Inilah Manfaat Sujud Saat Shalat bagi Kesehatan

Rabu, 5 Desember 2018 | 09:04:11

Inilah Manfaat Sujud Saat Shalat bagi Kesehatan

 

gomuslim.co.id- Rutinitas shalat lima kali dalam sehari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya baik bagi kesehatan tulang punggung. Pada sebuah penelitian membuktikan bahwa shalat dapat memperbaiki postur tulang jika dilakukan dengan benar.

Seperti dilansir dari publikasi Ilmfeed, para peneliti menggunakan model komputer yang terdiri dari posisi-posisi shalat. Mereka kemudian menganalisis gerakan dan pose-pose tersebut dan menghubungkannya dengan keluhan sakit punggung. Berdasarkan hasil analisis, posisi sujud ternyata dinilai meningkatkan elastisitas sendi. Jika dilakukan sekali saja sehari, manfaatnya bisa terasa langsung. Apalagi jika dilakukan lebih sering.

Selain itu, peneliti yang juga menulis laporan Prof. Khasawneh mengatakan efek gerakan tubuh pada kesehatan ini mirip seperti yoga atau terapi fisik. "Lebih jauh, penelitian mengindikasi ada hubungan kuat antara shalat dengan gaya hidup sehat," ujarnya.

Jika gerakan shalat dilakukan dengan benar maka kesehatan fisik akan terjaga. Ini akan berpengaruh pada hal lainnya, seperti ekonomi, sosial, gaya hidup hingga faktor-faktor religius.

“Shalat bisa menghapuskan tekanan fisik, stres hingga kecemasan. Kebiasaan shalat juga bisa mengefektifkan perawatanan klinis pada pasien dengan disfungsi syaraf atau otot,” tambah Prof. Khasawneh.

Sementara, dari sisi religius, gerakan sujud ini sudah diajarkan sejak ribuan tahun lalu. Sujud merupakan tanda bahwa seseorang beribadah pada Tuhan Allah Yang Maha Esa.

Gerakan sujud dalam salat tergolong unik. Falsafahnya adalah manusia menundukkan diri serendah-rendahnya, bahkan lebih rendah dari pantatnya sendiri. Dari sudut pandang ilmu psikoneuroimunologi (ilmu mengenai kekebalan tubuh dari sudut pandang psikologis) yang didalami Prof Sholeh, gerakan ini mengantar manusia pada derajat setinggi-tingginya.

Karena, dengan melakukan gerakan sujud secara rutin, pembuluh darah di otak terlatih untuk menerima banyak pasokan darah. Pada saat sujud, posisi jantung berada di atas kepala yamg memungkinkan darah mengalir maksimal ke otak. Itu artinya, otak mendapatkan pasokan darah kaya oksigen yang memacu kerja sel-selnya. Dengan kata lain, sujud yang tumakninah dan kontinyu dapat memacu kecerdasan seseorang. (nat/ilmfeed/dbs/foto:jejakimani)

https://www.gomuslim.co.id