Amalan Ini Terlihat Ringan, tapi Ternyata Berpahala Sebesar Gunung Uhud, Yuk Dibaca

Sabtu, 13 Oktober 2018 | 09:12:14

Amalan Ini Terlihat Ringan, tapi Ternyata Berpahala Sebesar Gunung Uhud, Yuk Dibaca

 

RAMADAN merupakan bulan penuh hikmah. Berbagai hal dilakukan dalam meningkatkan kualitas maupun kuantitas amal salih saat di bulan suci Ramadan.

Allah telah menjanjikan berlipatnya pahala bagi amal shalih di bulan suci ini. Adapun salah satunya adalah amalan memperbanyak zikir kepada Allah.

Amalan ini terlihat ringan untuk diucapkan namun, bernilai pahala sampai bergunung-gunung.

Dikutip dari laman kabarmakkah, dari 'Imran bin Husain radhiyallahu 'anhu, ia berkata : Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Apakah seseorang diantara kalian setiap hari tidak mampu mengamalkan suatu amalan sebesar gunung Uhud ?"

Para shahabat menjawab, "Ya Rasulullah, siapa yang mampu melakukan amalan sebesar gunung Uhud setiap hari ?"

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Kalian semua mampu"

Mereka bertanya, "Ya Rasulullah, bagaimana caranya ?"

Beliau bersabda, "Ucapan : سبحا ن الله (Subhaanallah) lebih besar (pahalanya) dari pada gunung Uhud, ucapan لا اله الا الله (Laa ilaaha illallah) lebih besar dari pada gunung Uhud, ucapan الحمد لله (Alhamdu lillah) lebih besar dari pada gunung Uhud, dan ucapan الله اكبر (Allahu Akbar) lebih besar dari pada gunung Uhud." (HR. Ibnu Abid Dunya, Nasai, Thabrani dan Al-Bazzar)

Dzikir yang sesungguhnya tentu tidak hanya sebatas di ucapan atau dibibir saja, tetapi mampu meresap sampai ke sanubari.

Subhanallah, Mahasuci Allah Ta'ala. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Ta'ala. Laa ilaha Illallah, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah. Allahu Akbar, Allah Mahabesar.

Betapa murahnya Allah memberikan ganjaran amalan kepada kita yang terlihat ringan, tetapi balasannya yang teramat agung. Mengetahui riwayat ini serta keutamaan-keutamaan dzikir lainnya, tentu sebagai hamba yang beriman termotivasi untuk memperbanyak dzikir kepada-Nya.

4 Amalan yang Diajarkan Rasulullah saat di Bulan Ramadan

Salah satu bulan yang penuh dengan keberkahan Allah adalah Bulan Ramadan.

Bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang amat agung.

Di dalamnya Allah berikan pahala berkali-kali lipat bagi setiap muslim yang melakukan amal shaleh.

Dikutip dari kabarmakkah, di akhir bulan Sya'ban, Rasulullah Shallallahu'Alaihi Wasallam pernah memberikan sejumlah wasiat kepada umat muslim agar bisa memanfaatkan bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

Beliau menerangkan keutamaan bulan tersebut agar kaum muslimin meningkatkan amal-amal shalih selama Ramadhan.

Di dalam khutbah tersebut, Rasul juga menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak 4 hal di bulan Ramadhan.

Petikan wasiat tersebut yakni:

"Perbanyaklah melakukan 4 hal dalam bulan Ramadan. Dengan dua hal, kalian akan mendapatkan ridha dari Rabb kalian, dua hal lainnya sangat kalian butuhkan. Dua hal, yang dengannya kalian mendapatkan ridha Rabb kalian, adalah syahadat Laa ilaaha illallaah dan beristigfar kepada-Nya. Adapun dua hal yang sangat kalian butuhkan adalah kalian meminta surga dan memohon perlindungan dari neraka." (HR. Ibnu Khuzaemah dalam Shahih nya, dan Imam al-Mundziri dalam at-Targhib wat Tarhib mengatakan, Ibnu Khuzaemah berkata, "Khabar ini shahih")

Berdasarkan keterangan hadits di atas, maka sepatutnya umat muslim mengisi bulan Ramadan dengan syahadat.

Selain berpahala, syahadat juga bisa memperbaharui keimanan kepada Allah dan Rasul-Nya.

Syahadat tak hanya dibaca ketika duduk tahiyyat, syahadat pun bisa dilakukan di luar shalat seperti saat pagi maupun petang hari, juga setiap kali mengakhiri majlis ilmu.

Amalan yang selanjutnya atau yang kedua adalah memperbanyak istighfar.

Manusia biasa tidak luput dari kesalahan. Rasulullah yang terjaga dari dosa saja ratusan kali beristighfar tiap harinya.

Apalagi di bulan Ramadan, pintu ampunan dari Allah terbuka lebar.

Sehingga, bulan ini momentum yang tepat untuk semakin berbenah, memperbaiki kesalahan di masa lalu.

Sedangkan untuk yang ketiga dan keempat, yakni meminta surga serta memohon perlindungan dari neraka merupakan do'a setiap orang beriman.

Pada bulan Ramadan pintu langit terbuka, do'a-do'a yang dipanjatkan dengan tulus oleh seorang hamba akan sampai pada sisi Allah Subhanahu wa ta'ala sehingga akan dikabulkan.

Semoga kita semua bisa mengamalkan 4 wasiat Rasulullah tersebut di bulan Ramadan ini.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Amalan Ini Terlihat Ringan, tapi Ternyata Berpahala Sebesar Gunung Uhud, Yuk Dibaca, http://bangka.tribunnews.com/2017/06/01/amalan-ini-terlihat-ringan-tapi-ternyata-berpahala-sebesar-gunung-uhud-yuk-dibaca?page=all.

Penulis: asmadi          

Editor: asmadi

http://bangka.tribunnews.com