7 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Senin, 15 Juli 2019 | 09:42:11

7 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

 

Sudah baca postingan 8 tanda tubuh butuh olahraga? Dari tulisan tersebut, kita bisa tahu tanda seperti apa yang dikirimkan oleh tubuh agar kita peduli dan mulai berolahraga. Kalau kita sudah menyadari, yuk kita olahraga! Tapi, muncul masalah baru, jenis olahraga apa yang harus dilakukan?

Kalau kamu punya masalah tersebut, saya juga iya *lalu nyanyik hehehe… Pasti lah bingung, jenis olahraga apa yang cocok untuk dilakukan. Belum lagi pikiran yang ‘mengharuskan’ kita melakukan jenis olahraga tersebut di gym. Well, itu bukanlah hal yang salah. Selama ini kita selalu berpikir bahwa olahraga itu baiknya di outdoor or gym. Tapi, untuk emak dua anak yang-selalu-rempong, pilihan melakukan olahraga di rumah adalah solusi.

Melakukan olahraga di rumah itu menyenangkan lho. Nggak perlu mikirin pakai baju olahraga apa, sepatu, harus rapi lah. Bisa sesuka hati! Dan yang utama, kita bisa melakukan kapan saja dan di sudut ruangan mana saja tanpa dibatasi. Plus, kalau kita olahraga di rumah nggak perlu pusing mikirin iuran. Bahkan, kita bisa olahraga bareng anak-anak. Mereka pasti senang melihat kita melakukan gerakan-gerakan dan kadang mengikutinya. Olahraga pun menjadi menyenangkan untuk dilakukan.

Lalu muncul lagi pertanyaan, “Mak, jenis olahraga apa gitu yang bisa dilakukan di rumah?”

Don’t worry, Mak Athar punya jawabannya karena sudah beberapa kali melakukan jenis olahraga di rumah.

Inilah 7 jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah.

1. Jogging

Lha jogging kok di rumah? Harus beli treadmill dong?

Nggak mesti membeli treadmill supaya bisa jogging di rumah. Kamu bisa melakukannya di teras atau ruangan lainnya. Yang penting, kamu harus mempunyai sepatu olahraga untuk melakukan jenis olahraga ini untuk mengoptimalkan gerakan dan menghindari cedera.

Lakukan jogging mengelilingi teras ataupun dari dalam rumah ke teras. Berapa kali? Nggak harus ratusan kok *kalem 😀 hehehe… Untuk awal bisa kamu coba 10 kali, lalu tingkatkan menjadi 15, 20, 25 kali setiap dua hari sekali.

2. Skipping

Waini jenis olahraga nostalgia! Sewaktu sekolah dulu, skipping selalu rutin saya lakukan bahkan di rumah sekalipun. Sayangnya, sekarang sudah jarang saya melihat orang melakukan jenis olahraga yang satu ini.

Latihan kardio dengan menggunakan tali (skipping rope) ini akrab dengan semua orang dari berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Lakukan olahraga ini menjadi fun dengan menjajal gaya melompat yang berbeda-beda.

3. Senam lantai

Senam lantai standar yang bisa dilakukan seperti push-up, sit-up, back-up. Nah, sekarang ini yang lagi ngetren adalah planking. Planking ini bentuknya gaya push-up yang ditahan. Bahkan planking ini ada challenge-nya loh. Untuk challenge-nya bisa kamu tengok di Instagram dengan tagar #plankingchallenge.

Saya sudah memulai melakukan planking, emang sih baru hari ke-4 tapi fun. Berasa banget tubuh ini berat. Hahaha *lol… Tapi, saya terpacu untuk menyelesaikan tantangan planking ini.

Manfaat senam lantai ini untuk membentuk tubuh terutama perut, bokong dan melatih ketahanan tubuh. Jangan lupa, lapisi lantai dengan matras untuk mengurangi resiko cedera, ya.

4. Aerobik

Jenis olahraga ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Caranya? Kamu bisa mengikuti gerakan aerobik dari dvd yang banyak dijual di toko olahraga ataupun mengunduhnya dari youtube.

