Ini 4 Manfaat jika Rutin Minum Jus Seledri

Jumat, 26 April 2019 | 13:46:12

Ini 4 Manfaat jika Rutin Minum Jus Seledri

 

 

DokterSehat.Com– Seberapa sering Anda mengonsumsi jus dari seledri? Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa seledri adalah salah satu bahan makanan yang super sehat untuk dijadikan jus, ya?

Biasanya, jus seledri terkenal akan manfaatnya untuk menurunkan tekanan darah. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada berbagai manfaat lain yang akan kita rasakan jika rutin mengonsumsi jus seledri?

Ya, ternyata jus seledri memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Penasaran apa saja manfaat dan kandungan gizi daun seledri untuk tubuh? Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

Kandungan gizi pada daun seledri

daun-seledri-doktersehat

Meskipun ukurannya kecil, daun seledri memiliki beberapa kandungan unggulan, diantaranya:

Kandungan antioksidan yang tinggi, utamanya jenis senyawa fenolik dan flavonoid

Kandungan zat ethanol dan metanol

Tinggi kandungan vitamin C, K, kalium, asam folat, dan vitamin B6, serta

Kandungan cairan yang tinggi

Selain kandungan zat dan gizi, daun seledri terbukti memiliki aroma khas yang bisa memberikan rasa segar dan rileks dalam tubuh.

Manfaat rutin mengonsumsi jus seledri untuk tubuh

doktersehat-seledri-untuk-kesehatan-kulit

Kombinasi kandungan unggulan tersebut, kemudian dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, utamanya jika seledri di jus.

Beberapa manfaat rutin mengonsumsi jus seledri diantaranya adalah:

1. Mengurangi peradangan dalam tubuh

Rutin mengonsumsi jus seledri bisa memberikan manfaat berupa pengurangan peradangan dalam tubuh.

Peradangan dalam sel-sel tubuh menjadi tinggi risikonya dengan adanya paparan radikal bebas dari lingkungan.

tubuh-menyembuhkan-diri-sendiri-doktersehat

Kanudungan zat antioksidan, utamanya jenis flavonoid yang tinggi dalam seledri, terbukti mampu melawan dan mencegah terjadinya peradangan dalam sel dan DNA dalam tubuh.

Sehingga konsumsi rutin mengonsumsi jus seledri bisa memberikan manfaat berupa tubuh menjadi lebih optimal dan mudah kembali prima jika sedang kurang fit.

2. Menekan terjadinya stres oksidatif pada tubuh

Selain peradangan pada sel dan DNA tubuh, paparan radikal bebas dan asupan zat berbahaya dalam tubuh juga dapat memberikan dampak pada tubuh berupa terjadinya stres oksidatif.

Stres oksidatif adalah kondisi yang akan meningkatkan risiko penyakit degeneratif, misalnya stroke, kanker dan penyakit jantung koroner.

Kandungan antioksidan flavonoid dan vitamin C pada jus seledri terbukti mampu memberikan manfaat pencegahan dan melawan kondisi stres oksidatif pada tubuh dengan cukup baik.

3. Menjaga kesehatan jantung dan ginjal

Kombinasi kandungan gizi yang ada pada jus seledri, terbukti mampu memberikan manfaat untuk kesehatan jantung dan ginjal.

Hal ini disebabkan, kandungan pada jus seledri bisa memberikan asupan antioksidan dan cairan alami yang mudah serap oleh tubuh.

Kondisi ini juga dibuktikan pada suatu studi di tahun 2014 yang menyebutkan bahwa berbagai jenis antioksidan pada seledri bisa memberikan manfaat preventif penyakit, bagi organ jantung, hati dan ginjal.

4. Jus seledri mampu mencegah kanker

Suatu studi menyebutkan bahwa konsumsi jus seledri bisa memberikan manfaat penyembuhan yang baik untuk pasien kanker yang melakukan kemoterapi.

Hal ini tentu bisa memberikan manfaat yang baik untuk tubuh berupa pencegahan terhadap kanker, didukung dengan kandungan zat antioksidan yang tinggi, lengkap, dan mudah serap pada jus seledri.

5. Menurunkan tekanan darah

Kombinasi kandungan zat yang ada pada bagian daun, batang, dan biji seledri, memiliki sifat antihipertensi yang baik untuk memperbaiki fungsi kerja dinding arteri dalam pembuluh darah.

Hal ini kemudian menyebabkan tekanan darah lebih terkontrol dan tubuh menjadi terhindar dari dari tekanan darah tinggi.

https://doktersehat.com