7 Sunnah Harian Nabi Muhammad SAW

Sabtu, 20 April 2019 | 09:33:06

7 Sunnah Harian Nabi Muhammad SAW

 

Sahabat Rumah di Surga yang insya’a Allah dirahmati Allah, sejatinya lah seorang mukmin memperbaiki dirinya setiap hari. Di antara cara memperbaiki diri ini adalah tentunya dengan memupuk kecerdasan spiritual kita. Berproses tentunya, sedikit demi sedikit lama-lama jadi terbiasa. Nah, yuk sekarang kita simak apa aja si sunnah harian Nabi Muhammad saw? Mari kita biasakan diri kita, perbaiki diri kita, semoga kita menjadi seorang mukmin yang terpelihara oleh sunnah keseharian kita.

Pertama: Tahajjud, karena kemuliaan seorang mukmin terletak pada tahajjudnya. Pastinya doa mudah termakbul dan menjadikan kita semakin dekat dengan Allah.

Abu Huraira R.A meriwayatkan Rasulullah saw bersabda :”Tuhan kita turun setiap maslam ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir, dan berfirman – Siapa yang berdoa kepada-Ku pasti Aku kabulkan, siapa yang memohon kepada-Ku pasti aku beri, dan siapa yang memohon ampunan kepada-Ku, pasti aku ampuni.” (HR. Al-Jama’ah).

Kedua: Membaca Al-Qur’an sebelum terbit matahari, alangkah baiknya sebelum mata melihat dunia, sebaiknya mata membaca Al-Qur’an terlebih dahulu dengan penuh pemahaman. Paling tidak jika sesibuk apapun kita, bacalah walau beberapa ayat.

”Dan apabila dibacakan ayat-ayat Allah SWT yang maha Pemurah kepada mereka, mereka menyuungkur, bersujud dan menangis.” (QS. Maryam : 58)

Ketiga: Jangan tinggalkan masjid terutama di waktu Subuh. Sebelum melangkah kemana pun langkahkan kaki ke mesjid, karena masjid merupakan pusat keberkahan, bukan karena panggilan muadzin tetapi panggilan Allah yang mencari orang beriman untuk memakmurkan masjid Allah.

”Sungguh, shalat yang paling berat bagi orang munafik, adalah shalat Isya dan shalat Shubuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya, mereka pasti mendatangani keduanya, sekalipun dengan merangkak. ” (HR. Bukhari-Muslim).

Keempat: Jaga sholat Dhuha, karena kunci rezeki terletak pada sholat dhuha. Yakinlah, manfaat sholat dhuha sangat dasyat dalam mendatangkan rezeki.

”Shalat DHUHA itu mendatangkan rezeki dan menolak kemiskinan, dan tidak ada yang memelihara shalat kecuali orang-orang bertobat.” (HR. Tirmidzi)

Kelima: Jaga sedekah setiap hari. Allah menyukai orang yang suka bersedekah, dan malaikat Allah selalu mendoakan kepada orang yang bersedekah setiap hari. Percayalah, sedekah yang diberikan akan dibalas oleh Allah dengan berlipat ganda.

”Perbandingan (balasan atau pahala) bagi orang-orang yg membelanjakan hartanya di jalan Allah seperti satu biji yg menumbuhkan tujuh cabang, di setiap cabang menjuntai seratus buah, dan Allah akan menggandakan (pahala) kepada siapa yang Dia kehendaki, dan Allah itu luas (pemberian-Nya) lagi sangat mengetahui ” (QS. Al-Baqarah : 261)

Keenam: Jaga wudhu terus menerus karena Allah menyayangi hamba yang berwudhu. Kata khalifah Ali bin Abu Thalib, “Orang yang selalu berwudhu senantiasa ia akan merasa selalu sholat walau ia sedang tidak sholat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa, “ampuni dosanya dan sayangilah dia yaa Allah”.

Abu Hurairah meriwayatkan, Rasulullah saw bersabda : ”Pada hari kiamat, karena bekas wudhunya (yang bercahaya). Siapa ingin memanjangkan ghurram-nya silakan lakukan” (HR. Bukhari).

Ketujuh: Amalkan istighfar setiap saat. Dengan istighfar masalah yang terjadi karena dosa kita akan dijauhkan oleh Allah.

Rasulullah SAW bersabda : ”Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Tuhannya dan orang yang tidak berdzikir, seperti orang yang hidup dan orang yang mati.” (HR. Bukhari)

Itulah Sahabat Rumah Di Surga, 7 sunnah keseharian yang diajarkan Nabi Muhammad saw. Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang memelihara kesehariannya agar selalu dalam kebaikan.

http://www.masjidnusantara.org