Hidup Berkah dengan Puasa Daud

Jumat, 21 Juni 2019 | 10:12:01

Hidup Berkah dengan Puasa Daud

 

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, "Berpuasalah sehari dan berbukalah sehari karena yang demikian itu adalah seutama-utamanya puasa. Itulah puasa saudaraku, Daud AS."

Dalam hadis lain yang senada, Rasulullah mengemukakan, "Tidak ada puasa yang lebih utama dari puasa Daud. Puasa Daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa." (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam hadisnya yang lain, Rasulullah SAW menegaskan, "Puasa yang paling dicintai oleh Allah adalah puasa Daud. Beliau sehari puasa dan sehari tidak." (HR Ahmad).

Ketiga hadis di atas menyiratkan bahwa Nabi SAW sangat menganjurkan umatnya untuk melakukan puasa Daud. Meskipun, tentunya kalau tidak kuat, jangan dipaksakan. Buku yang ditulis oleh dai asal Palembang yang sudah bertahun-tahun melaksanakan puasa Daud ini mengupas keberkahan hidup luar biasa yang dipetik oleh mereka yang merutinkan puasa Daud dengan ikhlas karena Allah SWT.

Keberkahan itu tidak hanya terkait spiritual (ketenangan batin, kebahagiaan hati, dan keberuntungan hidup di akhirat), tapi juga terkait dengan berbagai kebaikan hidup di dunia (kesehatan, karier, rezeki, dan jalan keluar atas berbagai persoalan).

Penulis memulai bukunya dengan mengupas secara ringkas beberapa keutamaan dan keistimewaan puasa Daud, antara lain, terpelihara dari maksiat; tumbuhnya akhlak mulia; menerima pemberian Allah dengan lapang hati; serta berpikir positif, kreatif, dan inovatif. Keutamaan lainnya, menumbuhkan sifat hilm (emosi dapat ditahan dengan baik), menenteramkan jiwa, bertambah wibawa, serta mendatangkan rezeki yang tidak disangka-sangka.

Setelah itu penulis menjelaskan siapa Nabi Daud AS (bab II). Pada bab III penulis membahas tentang puasa Daud (pengertian puasa Daud, kedudukan dan keutamaan puasa Daud, anjuran Nabi Muhammad untuk puasa Daud, niat puasa Daud, dan persiapan untuk puasa Daud).

Setelah itu penulis membahas korelasi puasa Daud dan kesehatan (bab IV)  dan  kehebatan puasa Daud (bab V). Penulis menguraikan puasa itu sangat baik untuk kesehatan, baik kesehatan fisik, kesehatan psikis, serta berdampak besar terhadap kesuksesan hidup seseorang.

Dalam pembahasan hikmah puasa, khususnya puasa Daud, bagi kesehatan, penulis tidak hanya mengutip para ahli kesehatan dan kedokteran dari Timur Tengah (Islam), juga dari berbagai negara di Barat. Misalnya, Allan Cott MD (Amerika Serikat), Yuri Nikolayev (Rusia), Alvenia M Fulton (AS), Elson M Haas MD (Amerika Serikat), Muhammad Munid, dan kawan-kawan (Turki).

Tak lupa penulis menyajikan kisah keajaiban dan kedahsyatan puasa Daud (bab VI0). Kemudian penulis menutup bukunya dengan amalan dan ijazah puasa Daud.

Buku ini sangat perlu dibaca oleh setiap Muslim agar mengetahui rahasia besar yang terkandung dalam ibadah puasa Daud. Tak hanya sampai di situ. Tentunya lebih utama lagi kalau kemudian kaum Muslimin berlomba-lomba menjadikan puasa Daud sebagai pakaian sehari-hari mereka.

Seperti ditegaskan penulis dalam pengantar buku ini. "Sudah saatnya puasa sunah Daud dipahami dan diamalkan dengan pola outbound ruhaniah. Sehingga, hasilnya benar-benar optimal, yakni melahirkan manusia mulia, tidak mengeluh, dan tidak putus asa untuk terus berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi umat manusia." n irwan kelana ed: hafidz muftisany

 

Judul: Hebatnya Puasa Daud

Penulis:  Al-Ustadz H Hendra Zainuddin MPdI

Penerbit: Almawardi Prima

https://www.republika.co.id