Berdzikir Dalam Doa Asmaulhusna

Senin, 23 Oktober 2017 | 08:38:36

Berdzikir Dalam Doa Asmaulhusna

BISMILLAHIRROHMANIRROHIM

Allah yg telah menciptakan langit dan bumi dengan segala isinya ini mempunyai nama-nama yang baik. Nama-nama itu bukan hanya sekedar nama, tetapi nama-nama yang agung, nama itu di sebut "Asma'Ul husna". Yang kita tahu jumlahnya ada 99, yang apabila kita sebut nama-Nya dalam dzikir kita itu mempunyai pengaruh dan manfaat yang besar dalam hidup kita.

Karena di dalam dzikir itu memiliki nama-nama yang agung Allah Azza Wa Jalla. Dan kita di anjurkan berdoa di dalam Nama-Nya yang Agung. Sebagai mana Firman Allah yang artinya,

''Allah mempunyai asma ul husna (nama-nama yang agung yang sesuai dengan sifat-sifat Allah) maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asma'ul husna itu dan tinggalkan orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan." (Q.S Al A'raf : 180).

Kita di anjurkan untuk berdzikir dalam doa asma'ul husna bukan hanya sekedar berdoa dengan menghafalkan lafadz-lafadz-Nya. Akan tetapi akan lebih baik bila kita meresapi dalam hati dengan menghayati makna-maknanya yang terkandung di dalamnya. Inilah di antara nama-nama yang terkandung di dalam Asma ul Husna beserta arti dan keutamaan bila kita mengamalkannya. Dan Tentunya ini harus di sertai dengan ikhtiar, keyakinan, keikhlasan dan tawakal. Yang pasti Allahlah yang Maha Berkehendak dan hanya Dia yang Maha Mangetahui apa yang terbaik bagi hamba-hamba-Nya.

1. ALLAH

Nama ini adalah ismudz dzat yang mempunyai arti dari seluruh pengertian yang terkandung dalam seluruh nama-nama Allah. Lafadz "ALLAH" apabila di baca dengan mengucapkan "Yaa Allah" 500 kali setiap malam, terutama di pertiga malam atau selepas mengerjakan sholat sunnah dua rekaat, atau sehabis mengerjakan sholat hajat atau sholat tahajud, maka akan berpengaruh besar untuk mendorong keberhasilan semua yang di hajatkan.

2. AR RAHMAAN

Artinya: Maha Pengasih. Apabila kita baca "Yaa Rahmaan" sehabis sembahyang lima waktu 500 kali, maka hati kita akan menjadi terang, tenang dan sifat-sifat kelupaan dan kegugupan akan sirna dengan izin Allah.

3. AR RAHIIM

Artinya: Maha Penyayang. Bila di baca secara terus-menerus "Yaa Rahiim" 100 kali setiap hari, insya'Allah kita dapat mempunyai daya tarik yang besar sekali sehingga orang-orang merasa sayang dan mecintai kita.

4. AL MALIK

Artinya: Yang menguasai dan merajai segala-galanya. Agar pekerjaan yang telah kita lakukan sehari-hari itu mendatangkan berkah dan kekayaan yang di Redhoi Allah, maka usahakanlah untuk membaca "Yaa Maliku" 121 kali setiap pagi atau setelah tergelincirnya matahari. Dengan demikian kita telah menyerahkan segala daya dan upaya kepada Allah yang Maha Merajai segala-galanya.

5. AL QUDDUS

Artinya: Yang Maha Suci, yg bersih dari segala sifat kurang. Jika kita mengucapkan "Yaa Quddus" 100 kali setiap hari setelah tergelincir matahari, maka hati kita akan terjaga dari semua penyakit hati seperti sombong, iri hati, dengki, benci,dendam dan sebagainya.

6. AS SALAAM

Artinya: Dialah yg memegang keselamatan seluruh alam, dan Dialah yg Maha Selamat dari segala cacat dan kekurangan. Biasakanlah membaca ''Yaa Salaamu'' setiap hari 136 kali, insya'Allah jasmani dan rohani kita akan terjaga dari segala penyakit.

7. AL MUKMIN

Artinya: Dialah yang mengamankan seluruh mahluknya. Bacalah setiap hari ''Yaa Mukminu'' sebanyak 136x, maka dengan izin Allah diri kita, keluarga kita dan segala kekayaan kita akan terpelihara dan aman dari segala macam gangguan yang merusakkan.

8. AL MUHAIMIN

Artinya: Dialah yg memelihara dan mengamati semua mahluknya dengan seteliti-teliti nya. Bila kita membacanya ''Yaa Muhaiminu'' 145x sehabis sholat isya', maka pikiran dan hati kita menjadi terang, bersih dari segala keruwetan sehingga mudah menghafal pelajaran apapun.

9. AL AZIIZ

Artinya: Dialah yang Maha GagahPerkasa. Sehabis sholat shubuh selama 40 hari, bacalah ''Yaa Aziizu'' sebanyak 40x. Insya'Allah dengan pertolongan Allah hati kita menjadi orang yang mulya dan di segani.

10. AL JABBAR

Artinya: Dialah yang Maha Pemaksa, yang sanggup memaksa mahluknya menurut Kehendak-Nya. Bila di baca '' Yaa Jabbaaru'' tiap hari sebanyak 226x pagi dan sore, yakinlah semua musuh akan menjadi tunduk dan patuh atas izin Allah

11. Al MUTAKABBIR

Artinya: Dialah yang berhak mempunyai keagungan dan kesombongan. Bila kita baca ''Yaa Mutakabbiru'' setiap hari 662x dengan izin Allah kita akan menundukkan semua musuh, bahkan mereka akan menjadi pembantu yang setiap.

