7 Fungsi & Manfaat Air untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu, 7 Oktober 2017 | 08:38:57

7 Fungsi & Manfaat Air untuk Kesehatan Tubuh

Minum air saat perut kosong akan mempercepat penyerapannya oleh tubuh.

Itu sebab, minum dua gelas air setelah bangun tidur saat perut masih kosong akan membantu merangsang otot-otot peristaltik dan meningkatkan sirkulasi darah.

Fakta diatas hanya sebagian dari banyak alasan mengapa air baik untuk tubuh.

Manfaat Air bagi Tubuh

Minum cukup air penting karena alasan berikut:

1. Membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

2. Mempertahankan volume dan kekentalan darah sehingga mencegah pengentalan darah yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti hipertensi, serangan jantung, dan lain-lain

3. Membasuh racun keluar dari tubuh melalui urin dan keringat. Air, yang dikenal sebagai “pelarut universal”, adalah pelarut terbaik untuk limbah beracun dari tubuh.

4. Meminimalkan kemungkinan terjadinya kanker usus sebesar 45%, kanker payudara sebesar 75%, dan kanker kandung kemih sebesar 50%.

5. Air adalah minuman terbaik bagi seseorang yang sedang membatasi asupan kalori. Minum segelas air 30 menit sebelum makan membuat Anda merasa lebih kenyang tanpa konsumsi kalori sama sekali.

Sebagai hasilnya, seseorang akan makan lebih sedikit sehingga membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

6. Minum air sebelum makan juga mampu meningkatkan proses pencernaan sekaligus membuang kelebihan natrium yang mengarah ke retensi cairan.

7. Racun yang dibilas keluar tubuh akan meningkatkan kesehatan dan tekstur kulit sehingga membuatnya lebih lembut, kenyal, halus dan bebas kerut.

Jumlah Air yang Harus Diminum Setiap Hari

Cairan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia disediakan oleh dua sumber: makanan dan air.

Diet seimbang yang sehat menyediakan sampai 20% kebutuhan cairan tubuh, dengan sisanya harus didapatkan dari air.

Karena makanan sehat memberikan sekitar 20% kebutuhan cairan tubuh, jumlah air yang dibutuhkan setiap hari akan berada pada kisaran 2 – 2,5 liter.

Jika berolahraga secara teratur, Anda harus meningkatkan asupan air 150 – 200 ml untuk setiap 20 menit olahraga.

Perlu diingat, total asupan air harus dikonsumsi sepanjang hari dan tidak boleh dikonsumsi dalam satu atau dua porsi besar sekaligus.

Jumlah berlebihan asupan air dapat menyebabkan penurunan level elektrolit dalam otak, meskipun kasus tersebut, yang dikenal sebagai keracunan air, hanya terjadi dalam kasus ekstrim.

Dianjurkan untuk selalu membawa sebotol air saat bekerja, bepergian atau berolahraga untuk mempertahankan tingkat air dalam tubuh.

Alih-alih soda, teh, kopi atau minuman olahraga yang berisi tambahan gula, selalu lebih baik untuk mengkonsumsi air putih biasa.

Cukup asupan air tidak hanya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga mencegah berjangkitnya berbagai penyakit.[]

 https://www.amazine.co/