Keistimewaan dan Manfaat Surat Al Falaq

Sabtu, 13 Oktober 2018 | 10:09:09

Keistimewaan dan Manfaat Surat Al Falaq

 

Keistimewaan Surah Al Falaq

  1. Rasulullah SAW. bersabda: “Barangsiapa yang ingin memperoleh penjagaan Allah dari orang yang bermaksud buruk, hendaknya ketika melihat orang itu memohon perlindungan dengan kekuatan Allah Azza wa Jalla dari kekuatan makhluk-Nya, kemudian membaca surat Al-Falaq dan ayat yang difirmankan oleh Allah Azza wa Jalla kepada Nabi-Nya SAW.: Fain tawallaw faqul hasbiyallâhu lâ ilâha illâ Huwa, ‘alayhi tawakkaltu wa Huwa Rabbul ‘arsyil ‘azhîm (At-Taubah: 129), niscaya Allah menyelamatkan ia dari tipu daya setiap penipu, makar setiap pemakar, dan kedengkian setiap orang yang dengki.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/717).
  2. Imam Muhammad Al-Baqir (sa)1) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Falaq dan An-Nas, ia seperti membaca seluruh kitab suci yang diturunkan kepada para Nabi.” (Tafsir Nur Tsaqalayn 5/717)
  3. Imam Musa Al-Kazhim (sa)2) berkata: “Tidak ada seorang pun yang membacakan pada anak kecil setiap malam: surat Al-Falaq dan An-Nas masing-masing (3 kali), dan surat Al-Ikhlash (100 kali) atau (50 kali), kecuali Allah menyingkirkan darinya setiap penyakit atau derita anak kecil: kehausan, penyakit lambung dan darah, sampai ia berusia remaja. Jika sesudah remaja ia membacanya sendiri, maka ia akan dijaga oleh Allah Azza wa Jallah sampai hari wafatnya.” (Tafsir Nur Tsaqalayn 5/717)
  4. Imam Ali Ar-Ridha (sa) 3) berkata bahwa beliau pernah melihat orang yang sedang pingsan. Beliau menyuruh mengambilkan gelas yang diisi air. Kemudian beliau membaca surat Al-Fatihah, surat Al-Falaq dan An-Nas, kemudian meludahi/meniup gelas itu, lalu menyuruh menyiramkan/mengusapkan air itu pada kepala dan wajahnya. Orang yang pingsan itu sadar dan bangun. Imam berkata kepadanya: “Insya Allah penyakit itu tidak akan kembali lagi kepadamu selamanya.” (Tafsir Nur Tsaqalayn 5/718)

 

Arti dari Surah Al Falaq

1- Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh, 2- dari kejahatan makhluk-Nya, 3- dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita     4- dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada  buhul-buhul, 5- dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki”.

Ada 5 inti masalah yang dikemukakan didalam surat Al Falaq ini:

Pernyataan bahwa kita berlindung pada Allah Tuhan yang menguasai waktu subuh

Dari kejahatan sekalian mahluk ciptaannya yang ada dilangit dan bumi yang terlihat maupun tidak terlihat, yang kita ketahui maupun tidak kita ketahui

Dari berbagai kejahatan yang datang dimalam hari yang gelap gulita , seperti perampokan , pembunuhan, pencurian, kejahatan sihir, tenung , zinah, mabuk mabukan dan lain sebagainya

Dari kejahatan para tukang sihir dan tenung yang melancarkan sihirnya seperti guna guna, santet, pelet, berbagai penyakit non medis, penutup rezeki , penghalang jodoh dan lain sebagainya

Dari kejahatan orang yang dengki dan hasud yang melancarkan berbagai  fitnah dan mengancam keselamatan diri kita.

Allah memerintahkan kita untuk banyak membaca surat Al falaq ini agar terpelihara dari berbagai kejahatan yang mungkin mendatangi kita secara tidak terduga.  Awal surat dimulai  dengan kalimat “Qul….” katakanlah yang merupakan kalimat perintah. Namun sayang banyak diantara kita yang lalai dan tidak melaksanakan perintah ini.

Pada dasarnya kehidupan dunia ini merupakan kegelapan yang penuh dengan jebakan dan tipu daya, Al Qur’an merupakan cahaya yang menerangi sehingga kita bisa berjalan dengan aman dan selamat dari berbagai ancaman bahaya dan jebakan yang muncul. Shalat yang dilakukan dengan benar dan khusuk juga merupakan sistim proteksi yang melindungi kita dari berbagai bahaya dan jebakan yang muncul.

Jika kita membaca surat Al Falaq ini dengan khusuk dan sungguh sungguh kemudian metadabburi ayat ayatnya hingga kita rasakan getaran energi yang menyertai bacaan tersebut, insya Allah kita akan mendapatkan proteksi dan perlindungan dari 4 perkara yang kita mintakan didalam  tadabbur tersebut.

