Kenali 10 Fungsi Hati bagi Kesehatan Tubuh

Selasa, 26 Maret 2019 | 08:37:00

Kenali 10 Fungsi Hati bagi Kesehatan Tubuh

 

 

Halodoc, Jakarta – Berbicara mengenai hati, pasti yang langsung terpikirkan adalah mengenai perasaan. Nyatanya, sama halnya seperti perasaan, organ hati yang ada di dalam tubuh kamu juga perlu dijaga dan diperhatikan kondisinya, lho. Hati atau liver merupakan kelenjar terbesar dalam tubuh yang punya peran penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jadi, jangan tunggu sampai hatimu sakit, baru memerhatikannya. Yuk, kenali fungsi hati agar kamu tahu betapa pentingnya organ yang satu ini.

Organ hati atau liver terletak di rongga perut sebelah kanan atas, tepatnya ada di bawah diafragma dan di sebelah kanan lambung. Pada orang dewasa, berat organ berwarna merah kecokelatan ini sekitar 1,4 kilogram. Karena terlindungi oleh tulang rusuk, makanya kamu tidak bisa merasakan keberadaan organ ini dari luar. Berikut fungsi hati yang perlu kamu tahu:

Membersihkan Darah

Fungsi hati yang satu ini sudah dikenal banyak orang, yaitu untuk membersihkan darah dari zat-zat berbahaya, seperti racun, obat-obatan dan alkohol. Fungsi inilah yang membuat hati menjadi salah satu organ penting dalam tubuh.

Menghancurkan Sel Darah Merah yang Sudah Tua

Tidak hanya membersihkan darah dari racun saja, hati juga menghancurkan sel darah merah yang sudah tua, sehingga akan membuat warna tinja berubah menjadi cokelat. Namun, hati-hati bila tinja berwarna pucat atau bahkan putih, dan urine berwarna gelap, karena itu bisa menjadi pertanda adanya masalah pada organ hati seperti hepatitis. Baca juga: 10 Tanda Hepatitis yang Tidak Boleh Diabaikan

Menguraikan Hemoglobin

Hati juga berfungsi untuk menguraikan hemoglobin dan hormone-hormon lainnya di dalam tubuh, salah satunya adalah insulin.

Membantu Ginjal memproduksi Urine

Fungsi hati lainnya adalah mengubah asam amino yang terkandung dalam makanan, sehingga dapat digunakan untuk menghasilkan energi atau membentuk karbohidrat atau lemak. Nah, melalui proses tersebut, dihasilkan zat “sampah” yang disebut ammonia. Sel-sel hati kemudian mengubah amonia menjadi zat yang tidak berbahaya yang disebut urea dan dilepaskan ke dalam darah. Urea kemudian diangkut ke ginjal dan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk urin.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Hati juga berperan penting dalam membantu menstabilkan kadar gula darah atau glukosa. Jadi, saat kadar gula darah meningkat, misalnya sehabis makan, hati akan menyaring gula dari darah dan menyimpannya dalam bentuk glikogen yang merupakan cadangan energi untuk tubuh. Namun, saat kadar gula darah kamu sedang rendah, maka hati akan memecah cadangan gula yang dimilikinya menjadi glukosa dan melepaskannya ke dalam darah. Baca juga: 2 Cara Sederhana Mengendalikan Gula Darah

Menghasilkan Energi

Hati berfungsi menghasilkan energi dengan cara memecah lemak. Jadi, saat tubuh kekurangan kadar gula darah, cadangan lemak akan diambil untuk dijadikan energi. Nah, organ hati lah yang berperan dalam mempersiapkan lemak untuk menjadi bahan energi pengganti gula.

Memproduksi Protein

Bersama vitamin K, hati memproduksi protein yang dibutuhkan tubuh untuk sintesis protein dan zat-zat lainnya yang dibutuhkan untuk proses pembekuan darah.

Memproduksi Cairan Empedu

Selain protein, hati juga berfungsi untuk menghasilkan cairan empedu yang bertugas untuk membantu mencerna makanan.

Memproduksi Albumin

Albumin berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dalam sistem sirkulasi tubuh. Nah, hati lah yang bertugas untuk memproduksi protein utama tersebut.

Menyimpan Berbagai Nutrisi

Hati juga berguna untuk menyimpan berbagai macam nutrisi yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan, mulai dari asam folat, zat besi sampai vitamin seperti vitamin A, B, D, dan K.

Nah, itulah beberapa fungsi hati yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Agar hati dapat berfungsi dengan optimal, kamu disarankan untuk menerapkan pola makan yang sehat, yaitu dengan lebih sering mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung banyak nutrisi baik untuk hati.

https://www.halodoc.com