Fakta Ilmiah AlQuran: Ayat Biologi Sampai Big Bang Theory

Kamis, 19 Oktober 2017 | 08:54:35

Fakta Ilmiah AlQuran: Ayat Biologi Sampai Big Bang Theory

Semakin dikaji al-Quran semakin membuktikan kebenarannya, banyak fakta ilmiah alQuran yang bisa dibuktikan dari mulai ayat biologi, ayat medis bahkan teori big bang dan fenomena black hole disebutkan al-Quran. Tak kenal maka tak sayang, ungkapan ini adalah gambaran kita yang awam dengan alQuran. Karena mungkin kebanyakan dari kita mengenal al-Quran hanya sebatas bacaan belum sampai mengkaji, menghayati atau lebih jauhnya mengamalkan. Betapa tidak sebenarnya banyak jawaban dari hidup dan kehidupan sudah disediakan alQuran. AlQuran ternyata tidak hanya membahas agama secara sempit dari segi aqidah dan syariah saja. Namun lebih jauh alQuran juga adalah sumber ilmu pengetahuan yang mendorong lahirnya teori-teori ilmiah di masa mendatang. Bahkan dapat dikatakan alQuran yang lahir 15 abad lalu sudah memegang kunci pengetahuan yang ilmuan saat inipun belum mampu pecahkan. Fakta ilmiah alQuran ini jelas menepis pandangan kaum sekuler yang beranggapan agama harus dipisahkan dari kehidupan ipoleksosbudhankam (ilmu pengetahuan, politik, sosial ekonomi, budaya, dan pertahanan keamanan). Bahkan kalau tidak salah seorang Albert Einstein pun berkata “Ilmu pengetahuan tanpa agama pincang, Agama tanpa ilmu pengetahuan buta”.

Berikut adalah beberapa bukti fakta ilmiah alQuran dari ayat biologi sampai teori big bang yang saya kumpulkan dari berbagai sumber:

1. Ayat tentang Syaraf Penerima Rasa Sakit di Kulit

Dulu ilmuan berpendapat bahwa penerima rasa sakit hanya berada pada otak. Namun penemuan terbaru menyatakan bahwa sebenarnya terdapat syaraf penerima rasa sakit di kulit. Prof. Tagatat Tejasen, Chairman dari Department of Anatomy di Chiang Mai University Thailand telah melakukan penelitian mengenai penerima rasa sakit. Awalnya dia tidak percaya dengan alQuran. Tapi kemudian dia memverifikasi keakuratan ayat Quran ini dan mengumumkannya pada Saudi Medical Conference di Riyadh. Baca juga Fakta medis Al-Quran

Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (An-Nisa :56)

2. Ayat tentang Cerebrum (Ubun-ubun di Otak)

Bagian depan otak (ubun-ubun) bertanggung jawab dalam perencanaan, motivasi, niat baik dan perbuatan buruk (dosa). Maka dapat disimpulkan jika seseorang berbohong atau berbuat dosa, bagian inilah yang memiliki peranan.

Ketahuilah, sungguh jika dia tidak berhenti (berbuat demikian) niscaya Kami tarik ubun-ubunnya (al-Alaq:15)

3. Ayat tentang Menstruasi

Selama masa menstruai, perubahan dalam ruang kosong di dalam rahim hanya dapat diidentifikasi oleh pemeriksaan anatomis atau ginekologi. Pada awal masa menstruasi, lendir pada dinding rahim (lapisan endometrium ) tebalnya 0,5 mm. Di bawah pengaruh hormon yang disekresi oleh telur, lapisan ini tumbuh dan mencapai ketebalan 5-6 mm. Lapisan ini kemudian dibuang karena tidak adanya pembuahan. Seperti yang kita lihat dari ayat di bawah, pertambahan dan pengurangan bulanan dinding rahim sudah ditunjukkan dan dijelaskan dalam Al Qur’an.

Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, dan kandungan rahim yang kurang sempurna dan yang bertambah. Dan segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya. (Ar-Ra’d:8)

4. Manusia Diciptakan dari Elemen yang Sama dengan Tanah

Ketika tubuh manusia diperiksa di jaman modern ini, ternyata ditemukan bahwa banyak unsur tanah juga dapat ditemukan di dalam tubuh. Jaringan hidup tubuh mengandung 95% karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, fosfor dan belerang, dengan total 26 elemen yang berbeda lainnya, Subhanallah.

(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: “Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah”. Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya roh (ciptaan)Ku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya” (Shaad:71~72)

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah (al-Mu’minun:12)

5. Janin Dilindungi Tiga Lapis Kegelapan (Pelindung)

Menurut Prof Keith Moore, tiga lapis pelindung janin dalam Al Qur’an merujuk kepada: dinding anterior abdomen ibu, dinding rahim, membran amnio-chorionic.

Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan (Az-Zumar:6)

6. Ayat tentang Kandungan Air pada Tubuh Manusia

Bayi yang lahir baik laki-laki atau perempuan mengandung air sekitar 78 persen. Seiring dengan pertambahan usia terjadi perubahan dramatis kandungan air dalam tubuh laki-laki dewasa sekitar 60 persen dan perempuan biasanya air 55 persen.

Dan Dia (pula) yang menciptakan manusia dari air lalu dia jadikan manusia itu (punya) keturunan dan mushaharah dan adalah Tuhanmu Maha Kuasa.(Al-Furqan:54)

7. Gunung Sebagai Pasak

Menurut Ahli geologi (baca juga: Pendapat Ahli tentang Fakta Ilmiah Al-Quran) dikatakan bahwa radius jari-jari bumi sekita 6.035 KM, dan kerak bumi di mana kita hidup sangat

tipis, berkisar antara 2 sampai 35 km. Karena kerak bumi tipis, maka memiliki kemungkinan tinggi untuk bergetar/ gempa. Pegunungan bertindak sebagai pasak seperti pasak tenda yang memegang kerak bumi dan memberikan kestabilan pada bumi.

Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan? dan gunung-gunung sebagai pasak? (An-Naba:6~7)

8. Ayat Teori Nebula dalam AlQuran

Anda mungkin pernah mendengar tentang teori nebula? Ya teori yang menyatakan bahwa awal terjadinya bumi dan planet-planet berasal dari debu (mist, bahasa latinnya nebula atau bahasa Sundanya “kebul” ). Beberapa nebula terbentuk sebagai hasil dari ledakan supernova, kehancuran bintang besar berumur pendek. Sisa-sisa ledakan supernova kemudian diyakini membentuk planet dan objek tata surya.

Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: “Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa”. Keduanya menjawab: “Kami datang dengan suka hati”. Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui (Fushilat:11~12)

Maka apabila langit telah terbelah dan menjadi merah mawar seperti (kilapan) minyak.(Ar-Rahman:37)

Fakta Ilmiah AlQuran: Ayat Biologi Sampai Big Bang Theory

9. Teori Big Bang dalam Al-Quran (Ledakan Besar)

Teori big bang menyatakan bahwa keseluruhan semesta berasal dari satu “benda” besar, padat yang meledak. Semua materi, cahaya dan energi berasal dari ledakan itu. Ukuran alam semesta meningkat karena ledakan besar memperluas volumenya. Teorinya adalah bahwa dari alam semesta yang mengembang, berarti alam semesta secara keseluruhan sedang berkembang, bukannya alam semesta statis yang berarti hal itu berkembang menjadi sebuah ruang statis berukuran dan teratur. Big Bang Theory menunjukkan bahwa alam semesta masih berkembang bahkan sampai saat ini dan masih melakukannya dan semakin mempercepat lajunya. Para astronom menganggap bahwa pergerakan ini dibantu oleh “medan skalar” yang memaksa segala sesuatu jauh dari titik awal Big Bang mirip dengan bentuk riak air yang berkembang.

Namun, para ahli juga percaya bahwa suatu saat akan datang ketika seluruh alam semesta mencapai titik jenuh. Yaitu ketika gravitasi yang diberikan oleh semua materi di alam semesta melebihi energi medan skalar tersebut. Saat ini terjadi, pergerakan semesta akan berhenti sama sekali dan seluruh proses akan mundur sampai semuanya kental sekali lagi dalam satu lubang hitam besar. Sederhananya, para astronom percaya bahwa alam semesta pada akhirnya akan runtuh dengan sendirinya sampai tidak ada yang tersisa (Qiyamah).

Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?(Al-Anbiya:30)

Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa (memperluasnya) (Ad-Dzariyat:47)

pada hari Kami gulung langit sebagai menggulung lembaran-lembaran kertas. Sebagaimana Kami telah memulai panciptaan pertama begitulah Kami akan mengulanginya. Itulah suatu janji yang pasti Kami tepati; sesungguhnya Kamilah yang akan melaksanakannya. (Al-Anbiya:104)

Masih banyak sebenarnya ayat ilmiah lainnya, namun karena hari sudah petang saya sudahi dulu. Insya Allah kalo ada kesempatan saya update lagi. Selain fakta ilmiah alQuran di atas silahkan baca juga fakta menarik alQuran tentang misteri kesamaan jumlah penyebutan ayat dengan angka-angka menarik yang memiliki arti yang patut kita renungi; dan artikel menarik lainnya yang serupa yaitu fakta menarik alQuran detail kandungan surah dan keajaibannya. Mudah-mudahan artikel ini dapat menjadi tambahan ilmu yang bermanfaat dan dapat semakin menguatkan keimanan dan keyakinan kita kepada Allah SWT dan Kitab-Nya. Ammiin…

 

http://blog.finderonly.net/2013