5. Yoga

Jenis olahraga yang satu ini juga lagi hits. Di mana-mana bisa kita lihat pose yoga yang bikin kita tertarik untuk melakukannya.

Kamu bisa melakukan yoga di rumah dengan mengunduh aplikasinya di ponsel. Saya pernah melakukannya. Aplikasi yang saya unduh adalah DAILY YOGA di iOS. Di situ, kamu akan dituntun untuk melakukan yoga sesuai keinginan. Saya memilih basic. Dan challenge-nya itu selama 10 hari.

Melakukan yoga ini so fun bagi saya karena ternyata tubuh ini sudah berat dan susah seimbang pun! Hahaha… Dan pose yang sering kita lihat itu ternyata belajarnya nggak mudah. I felt it!

Saya paling menyukai saat sesi terakhir yoga di mana harus melakukan posisi telentang, dengan melakukan pernapasan dan mengosongkan pikiran. Benar-benar rasanya fresh! Serasa ada beban yang lepas.

Tapi, saran dari saya nih yang sudah lakukan yoga di rumah, ada baiknya kamu ketemu dulu dengan instruktur yoga, belajar basic pernapasan dengannya. Lalu, baru kamu lakukan di rumah.

6. Pilates

Jenis olahraga ini pun masih satu tingkat di bawah yoga ukuran hits-nya. Saya sih belum pernah melakukannya. Kamu bisa melakukan pilates di rumah dengan melihat gerakannya di youtube oleh ahlinya. Tapi, sekali lagi saran dari yang saya baca, ada baiknya konsultasi juga dengan instruktur pilates terlebih dahulu, dengan begitu kamu bisa paham otot sebelah mana saja yang perlu mendapat tekanan saat melakukan gerakan.

7. Dance

Ini adalah jenis olahraga yang sangat menyenangkan untuk dilakukan di rumah. Badan bisa meliuk-liuk mengikuti hentakan lagu tanpa perlu malu atau risih dengan pandangan orang. Wong, dilakuin di rumah dan sendiri. Hehehe… Dijamin deh, melakukan jenis olahraga ini anak-anak pun pasti suka.

Dance yang bisa kamu lakukan seperti, zumba, tari flamenco atau tertarik untuk menjajal gerakan lain, coba pole dancing!

Sebelum melakukan olahraga ada baiknya kita melakukan stretching dan warming up, yes. Agar otot-otot tidak kaku dan menghindari cedera otot. Jika masih bingung gerakan stretching dan warming up, bisa kamu tengok IG milik mamak @meiranastasia (istri Ernest). Di situ, ada video tutorial singkat stretching, warming up.

Jangan harapkan hasil yang instan! 1-2 bulan baru akan nampak hasilnya.

Olahraga sambil dengerin musik itu lebih enak lho. Tambah semangat olahraganya. Saya sering putar lagu seperti, Shake it off, Geronimo, Dessert, Don’t let me down. Pokoknya irama yang ngebeat.

Nah, seringkali menemukan pertanyaan, “Mulai dari mana?”

Bagi saya nggak penting banget pertanyaan itu karena cukup MULAI saja. Seperti jargon salah satu merk sepatu olahraga, Just do it! Kalau sekedar niat mah, semua juga punya tapi nggak semua punya bisa langsung mulai. Punya sedikit waktu setelah beres-beres rumah, langsung mulai lakukan olahraga! Karena kalau ditunda-tunda pasti ujungnya malas.

Masalah utama dari tidak melakukan olahraga adalah MALAS. Betul? Karena sudah capek kerja, dikejar deadline, mager sambil main sosmed bikin kita jadi malas olahraga, nggak ada waktu menjadi ‘tameng’ untuk malas olahraga.

7 jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah ini sekedar solusi kecil dari masalah malas olahraga yang kita alami. Sekali lagi, semua tergantung dari diri kita, mau mulai olahraga agar tubuh sehat atau tidak.

Semoga kita sehat selalu, ya.

https://www.hujanpelangi.com