Hidup Sehat Ala Rasulullah #1- Keajaiban Zikir Sebagai Penangkal Stres

Selasa, 25 September 2018 | 09:22:07

Hidup Sehat Ala Rasulullah #1- Keajaiban Zikir Sebagai Penangkal Stres

 

Hidup Sehat ala Rasulullah

Dzikir atau mengucapkan kata-kata pujian yang mengingat kebesaran Allah SWT, merupakan amalan istimewa Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Ibnu al-Qoyyim Rahimahullah mengatakan bahwa dzikir memiliki 73 manfaat, yang salah satunya adalah bisa menenangkan hati.

Hati yang tenang dapat menghindarkan kita dari gejala stres. Hal ini dijelaskan dalam firman Allah SWT, “Ingatlah, hanya dengan dzikir (ingat pada Allah) maka hati akan tenang.” (QS. Ar-Ra’ad: 28)

Gejala-gejala stres mencakup mental, sosial, dan fisik. Hal ini meliputi kelelahan, kehilangan atau meningkatnya nafsu makan, sakit kepala, sering menangis, sulit tidur atau malah tidur berlebihan. Mengonsumsi alkohol, narkoba, atau menunjukkan perilaku kompulsif (sifatnya memaksakan kehendak), merupakan indikasi-indikasi dari gejala stres.

Perasaan was-was, frustasi, atau kelesuan dapat muncul bersamaan dengan stres. Dampak stres juga dapat menimbulkan berbagai penyakit, diantaranya yaitu tekanan darah tinggi (hipertensi), dan jantung.

Menurut Imam Ghazali, jika kita dihadapkan pada gejala-gejala stres di atas. Kuncinya adalah dengan memperbanyak dzikir kepada Allah. Selain itu, kita juga harus memperbanyak berpuasa sunnah serta rajin melakukan salat sunnah, dan salat malam (tahajud).

Di samping itu, usai salat, kita juga harus disempatkan membaca banyak kalimat tahlil (dua kalimat syahadad), istighfar, tasbih, takbir, tahmid, do’a, serta membaca ayat suci Al- Qur’an.

Hidup Sehat ala Rasulullah

Buku Hidup Sehat ala Rasulullah. (Yes24.com)

Perlu diingat pula, bahwa kita perlu untuk selalu berfikir positif kepada Allah atas cobaan yang kita terima. Allah SWT tidak akan menguji umatnya di luar batas kemampuan umat tersebut.

Kita juga harus selalu mensyukuri setiap nikmat yang diberikan Allah sekecil apapun nikmat tersebut. Dengan bersyukur, Allah akan melipatgandakan nikmat-Nya kepada kita, dan bila kita kufur nikmat maka nikmat tersebut akan dijauhkan dari kita.

Imam Ghazali juga menerangkan bahwa sikap stres adalah salah satu bentuk kufur nikmat maka nikmat tersebut akan dijauhkan dari kita.

Imam Ghazali juga menerangkan bahwa sikap stres adalah salah satu bentuk kufur nikmat. Maka ketika seorang mengalami gejala stres, dia harus segera mendekatkan diri kembali pada Allah SWT.

Dengan memperbanyak dzikir, ketenangan hati dan pikiran akan tercipta. Semoga Allah tetap mencurahkan rahmat-Nya kepada kita semua, dan semoga kita terhindar dari penyakit batin (stres).

Sumber: Buku Hidup Sehat Ala Rasulullah (penulis Mukhibin)

http://mentari.online