Pertama:

Mendapat perlindungan dari berbagai kejahatan dan kemudharatan yang ditimbulkan oleh mahluk ciptaan Allah yang ada dilangit dan bumi, yang kita ketahui maupun tidak kita ketahui yang terlihat maupun tidak terlihat. Bermacam macam mahluk Allah yang bisa menimbulkan kesulitan pada kita seperti virus dan kuman penyakit yang ada disekitar kita, mahluk supranutural seperti Jin, genderuwo , siluman yang tidak bisa kita lihat dan ketahui keberadaannya. Binatang buas dan orang yang berniat jahat seperti pencuri, perampok, pembunuh yang dapat mengancam keselamatan kita.

Kita banyak mendengar kisah orang yang tiba tiba mengalami gangguan penyakit ganas yang sulit disembuhkan seperti tumor otak, kanker yang meyerang organ vital pada tubuh. Ada orang yang terkena sihir dan gangguan mahluk halus sehingga menderita sakit berkepanjangan yang tidak bisa dideteksi dan disembuhkan secara medis. Ada orang yang diterkam binatang buas , mengalami perampokan dan pembunuhan sadis . Insya Allah dengan rajin membaca dan mentadabburi surat Al Falaq ini kita bisa terpelihara dari semua itu.

Kedua

Mendapat perlindungan dari berbagai kejahatan yang muncul dimalam hari. Para perampok, pencuri dan tukang sihir biasanya beroperasi pada malam hari. Kita banyak membaca berita tentang rumah yang dirampok atau dimasuki pencuri  dan orang yang dibunuh ketika sedang tidur.  Kegiatan judi, mabuk mabukan, zinah dan lain sebagainya juga biasanya dilakukan pada malam hari. Insya Allah kita bisa melalui malam hari dengan aman , nyaman dan tidur dengan pulas dibawah naungan Allah yang melindungi.

Ketiga

Dizaman modern ini ternyata masih banyak orang yang menggunakan jasa tukang sihir dan tukang tenung untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Menyingkirkan pesaing bisnis atau profesi , mendatangkan penyakit bahkan sampai membunuh pesaingnya dengan menggunakan kekuatan sihir dan tenung masih banyak dilakukan orang. Kejahatan dengan sihir dan tenung ini merupakan kejahatan yang sulit dilacak dan dituntut secara hukum, karena itu banyak orang yang menggunakan jasa tukang sihir tersebut untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.

Sihir dan tenung diakui keberadaannya didalam al Qur’an , karena itu Allah juga menyiapkan benteng dan perlindungan bagi orang yang beriman dari gangguan dan bahaya kekuatan sihir dan tenung ini. Kami banyak menerima keluhan dari pembaca blog yang pada mulanya tidak percaya dengan adanya gangguan kekuatan supranatural ini. Namun setelah mereka mengalami sendiri mereka baru menyadari bahwa kekuatan itu memang ada.

Gangguan sihir yang banyak terjadi antara lain, dipersulit untuk mendapat jodoh, ditutup pintu rezekinya, selalu mengalami kesialan, sering bingung dan linglung sehingga tidak bisa bekerja dengan baik, sering mendengar bisikan dan dorongan untuk melakukan hal yang buruk dan tercela,sering terjadi kemelut dan kekacauan dalam rumah tangga, terkena pengaruh pelet dan lain sebagainya. Semua itu adalah gangguan dari syetan golongan jin yang dikirim dan diutus oleh tukang sihir untuk merusak dan mengganggu target sasarannya. Insya Allah dengan membiasakan membaca dan mentadabburi surat al falaq ini kita terpelihara dari semua kejahatan tersebut.

Keempat.

 Dengki dan hasud adalah penyakit yang banyak menghinggapi hati manusia, senang melihat orang susah dan susah melihat orang senang. Penyakit inilah yang menyebabkan Iblis terusir dari syurga, ia dengki dan hasud pada Adam hinga tidak mau sujud ketika diperintahkan sujud pada Adam. Ia merasa lebih mulia karena ia diciptakan dari api sedangkan  Adam diciptakan dari tanah. Orang yang dengki dan hasud seringkali merasa tidak senang dan  ridho ketika teman atau pesaingnya mendapat sukses dan kebahagiaan. Ia ingin menlenyapkan dan menghancurkan kesuksesan dan  kebahagiaan yang didapat oleh temannya itu. Ia ingin yang sukses dan bahagia hanyalah dirinya saja.

Tanpa disadari kadangkala kita sering mendapat fitnah, dan gangguan dari orang yang dengki pada kita. Kedengkian ini bisa dinyatakan secara terang terangan , bisa juga secara sembunyi sembunyi. Orang yang dengki akan melancarkan berbagai fitnah untuk menghancurkan karir dan usaha yang kita jalani. Kadangkala mereka tidak segan segan mengguanakan jasa dukun atau paranormal untuk menghancurkan karir, usaha atau bisnis yang kita jalani. Insya allah dengan membiasakan diri membaca surat Al Falaq dan tadabburnya ini kita terpelihara dari ancaman dan gangguan orang yang dengki itu.

Walaupun bagaimana mencegah adalah jauh lebih baik daripada mengobati. Mengobati orang yang terkena sihir, fitnah, bencana, dan berbagai kesulitan jauh lebih sulit dari pada mencegah terjadinya semua itu. Dibutuhkan energi dan usaha yang lebih kuat untuk mengobati semua gangguan itu dibandingkan dengan mencegahnya.

https://artikelsmua21.blogspot.com