Banyak Bersedekah Bisa Menyembuhkan Penyakit

Jumat, 26 Oktober 2018 | 13:28:39

Banyak Bersedekah Bisa Menyembuhkan Penyakit

  

PEMBACA Pos Kota yang dirahmati Allah. Tidak lama lagi kita akan memasuki pintu gerbang Ramadhan. Karena itu kita harus mempersiapkan diri baik secara jasmani maupun rohani agar kita mampu berpuasa sebulan penuh.

Harapan kita semua, semoga pada saat Lebaran nanti, kondisi kita seperti terlahir kembali, karena dosa-dosa kita diampuni. Sebelum dan saat Ramadhan tiba, hendaknya kita memperbanyak sedekah. Karena sedekah selain memperbanyak pahala, juga mampu mengobati penyakit yang hinggap di tubuh kita.

Allah SWT menciptakan manusia di dunia ini untuk mengujinya. Ada yang dikaruniai nikmat agar selalu bersyukur dan memuji Allah. Ada juga yang diberikan kesusahan agar mereka bersabar.

Sehingga terdapat dua sifat yang sangat mulia, yakni syukur dan sabar. Ini merupakan karunia yang sangat agung dari Allah. Karena pada dasarnya, ujian berupa nikmat dan musibah merupakan bukti kecintaan Allah kepada orang beriman.

Bahkan bisa dikatakan, musibah yang menimpa seseorang mukmin termasuk nikmat Allah yang besar jika dia bersabar dan mengharap pahala dari Allah.

Ujian musibah yang sering menimpa manusia, yakni berupa sakit. Tatkala musibah ini menimpa seorang mukmin, hendaklah dia berbaik sangka kepada Allah dengan berusaha mencari kesembuhan dengan cara-cara yang diperintahkan Allah.

Salah satu metode penyembuhan yang langka namun sangat mujarab adalah dengan bersedekah.

“Rasulullah bersabda, “Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.” (HR Al-Baihaqi)

BAGAIMANA CARANYA?

Bagaimana caranya agar sedekah bisa menyembuhkan penyakit?

Jika kita ingin kesembuhan diri atau keluarga dari sakit dengan cara bersedekah, hendaknya memperhatikan adab-adab bersedekah.

Pertama, bersedekahlah dengan harta yang benar-benar halal, bukan yang syubhat (meragukan) apalagi yang haram.

Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji. (QS Al-Baqarah 2:267)

Kedua, jika kita termasuk orang berada (kaya), bersedekahlah dengan dermawan sebagaimana Rasulullah bersedekah.

Seperti diriwayatkan Anas ra, seseorang datang kepada Rasulullah SAW meminta semua kambing yang berada di antara dua bukit, maka beliau memberikannya. Kemudian orang tersebut mendatangi kaumnya dan berseru, “Wahai kaum, masuk Islamlah. Demi Allah, sesungguhnya Muhammad memberikan suatu pemberian (kepada orang yang diberi) hingga tidak takut miskin.” (HR Muslim)

Ketiga, jadikanlah sedekah ikhlas karena Allah semata. Semakin ikhlas suatu sedekah, makin besar pahala dan buahnya. Rasulullah bersabda, “Dan seseorang yang bersedekah lalu menyembunyikannya hingga tangan kanannya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kirinya.” (HR Muslim)

Keempat, hendaknya sedekah lebih diutamakan diberikan kepada orang-orang soleh, bertakwa, dan yang betul-betul membutuhkan bantuan.

Rasulullah bersabda, “Janganlah kalian berteman kecuali dengan orang yang beriman, dan janganlah memakan makananmu kecuali orang yang bertakwa.” (HR Abu Daud, at-Tirmidzi, Hasan).

BANYAK BERSYUKUR

Semakin besar kebutuhan fakir miskin tersebut terhadap sedekah kita, maka pengaruh dan hasilnya akan semakin besar. Jangan disangka bahwa sedekah tersebut terbatas pada manusia saja. Bahkan hewan pun yang sangat membutuhkan uluran tangan kita, insya Allah akan menyembuhkan, karena Allah SWT sangat luas pemberian-Nya.

Kelima, jika Allah memberikan kesembuhan dengan sebab sedekah tersebut, hendaknya kita banyak bersyukur dengan memperbanyak amal salih.

Di antara amal soleh yang utama namun sering dilupakan kebanyakan kaum muslimin adalah menuntut ilmu agama. Mereka terlalu sibuk dengan urusan dunia sehingga lupa kewajiban menuntut ilmu agama Islam.

Banyak kisah di zaman dulu tentang keajaiban bersedekah yang yang mampu menyembuhkan penyakit ganas sekalipun, seperti kanker dan lain-lain. Dengan izin Allah, semua bisa terjadi.

Kita sebagai warga Jakarta, selain banyak bersedekah, juga harus berpartisipasi aktif serta mendoakan agar Pemilukada DKI Jakarta yang sebentar lagi digelar, sehingga bisa berjalan lancar, aman, damai, dan sukses.

Kita berharap Gubernur Fauzi Bowo yang kiprahnya sudah tertanam kuat di dalam hati rakyat, akan menyertai langkah warganya menuju bilik pencoblosan.

Karena Gubernur Fauzi Bowo merupakan pemimpin yang amanah, shiddiq, tabligh, dan fathonah. Semoga berkelanjutan!

(Salam Damai KH Agus Dermawan/ds)

http://poskotanews.com