12. AL KHALIQ

Artinya: Dialah yang menciptakan segalanya. Bila ingin cerdas otaknya, maka bacalah ''Yaa Khaaliqu'' setiap hari sebanyak 731 x. Insya'Allah dengan amalan ini otak kita akan menjadi cerdas.

13. Al BAARII'

Artinya: Dialah yg merencanakan segala sesuatu sebelum terjadi. Kalau kita dalam kan atau dalam keadaant, bacalah ''Yaa Baariu'' 100x dalam tujuh hari berturut-turut. Insya'Allah kita akan terlepas dari kesukaran dan sembuh dari penyakit itu.

14. Al MUSHAWWIR

Artinya: Dialah yang menciptakan segala bentuk dan rupa. Seorang istri yang sudah sekian lama belum punya keturunan, maka ikhtiarlah dengan berpuasa 7 hari dari hari ahad sampai hari sabtu. Setiap akan berbuka puasa ambilah segelas air dengan di bacakan ''Yaa Mushawwiru'' 21x. Kemudian di minum untuk berbuka puasa. Bagi suaminyapun berbuat seperti itu hanya dengan berpua 3 hari. Kemudian jika akan mengadakan persetubuhan bacalah ''Yaa Mushawwiru'' 10x. Insya'Allah akan di karuniahi anak yang shalih dengan izin Allah

15. AL GHAFFAAR

Artinya: Dialah Yang Maha Pemberi Ampun. Sambil beri'tikaf (diam dalam mesjid dalam keadaan suci), bacalah ''Yaa Ghaffaaru'' 100x sambil menunggu sholat Jum'at, insya'Allah Tuhan akan mengampuni dosa-dosa kita.

16. AL QAHHAAR

Artinya: Dialah Yang Maha Memaksa kepada mahluk-Nya kepada yang Dia kehendaki. Bacalah ''Yaa Qahhaaru'' setiap hari 306x, maka hati kita akan di jaga dari ketamakan dan kemewahan dunia.

17. AL WAHHAAB

Artinya: Dialah Yang Maha Pemberi. Bila di baca ''Yaa Wahhabu'' 300x selesai sholat fardhu, insya'Allah segala kesempitan, kesulitan dalam soal apapun akan sirna dengan izin Allah.

18. AR RAZZAAQ

Artinya: Dialah Pemberi rezki kepada semua mahluk-Nya untuk kebutuhan hidupnya. Untuk memudahkann rezki yang halal dan membawa berkah, perbanyaklah membaca ''Yaa Razzaaqu'' sebanyak mungkin menurut kemampuan setiap habis sholat. Khususnya setelah sholat shubuh, insya'Allah rezki dengan mudah datang tanpa terduga-duga. Lakukanlah dengan di sertai ikhtiar lahir.

19. AL FATTAAH

Artinya: Dzat Yang Maha Pembuka dan mencurahkan rahmat-Nya kepada semua mahluk-Nya. Sehabis sholat shubuh bacalah 71x ''Yaa Fattaahu''. Insya'Allah hati kita akan di buka oleh Allah, sehingga mudah menerima nasehat agama.

20 AL 'AALim

Artinya Dialah Yang Maha Mengetahui segalanya. Bacalah ''Yaa Aalimu'' 100x setiap habis sholat maktubah, niscaya Allah akan memberi kema'rifatan hati dengan sempurna.

21. AL QAABIDLU

Artinya: Dialah yang menggenggam di dalam menyempitkan hidup dan mengurangi rezki seseorang. Bila di baca ''Yaa Qaabidlu'' setiap hari 100x, maka dirinya akan semaikn dekat dengan Allah dan terlepas dari segala macam ancaman.

22. AL BAASITHU

Artinya: Dialah yang memberi kelapangan rezki bagi mahluk-Nya. Bagi orang yang mempunyai usaha dagang atau usaha lainnya, barengilah dengan memperbayak membaca ''Yaa Baasithu'' setiap hari, niscaya dengan izin Allh rezki akan menjadi lancar.

23. AL KHAAFIDH

Artinya: Dzat yang menurunkan derajat seseorang menurut Kehendak-Nya. Usahakanlah membaca ''Ya Kaafidhu'' 500x setiap hari, dalam keadaan suci, khusyu' dan tawadhu', maka segala maksud akan di tunaikan oleh Allah dan apabila punya musuh, maka musuh itu akan jatuh martabatnya.

24. AR RAAFI'

Artinya: Dialah Dzat yang meninggikan derajat seseorang yang di Kehendaki-Nya. Demi keselamatan harta benda di rumah atau di toko atau di tempat lain dari pencurian, maka bacalah ''Yaa Raafi'u'' setiap hari, baik pada waktu siang atau malam 70x. Insya'Allah harta benda itu akan selamat terjaga dari gangguan penjahat.

25. AL MU'IZZ

Artinya: Dialah Dzat yang memberi kemulyaan, kekuatan dan kemenangan kepada seseorang. Untuk memperoleh kewibawaan, terutama bagi para pemimpin kantor atau perusahaan, hendaklah memperbanyak bacaan ''Yaa Mu'izzu'' 140x setiap hari. Insya'Allah dengan cara ini Allah akan memberi kewibawaan kepadanya.

Sekian dulu mengenai berdzikir dalam doa asma'ul husna, insya'Allah akan di sambung pada postingan selanjutnya. Wassalam...

http://vamilisulis.blogspot.co.id