Berbagai Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu, 2 Februari 2019 | 10:39:17

Berbagai Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

 

 

Kunyit adalah salah satu rempah-rempah alami yang memiliki sejuta manfaat, antara lain adalah manfaat kunyit untuk pencernaan. Dengan warna kuningnya yang khas, kunyit biasa dijadikan bumbu penyedap masakan serta ramuan dalam teh herbal. Lalu, apa saja manfaat kunyit yang bisa didapat? Simak manfaatnya di bawah ini.

Beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan

1. Sebagai ramuan antiperadangan tubuh

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang memiliki kekuatan antiperadangan yang paling kuat. Dalam sebuah penelitian, diuji  117 orang yang didiagnosis memiliki masalah pencernaan. Mereka diberikan 1 gram bubuk kunyit halus untuk dijadikan teh selama 8 minggu.

Pada akhir penelitian, hasil yang ditemukan adalah peradangan pencernaan mereka lebih rendah daripada orang yang jarang mengonsumsi kunyit. Hal ini merupakan salah satu manfaat kunyit untuk pencernaan, khususnya mengobati radang usus.

2. Mengobati penyakit asam lambung

Sebuah studi dalam jurnal Systematic Reviews menemukan bahwa orang yang pada masakannya mengandung satu sendok rempah kunyit, terbukti memiliki sistem pencernaannya lebih sehat. Pencernaan yang dimaksud di sini adalah lambung dan usus besar.

Beberapa jenis makanan bisa membahayakan kesehatan lambung dan dapat mengikis dinding usus. Senyawa yang terkandung pada kunyit bermanfaat untuk melindungi dan melapisi dinding lambung, dengan cara meningkatkan produksi lendir.

3. Mengurangi gas pada pencernaan

Buang gas (kentut) memang penting untuk memastikan bahwa pencernaan Anda baik-baik saja, tapi kalau sudah berlebihan? Ada yang salah tandanya di dalam perut Anda.

Manfaat kunyit untuk pencernaan yang bermasalah ini, ampuh untuk mengurangi tekanan gas dalam perut. Senyawa kunyit berfungsi mengurangi asam pada perut yang berlebih, yang juga membuat perut menjadi kembung.

Caranya, coba tuang satu sendok bubuk kunyit halus ke dalam satu gelas air hangat berukuran sedang. Lihat hasil baiknya, selama 2 minggu dengan konsumsi rutin.

4. Meredakan sakit akibat irritable bowel syndrom

Irritable bowel syndrom (IBS) merupakan suatu kondisi penyakit yang menyebabkan kontraksi usus jadi tidak normal, sehingga memengaruhi kerja usus besar di sistem pencernaan.

Manfaat kunyit untuk pencernaan ini, bertindak sebagai obat alami yang mengurangi gerakan otot yang abnormal. Dengan kandungan vitamin, mineral dan bahan kimia baik lainnya, kunyit mampu meredakan sakit yang mengakibatkan diare jika kontraksinya berlebihan.

5. Mengurangi mual

Ada banyak kondisi kesehatan yang bisa jadi penyebab timbulnya rasa mual, seperti stres, dehidrasi, atau bahkan infeksi pada pencernaan. Jika mual yang dirasakan disebabkan oleh masalah pencernaan, kunyit sebagai rempah alami bisa mengurangi rasa mual pada pencernaan.

Kandungan phytochemical pada kunyit ini, berfungsi untuk menghadirkan antioksidan di tubuh yang berfungsi memerangi racun sehingga mual Anda bisa diredakan.

6. Meredakan diare

Obat, keracunan makanan, virus, dampak alergi, dan makanan yang tidak sehat nyatanya dapat mengakibatkan diare. Dengan meminum ramuan herbal teh kunyit, diare Anda bisa disembuhkan. Kandungan magnesium dan kalium pada kunyit membantu melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras akibat serangan diare.

Selain kunyit kuning atau oranye, ada juga kunyit putih

Kunyit oranye mungkin mudah ditemukan wujud serta manfaatnya. Namun tahukah Anda, kalau kunyit oranye memiliki saudara kandung. Ya, saudara kandung dari kunyit oranye adalah si kunyit dengan warna putih.

