Buah Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya

Senin, 16 Juli 2018 | 09:06:30

Buah Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya

 

 

 

Dalam kehidupan sehari-hari, mengonsumsi buah dan sayuran merupakan kebutuhan tubuh yang tidak boleh dilewatkan. Menempati urutan ketiga dalam piramida makanan setelah kebutuhan air dan karbohidrat, porsi yang dibutuhkan agar tercapai gizi seimbang adalah 2 - 3 porsi sehari.

Itulah sebabnya buah dan sayuran kita wajib mengonsumsi buah dan sayuran.

Berikut ini adalah daftar beberapa jenis buah, beserta kandungan nutrisi dan manfaatnya:

1. Apel, buah ini memiliki rasa yang manis, namun berkadar gula sangat rendah. Meski tidak sebanyak jeruk, apel juga mengandung vitamin C. Kandungan quarcetin yang terdapat di dalamnya dipercaya memiliki kemampuan anti kanker. Sebuah penelitian menyebutkan dengan mengonsumsi buah apel dapat mengurangi resiko kanker paru-paru. Buah apel juga dipercaya dapat mengobati sembelit.

2. Pisang merupakan buah yang sangat mudah diperoleh, dan bukan buah musiman. Sumber vitamin B6 yang dibutuhkan untuk membuat serotonin dalam otak, yang berfungsi sebagai penahan rasa sakit, membuat relaks dan mengurangi ketegangan. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam pisang di antaranya adalah karbohidrat, karotin, vitamin C dan kalium.

3. Jeruk, buah ini kaya akan vitamin C. Bagi penderita tekanan darah tinggi dan kolesterol, buah ini juga layak dikonsumsi karena mengandung hesperidin, pectin dan magnesium. Dengan kandungan D-limonene-nya, jeruk sangat baik untuk mencegah kanker, sementara asam folat dapat membantu perkembangan otak, dan vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat merangsang produksi sel darah putih untuk meningkatkan sitem kekebalan tubuh.

4. Mangga, buah musiman ini juga merupakan sumber vitamin C yang kaya, sehingga dapat menjadi anti-oksidan yang melindungi kita dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Kandungan zat besinya dapat membantu menambah darah, kaliumnya dapat membantu menurunkan tekanan darah, sementara kandungan pectinnya menurunkan tingkat kolesterol.

5. Anggur, jika memakan buah anggur, sebaiknya kulitnya juga ikut dikonsumsi. Kenapa? Karena kandungan phytochemical pada kulit anggur yang disebut resveratrol terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung, anti kanker, anti bakteri dan anti oksidan. Buah anggur juga mengandung vitamin C, A, B (thiamin), E dan K (kalium).

6. Nanas, buah yang memiliki banyak mata ini kaya akan vitamin A dan C sebagai anti oksidan. Bromelain yang terkandung di dalamnya berkhasiat sebagai anti radang, membantu melunakkan makanan dalam lambung, serta menghambat sel kanker. Kandungan seratnya dapat membantu penderita sembelit.

7. Pepaya. Siapa yang tak mengenal buah pepaya? Buah ini kaya akan vitamin A, B, dan C. Juga kaya akan kalsium, potasium, karbohidrat, magnesium dan papain. Buah ini dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan, menghaluskan dan mengencangkan kulit, memperbanyak ASI. zat lycophene yang terkandung di dalamnya dapat membantu memerangi penyebaran sel kanker.

Dengan berbagai manfaat ini, tentunya buah akan selalu ada dalam daftar menu makanan sehari-hari. Sajikan buah dengan cantik agar menarik minat, terutama bagi anak-anak. Tentunya lebih baik lagi jika dikonsumsi bersama-sama anggota keluarga, kan?

Oleh Nutrisi Bangsa

http://www.sarihusada.co.id