Ciri Ciri Keluarga Sakinah mawaddah Warahmah

Kamis, 9 November 2017 | 14:00:17

Ciri Ciri Keluarga Sakinah mawaddah Warahmah

Keluarga samawa atau juga biasa disebut dengan keluarga Sakinah mawaddah Warahmah ialah keluarga yang paling diidam-idamkan oleh semua pasangan yang menikah.

Keluarga ini tentu saja diinginkan semua orang karena sebuah keluarga yang masuk dalam sebuah keluarga yang sakinah mawaddah dan warahmah tentu saja menjadi sebuah keluarga yang bahagia dunia maupun akhirat.

Ciri-Ciri Keluarga Sakinah mawaddah Warahmah

Dalam Islam, hal tersebut ada dalam Al-Quran surah Ar-Rum ayat 21. Adanya ayat ini tentu saja membuktikan jika urusan pernikahan pun memiliki pedoman yang sahih dan bisa harus diaplikasikan dalam kehidupan, dan siapa pun yang mengamalkannya, tentu saja keluarga yang diridhai oleh Allah pun akan terwujud.

Pembahasan yang ada dalam Al-Quran tersebut ialah arti keluarga samawa yang mana sebuah keluarga samawa artinya ialah keluarga yang memiliki rasa cinta, kasih dan sayang sehingga menciptakan ketenteraman bagi semua anggota keluarganya.

Kemudian, apa sajakah ciri-ciri yang diperlihatkan? Berikut ini ulasan singkatnya untuk anda.

Ciri-Ciri Keluarga Sakinah mawaddah Warahmah

Yang paling menonjol dalam hal ini ialah keluarga tersebut tentunya sangat religius. Anggota keluarga akan melakukan hal yang memang diajarkan dalam Islam. Di sini, agama menjadi pilar yang sangat kuat dalam membangun keluarga. Kecenderungan terhadap agama ini bisa terlihat salah satunya dari sikap sang suami kepada istri dan sebaliknya.

Dalam sebuah keluarga sakinah mawaddah warahmah, sikap keduanya terlihat dari bagaimana mereka memperlakukan satu dengan yang lain. Sang suami tidak akan menganggap remeh pekerjaan sang istri di rumah.

Begitu pun sang istri yang akan berusaha menjadi yang terbaik di mata suaminya. Sang istri tentu akan selalu tampil dengan pakaian yang baik di hadapan suaminya bukan sebaliknya, sang istri akan berdandan rapi agar terlihat cantik di mata laki-laki lain.

Mengenai nafkah yang diberikan, sang suami tentu saja akan mencari nafkah yang halal sehingga makanan atau pun barang yang dibeli pun menjadi berkah untuk keluarganya.

Singkatnya, dengan sikap saling membutuhkan tersebut yang ditunjukkan oleh suami dan istri, keduanya akan mampu membuat sebuah keluarga yang sakinah mawaddah serta warahmah.

 

Penulis : Tim AA

https://www.keluargasamawa.com/