Kunyit warna putih ternyata punya kandungan yang berbeda namun sama-sama ampuh mengobati berbagai jenis penyakit dan bermanfaat untuk kesehatan. Yuk, simak untuk lebih lengkapnya.

Mengenal manfaat si kunyit warna putih

Kunyit putih atau sering juga disebut dengan Zedoaria (Curcuma Zedoaria) merupakan jenis tanaman yang hampir semua bagiannya bisa digunakan untuk obat, seperti akar, minyak dan daunnya.

Tanaman ini adalah asli dari India dan Indonesia, tapi juga telah dibudidayakan di Eropa, Amerika Serikat, dan berbagai wilayah Asia lainnya. Tanaman ini banyak dijumpai di beberapa negara seperti Bangladesh, Sri Lanka, India, Tiongkok, Jepang, Brazil, Nepal, dan Thailand.

Kunyit ini memiliki daging yang lebih lunak dan rasanya sangat mirip dengan jahe, meski meninggalkan jejak rasa pahit di akhir. Kunyit putih saat ini sudah jarang digunakan sebagai bumbu masak dan sering digantikan oleh jahe.

Namun, di beberapa masakan Asia, kunyit ini masih digunakan. Di Indonesia, bubuk kunyit putih sering ditambahkan ke masakan kari. Di Thailand, irisan kunyit putih digunakan sebagai penyegar rasa salad.

Tanaman ini juga mengandung minyak esensial, pati, dan curcumin. Minyak esensial dari kunyit putih dipercaya dapat mengurangi dampak dari radikal bebas tertentu.

Sementara di India, tanaman ini sudah lama digunakan secara tradisional untuk pengobatan nyeri menstruasi, maag, muntah, dan kanker. Berikut merupakan berbagai manfaat kunyit putih yang harus Anda tahu.

kunyit putih

1. Mengandung zat Antimikroba dan antijamur

Kunyit putih menunjukkan adanya kandungan aktivitas antimikroba dan antijamur yang ampuh di dalamanya. Penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak kunyit putih dapat melawan beberapa spesies bakteri yang dapat menyebabkan penyakit, seperti E. coli penyebab banyak gangguan pencernaan seperti diare dan keracunan makanan, serta dan Staphylococcus aureus penyebab bisul, impetigo, selulitis, sepsis, dan osteomielitis.

Ekstrak kunyit berwarna putih juga dapat melawan infeksi jamur Candida dan Aspergillus. Kunyit putih juga dapat mengurangi jumlah bakteri jahat di mulut dengan hasil yang setara produk obat kumur di pasaran.

2. Bisa menjadi obat alergi alami

Kunyit yang berwarna putih mengandung senyawa curcuminoids yang bermanfaat sebagai anti-alergi dan terbukti dapat mengatasi gejala reaksi alergi pada kulit. Kunyit ini bekerja layaknya antihistamin untuk menghambat aktivitas protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, zat kimia yang memicu reaksi alergi.

3. Anti kanker

Kunyit putih diyakini dapat menghambat metastasis kanker atau penyebaran kanker dari suatu organ ke organ tubuh lain. Tapi, keefektifannya untuk mengatasi kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Sama dengan manfaat kunyit oranye,kunyit dengan warna putih telah lama digunakan untuk mengobati masalah pencernaan. Minyak esensial kunyit pucat ini dilaporkan bermanfaat dalam pengobatan kolik, kejang otot, penurunan nafsu makan, cacingan, perut kembung, jarang buang air besar, dan lidah yang terasa pahit. Ini juga merupakan bantuan alami dalam mencegah peradangan usus akibat stres.

5. Penawar racun gigitan ular

Kunyit putih juga bisa menjadi penawar racun gigitan ular karena ekstraknya bekerja menghambat aktivitas bisa ular.

6. Penghilang rasa sakit

Kunyit bersifat analgesik yang lebih baik daripada aspirin karena mengandung senyawa alami yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Rempah asli Indonesia ini digunakan sejak zaman nenek moyang kita untuk mengobati penyakit radang usus (ulcerative colitis).

