9 Tipe Kecerdasan yang Dimiliki Manusia, Kamu Masuk yang Mana?

Sabtu, 9 Maret 2019 | 10:14:48

9 Tipe Kecerdasan yang Dimiliki Manusia, Kamu Masuk yang Mana?

 

Ketika bersekolah, orang yang sering dipanggil cerdas adalah siswa yang bisa mengerjakan soal matematika atau mata pelajaran yang mengedepankan berhitung. Namun ilmu psikologi pengembangan modern, telah menemukan berbagai bentuk kecerdasan lain. Pendapat tentang sembilan jenis kecerdasan ini diungkapkan oleh Howard Gardner.

Semua orang memiliki sembilan jenis kecerdasan tersebut, perbedaannya hanyalah di bagian mana orang tersebut menonjol. Berikut sembilan jenis kecerdasan yang dimiliki manusia!

1. Kecerdasan spasial: Sanggup menggambarkan dunia dalam bentuk tiga dimensi

Kecerdasan ini membuat kita sanggup memperhitungkan jarak, volume, bentuk, detil, pola, warna dan ciri-ciri fisik dari sebuah objek. Makin cerdas kemampuan spasial seseorang, maka semakin akurat kemampuannya dalam menyusun sebuah bentuk. Misalnya dalam pembuatan peta, maket bangunan dan sebagainya.

2. Kecerdasan naturalis: Memahami kebutuhan makhluk hidup

Kecerdasan ini membuat kita pandai merasakan pertanda alam. Selain itu dengan kemampuan ini, manusia juga bisa mengerti kebutuhan dari makhluk hidup lainnya. Contohnya adalah memahami kebutuhan tanaman akan kandungan unsur hara dari ciri-ciri daun atau sebagainya.

3. Kecerdasan musikal: Mencerna suara dan membedakan tinggi-rendahnya nada

Kecerdasan musikal akan membuat kita memahami tinggi-rendahnya nada, ritme, dan puncak nada ketika mencerna suatu suara. Contoh sederhana semisal teman kamu yang langsung mengetahui kunci nada hanya dalam sekali kesempatan mendengar lagu tertentu.

4. Kecerdasan logika-matematis: Memiliki kemampuan analisa dengan metode berhitung

Kecerdasan logika-matematis berhubungan dengan kemampuan berhitung, mengkuantifikasi sesuatu hal, membuat hipotesis, dan membuktikannya lewat nalar ilmiah. Kecerdasan inilah yang sering kita lihat sehari-hari disekolah atau kampus.

5. Kecerdasan eksistensial: Menemukan esensi dan alasan filosofis

Orang-orang sebenarnya memiliki kecerdasan ini. Kecerdasan eksistensial mulai muncul saati kita remaja. Pada saat itu, biasanya kita mempertanyakan mengenai jati diri dan diri kita yang sejati.

6. Kecerdasan interpersonal: Merasakan emosi orang lain

Manusia memang makhluk yang berbeda. Perlu kemampuan khusus untuk mendeteksi kebutuhannya. Selain itu, mereka juga dibekali dengan kemampuan simpati dan empati. Kemampuan untuk merasakan perasaan orang lain dan motif mereka, termasuk dalam kecerdasan interpersonal.

7. Kecerdasan kinestetik-jasmani: Mampu menyelaraskan pikiran dan koordinasi gerak anggota tubuh

Kecerdasan kinestetik-jasmani membuat kita mampu menyelaraskan pikiran dan tubuh. Semakin cerdas kinestetik-jasmani seseorang, tubuhnya semakin mudah digerakan sesuai dengan pikirannya. Para atlet bela diri biasanya memiliki kecerdasan ini, ketika mereka menyusun strategi dalam sepersekian detik untuk menjatuhkan lawannya.

8. Kecerdasan linguistik: Kemampuan untuk memilih kata yang tepat digunakan dalam berkomunikasi

Kecerdasan linguistik membuat kita mampu memilih kata dan metode yang tepat dalam berkomunikasi. Akibatnya adalah efek persuasif pada orang yang membaca tulisan atau mendengarkan pembicaraan kita menjadi makin besar.

9. Kecerdasan intra-personal: Sanggup mengenali kebutuhan diri sendiri

Ada manusia yang sanggup mengidentifikasi dirinya sendiri. Ia mampu merasakan apa yang sesungguhnya ia inginkan dan butuhkan. Ciri-ciri itu adalah tanda bahwa orang tersebut memiliki kecerdasan intra-personal yang sangat berkembang.

Semua orang sebenarnya memiliki sembilan jenis kecerdasan di atas. Hanya saja ada jenis kecerdasan tertentu yang lebih menonjol. Itulah yang menyebabkan masing-masing manusia itu unik dan berbeda. Kira-kira, apa kecerdasanmu yang paling menonjol, kawan IDN Times?

https://www.idntimes.com