Dhuha adalah sedekah

Rasulullah SAW bersabda: “Bagi masing-masing ruas dari anggota tubuh di antara kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan mengerjakan sholat Dhuha dua rakaat.” (HR. Muslim dari Abu Dzar)

2. Kelapangan Rezeki bagi yang Melaksanakan Sholat Dhuha

Rasulullah SAW bersabda: “Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: “Wahai Anak Adam, sholatlah untuk-Ku sebanyak empat rakaat dari awal siang, niscaya akan Aku cukupi kebutuhanmu pada akhirnya.” (HR. Muslim dan Ahmad, menurut Al-Bani Shahih lighairihi) Syaikh Al ‘Azhim Abadi (Penulis ‘Aunul Ma’bud) menyebutkan, “Hadist ini bisa mengandung pengertian bahwa sholat Dhuha akan menyelamatkan pelakunya dari berbagai hal yang membahayakan. Bisa juga dimaksudkan bahwa sholat Dhuha dapat menjaga dirinya dari terjerumus dalam dosa atau ia pun akan dimaafkan jika terjerumus di dalamnya. Atau maknanya bisa lebih luar dari itu.”

3. Allah mengampuni dosa orang yang membiasakan Shalat Dhuha

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang menjaga dua rakaat sholat Dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni walau sebanyak buih di lautan.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Abu Hurairah).

4. Orang yang sholat Subuh berjamaah kemudian duduk berdzikir hingga matahari terbit kemudian sholat Dhuha, maka pahalanya seperti pahala haji dan umrah

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang sholat Subuh berjamaah kemudian duduk berdzikir sampai matahari terbit dan kemudian mengerjakan sholat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya.” (HR. Tirmidzi dari Anas bin Malik).

5. Allah akan membangun istana di surga bagi orang yang gemar sholat Dhuha

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa sholat Dhuha dua belas rakaat, maka Allah akan membangun baginya istana di surga.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Anas bin Malik).

Keutaman, Hikmah dan Manfaat Sholat Dhuha

Manfaat Sholat Dhuha | Selain keutamaan dan hikmah sholat Dhuha sebagaimana yang dijelaskan di atas, ternyata terdapat pula manfaat sholat Dhuha dari sisi duniawi. Manfaat-manfaat tersebut sudah banyak di rasakan oleh orang-orang yang membiasakan sholat Dhuha.

1. Rezeki lancar dengan Sholat Dhuha

Dalam hadist yang bersumber dari Abu Darda’ Rasulullah SAW bersabda: “Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: Wahai Anak Adam, sholatlah untuk-Ku sebanyak empat rakaat dari awal siang, niscaya akan Aku cukupi kebutuhanmu pada akhirnya.” (HR. Muslim dan Ahmad, menurut Al-Bani Shahih lighairihi)

Dicukupi kebutuhan dalam hadist tersebut memang ditafsirkan berbeda-beda oleh para ulama. Ada yang mengatakan mendapat lindungan Allah SWT, ada pula yang mendapat penjagaan Allah dari dosa, dan ada pula yang mendapat rezeki yang cukup dari Allah SWT.

Dalam kaitannya dengan rezeki yang dipermudah dengan melaksanakan sholat Dhuha, telah banyak dirasakan oleh orang-orang yang selalu melaksanakan sholat Dhuha secara rutin.

2. Badan sehat dan segar sepanjang hari dengan sholat Dhuha

Egha Zainur Ramadhani dalam karyanya, Super Health menjelaskan manfaat Sholat Dhuha secara medis. Ia mendasarkan penelitiannya berdasarkan hadist Rasulullah SAW yang bersumber dari Buraidah RA. Bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Manusia memiliki 360 persendian. Setiap persendian itu memiliki kewajiban untuk bersedekah.” Para sahabat pun mengatakan, “Lalu siapa yang mampu bersedekah dengan seluruh persendiannya, wahai Rasulullah?” Nabi SAW lantas mengatakan, “Menanam bekas ludah di masjid (pada zaman dahulu masjid belum dilantai, dan meludah di masjid adalah diperbolehkan. Dan menanam bekas ludah berarti menutupi ludah seseorang dengan pasir). Atau menyingkirkan gangguan dari jalanan. Jika engkau tidak mampu melakukan seperti itu, maka cukup lakukan sholat Dhuha dua rakaat.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

Peregangan sungguh muthlaq diperlukan untuk kesiapan kita menyongsong hari penuh tantangan. Dalam hal ini Rasulullah SAW menyinggungnya secara sangat santun, “Hak dari setiap persendian, semuanya cukup dengan dua rakaat Dhuha.” Dan ini membuktikan bahwa memang ada manfaat sholat Dhuha secara medis.

3. Hati tenang dan tentram dengan sholat Dhuha

Allah SWT berfirman :

QS. Ar-Ra’du:28

Artinya : “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’du:28)

Sholat Dhuha juga merupakan salah satu aktivitas mengingat Allah SWT. Dengan begitu, orang yang membiasakannya akan mendapatkan ketenangan lantaran rutinnya dzikir dengan sholat tersebut. Hal ini juga dirasakan oleh orang-orang yang membiasakan sholat Dhuha.

Untuk memperoleh keutamaan dan manfaat dalam sholat Dhuha tentunya saudara muslim harus meperhatikan pula Tata Cara Sholat Dhuha yang Benar Sesuai Tuntunan Rasulullah | Demikian tadi Keutaman, Hikmah dan Manfaat Sholat Dhuha semoga menambah pengetahuan dan memotivasi kita semua untuk senantiasa melaksanakan sholat Dhuha secara rutin. Wallahua’lam bishowab.

 

 [Sumber : Ubaidurrahim El-Hamdi. 2013. Super Lengkap Shalat Sunah. Jakarta: Kawah Media]