Ini juga digunakan untuk melindungi paru-paru pasien asma dengan menekan peradangan di bronkus yang dapat menyebabkan penyempitan saluran udara selama terapi jangka pendek.

Manfaat kunyit lainnya adalah sebagai antiperadangan, berkat kandungan diuretiknya. Oleh karena itu, rempah ini dipercaya mampu mengatasi nyeri sendi akibat rematik dan arthritis.

Sifat diuretik zedoary mendukung penghapusan zat beracun tubuh dan cairan berlebih, terutama pada persendian. Jika tidak ada detoksifikasi, hal itu bisa menyebabkan peradangan dan nyeri pada kasus artritis dan rematik. Kunyit putih juga mengurangi suhu tubuh saat demam dengan melawan infeksi dan mempromosikan keringat.

Dan seperti yang telah disebutkan di atas, zedoaria dapat digunakan untuk meredakan nyeri menstruasi. Walaupun begitu, beberapa ahli menyarankan agar kunyit ini tidak digunakan oleh wanita yang mengalami perdarahan menstruasi berat.

Manfaat kunyit asam, ramuan khas tradisional yang melegenda

Seperti yang telah disinggung di atas tadi, bahan aktif analgesik pada kunyit dapat membantu meredakan nyeri, menurunkan suhu tubuh saat demam dan bersifat antiradang. Begitu juga dengan asam jawa yang mengandung bahan aktif sebagai antiradang, antipiretik, dan penenang.

Kombinasi mantap kedua bahan alami yang melegenda tersebut, kunyit dan asam jawa, telah terbukti aman dan tidak menyebabkan keracunan bila dikonsumsi bersamaan. Nah, berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dari manfaat kunyit asam:

1. Meredakan nyeri haid

gangguan pencernaan saat menstruasi

Manfaat jamu kunyit asam telah banyak digunakan dan dikonsumsi wanita dengan keluhan nyeri haid. Bahkan kini produk dan manfaat kunyit asam sudah banyak disediakan dalam bentuk serbuk atau minuman kemasan sehingga Anda tidak perlu repot-repot meraciknya sendiri.

Kandungan kurkumin pada kunyit bekerja dengan mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menciptakan rasa sakit dan pembengkakan.

Manfaat ini semakin diperkuat dengan reaksi tannin, saponin, sesquiterpenes, alkaloid, dan phlobotamin pada asam jawa yang dapat memengaruhi sistem saraf otonom dan otak. Selanjutnya, otak akan mengirimkan perintah ke tubuh untuk meredakan kontraksi rahim.

Maka tidak diragukan lagi bila minuman dari manfaat jamu kunyit asam memang terbukti mampu mengatasi nyeri haid pada wanita.

2. Sebagai antioksidan

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa manfaat kunyit asam bermanfaat sebagai antioksidan. Pasalnya, senyawa kurkumin pada kunyit diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi, sama halnya dengan asam jawa yang juga mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk tubuh.

Kandungan antioksidan pada manfaat jamu kunyit asam juga mempunyai aktivitas yang lebih besar dibandingkan dengan antioksidan sintetis. Suatu penelitian menyebutkan bahwa formula terbaik manfaat kunyit asam terdiri dari 25 persen asam, 5 persen kunyit, dan 70 persen air untuk kadar antioksidan yang maksimal.

3. Menurunkan berat badan

Manfaat jamu kunyit asam jawa sering digunakan para leluhur untuk menurunkan berat badan. Khasiat ini tentu semakin maksimal dengan menggabungkan dua bahan alami tersebut.

Kurkumin, yaitu suatu antioksida pada kunyit berfungsi untuk menekan respon peradangan pada sel tubuh, temasuk sel pankreas, lemak, dan otot. Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol serta kondisi metabolik lainnya akibat obesitas.

Alhasil, berat badan Anda cenderung lebih stabil dan menurunkan risiko obesitas. Selain itu, tubuh Anda juga menjadi lebih fokus saat menurunkan berat badan karena minimnya reaksi peradangan pada tubuh setelah minum kunyit asam.

4. Mengendalikan gula darah

Bila Anda mengidap penyakit diabetes, cobalah untuk rutin mendapatkan khasiat dan manfaat jamu kunyit asam. Kunyit telah lama diketahui dapat menurunkan gula darah pada orang dengan diabetes. Efek ini diduga akibat kemampuan antiinflamasi yang dimiliki oleh kunyit.

