Inilah 8 Perkara yang Pahalanya Berlipat Ganda

Kamis, 15 Februari 2018 | 08:52:54

Inilah 8 Perkara yang Pahalanya Berlipat Ganda

 

 

Setiap kebaikan yang dilakukan oleh seorang manusia tentunya akan mendapatkan balasan berupa pahala dari Allah SWT. Hanya saja kadarnya tentu merupakan urusan Allah SWT.

Namun ternyata dalam beberapa hadits disebutkan bahwa ada beberapa perkara yang jika dilakukan maka pelakunya akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Bukan hanya dua kali lipat namun berkali-kali lipat.

Inilah 8 Perkara yang Pahalanya Berlipat Ganda

Meski demikian ternyata tidak banyak orang yang mengetahuinya. Padahal diantaranya merupakan amalan-amalan ringan yang mudah dilakukan. Lantas apa sajakah perkara yang pahalanya berlipat ganda tersebut ? Penasaran ? Berikut ulasan selengkapnya.

Perkara-perkara ini disebut dengan "Al-A'maal Al-Mudha'afah" yaitu amalan-amalan yang pahalanya berlipat ganda. Namun tidak semua orang mengetahuinya.

1. Shalat berjamaah

Shalat merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh setiap Muslim diseluruh dunia. Namun apabila dalam melaksanakan shalat dilakukan dengan berjamaah maka pahala yang akan diperoleh akan berlipat ganda menjadi 27 kali lipat bila dibandingkan dengan salat sendirian.

Sebagaimana disebutkan dari Umar Ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Shalat berjamaah lebih afdhal daripada shalat sendirian sebanyak 27 kali lipat." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Berhias dengan beberapa adab pada hari Jum’at

Sebagaimana kita ketahui bahwa hari Jumat merupakan hari yang sangat mulia bagi umat Islam. Sebab pada hari tersebut diwajibkan shalat Jumat bagi seluruh laki-laki muslim yang telah wajib. Namun ternyata dalam sebuah riwayat hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda bahwa siapa saja yang mandi janabat pada hari Jumat kemudian ia berangkat di awal waktu dan mendapatkan khutbah pertama serta berjalan kaki dan tidak naik kendaraan, lalu mendekat dengan imam, serta mendengarkan khutbah dan tidak berbicara maka baginya setiap langkahnya adalah bagaikan amalan setahun dari pahala puasa dan shalat tarawihnya.

3. Shalat Dhuha

Perkara berikutnya yang pahala berlipat ganda adalah dengan melakukan salat dhuha. Dimana dalam semua gerakan yang dilakukan saat salat dhuha dianggap sebagai sedekah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW bahwa,

“Bila masuk waktu pagi maka setiap jari-jari tangan kamu ada kewajiban shadaqah, lalu setiap (bacaan) tasbih adalah shadaqah, tahmid adalah shadaqah, tahlil adalah shadaqah, takbir adalah shadaqah, amar ma’ruf adalah shadaqah, nahi mungkar adalah shadaqah, dan cukup dari itu semuanya dengan shalat dua raka’at waktu Dhuha.” (HR. Muslim).

4. Shalat setelah terbitnya matahari

Perkara selanjutnya yang juga pahalanya berlipat ganda adalah shalat setelah terbitnya matahari. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW bahwa,

“Barangsiapa shalat subuh dengan berjama’ah kemudian ia duduk sambil berdzikir kepada Allah sampai terbitnya matahari lalu shalat dua raka’at maka baginya seperti ibadah haji dan umrah yang sempurna, yang sempurna, yang sempurna.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan oleh Albani).

5. Menghadiri majelis ilmu

Seseorang yang menghadiri majelis ilmu dengan tujuan untuk mencari ilmu dan beribadah, maka Allah SWT akan memudahkan baginya jalan menuju surga. Dan bukan hanya itu saja, sebab ia juga akan mendapatkan pahala seperti orang yang melakukan haji dengan sempurna.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda bahwa,

"Barangsiapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah memudahkan untuknya jalan menuju Surga." (HR Muslim)

"Barangsiapa yang berangkat ke masjid dia tidak menginginkan kecuali untuk belajar sesuatu kebaikan atau mengajarinya maka baginya adalah seperti pahala orang yang beribadah haji dengan sempurna." (HR. Ath-Thabrani dan dishahihkan oleh Albani)

6. Puasa Ramadhan dan enam hari di Bulan Syawwal setelahnya

Melaksanakan puasa dibulan Ramadhan merupakan sebuah kewajiban bagi setiap orang-orang yang beriman. Dimana Allah SWT membukakan pintu ampunanNya yang terbesar bagi setiap hambaNya yang berpuasa. Dan apabila setelah itu ia kemudian melaksanakan puasa enam hari di bulan Syawwal maka Allah SWT pun akan memberikan pahala seperti orang yang berpuasa selama setahun. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

7. Memberi makanan untuk berbuka puasa bagi orang-orang yang berpuasa

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda bahwa, “Barangsiapa yang memberikan makanan untuk berbuka puasa bagi orang yang berpuasa maka baginya seperti pahalaya tanpa dikurangi sedikitpun dari pahala orang yang berpuasa itu.” (HR. at-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

8. Mempergunakan waktu dengan baik

Seorang muslim hendaknya bisa mempergunakan dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk beribadah kepada Allah SWT. Sehingga setiap waktu yang dimiliki bisa digunakan untuk meraih pahala dari Allah SWT dan bukan justru melalaikannya agar kita tidak termasuk orang-orang yang merugi di akhirat kelak. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW bahwa,

“Dua nikmat yang (sering) dilupakan oleh kebanyakan orang, yaitu: kesehatan dan kekosongan (waktu).” (HR. Bukhari)

Demikianlah ulasan mengenai 8 perkara yang pahalanya berlipat ganda. Sebenarnya masih ada amalan lainnya yang pahalanya juga berlipat ganda. Namun sebagai seorang Muslim sudah seharusnya kita berusaha untuk selalu melakukan amalan-amalan shaleh, Dengan demikian semoga Allah SWT berkenan menjadikan orang-orang yang berhak berada di dalam surga-Nya. Amiin

OLEH GUSNAWATI JAMARIS

http://www.palingyunik.com