Manfaat kunyit untuk wajah dan kecantikan

Selain baik untuk kesehatan tubuh, kunyit mengandung antioksidan dan antiradang. Keduanya memberikan sejumlah manfaat kunyit untuk wajah yang bisa memberikan kilau dan cerah alami pada kulit. manfaat kunyit bisa didapat dengan menggunakan masker kunyit di kulit wajah dan tubuh. Mau tahu bagaimana mendapatkan manfaat kunyit untuk wajah? Simak cara-cara menggunakan masker kunyit di bawah ini.

membuat masker wajah alami

1. Masker kunyit kasturi

Di samping fungsinya sebagai bumbu rempah makanan tradisional, masker kunyit juga bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan  komedo. Tapi perlu diingat juga kalau jenis kunyit biasa dapat menodai kulit, dampaknya kulit bisa berwarna kuning jingga. Kunyit yang bisa digunakan dalam membuat masker kunyit adalah kunyit kasturi.

Cara membuat masker kunyit kasturi:

Ambil satu sendok makan kunyit kasturi, masukkan ke dalam campuran minyak kelapa hingga teksturnya seperti pasta.

Oleskan ke bagian wajah yang terdapat komedo, diamkan sampai 10 menit

Pijat lembut di bagian T zone (jidat, hidung dan dagu)

Bilas dengan air hangat dan lakukan dengan rutin untuk mencegah komedo datang lagi.

2. Masker kunyit dan pepaya

Masker dari buah pepaya umumnya cocok untuk semua jenis kulit wajah, termasuk kulit wajah sensitif. Pepaya mentah mengandung enzim yang disebut “papain” yang dapat membantu meminimalisir pertumbuhan rambut halus dengan memecah folikel tempat rambut bertumbuh.

Nah, untuk mengimbangi peradangan akibat pemecahan folikel rambut, campuran zat antiinflamasi pada kunyit bisa menetralkan peradangan di kulit sebagai efek dari masker pepaya. Perawatan rumahan ini juga bermanfaat sebagai exfoliator alami yang dapat mengangkat sel kulit mati untuk mengembalikan elastisitas kulit. Ada dua pilihan cara untuk menggunakan makser kunyit pepaya mentah untuk kulit. Cara membuatnya sebagai berikut:

Kupas pepaya mentah dan potong kecil-kecil

Tumbuk pepaya hingga menjadi adonan kasar

Ambil 2 sendok adonan pepaya tumbuk dan campurkan dengan 1/2 sdt bubuk kunyit. Aduk rata.

Oleskan masker pada wajah atau bagian tubuh lainnya yang diinginkan

Pijat lembut kulit yang telah dilapisi masker selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air

Ulangi prosedur 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik

3. Masker kunyit dan yoghurt

Manfaat kunyit untuk wajah tidak hanya sekadar untuk mengecilkan pori-pori atau membuat kulit nampak lebih cerah saja. Masker kunyit dan campuran yoghurt ternyata juga mampu membantu mengurangi jerawat dan bekas luka yang dihasilkan. Kandungan zat anti-inflamasi pada masker kunyit dapat membuat jaringan bekas luka jerawat jadi tenang tidak meradang.

Manfaat kunyit untuk wajah juga dikenal untuk mengurangi jaringan parut pada kulit bekas jerawat. Anda bisa menggunakan masker kunyit dan yoghurt untuk wajah lewat cara berikut ini:

Ambil 2 sendok teh kunyit bubuk, 4 sendok makan yoghurt plain dingin, dan madu

campurkan yoghurt dan kunyit bubuk perlahan hingga warna kuning merata

Diamkan dan dinginkan di lemari pendingin 10-15 menit

Sesudahnya campurkan dengan madu

Oleskan ke wajah yang telah dibersihkan dengan perlahan-lahan. Hindari bagian mata dan hidung

Biarkan masker kunyit di wajah selama 15- 30 menit lalu bersihkan dengan air.

 

Oleh Novita Joseph

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum.

https://hellosehat.com