6 Manfaat Kelapa Merah untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Kamis, 10 Januari 2019 | 08:49:15

6 Manfaat Kelapa Merah untuk Kesehatan Tubuh Manusia

 

 Kelapa merah

Kelapa merah? Eit, jangan bingung dulu. Kelapa merah di sini maksudnya adalah kelapa hijau yang seperti biasa kita temui namun dengan semburat merah agak keunguan pada bagian ujungnya. Kelapa jenis ini juga kerap disebut dengan degan wulung. Seperti kelapa pada umumnya kelapa merah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan baik air maupun daging buahnya. Hal ini didukung oleh berbagai kandungan nutrisi dan senyawa penting yang terkandung pada kelapa merah diantaranya glukosa, sukrosa, alanin, arginin, pantotenat, riboflavin, tanin, sistin, alin, biotin, dan fruktosa. Berikut beberapa manfaat kelapa merah atau manfaat degan wulung bagi kesehatan:

1. Baik untuk kesehatan pencernaan

Kelapa merah memiliki sifat menenangkan sehingga dapat menjadi pilihan tepat dalam mengatasi berbagai gangguan atau masalah pencernaan. Selain itu konsumsi air kelapa merah juga dapat memberi asupan elektrolit esensial yang diperlukan oleh tubuh sebagai pengganti elektrolit yang terbuang akibat masalah pencernaan. Pencernaan yang sehat dan lancar juga bisa didapatkan dengan manfaat beberapa bahan alami lainnya di sekitar kita seperti manfaat daun senna dan manfaat pisang ambon.

2. Mencegah dehidrasi

Semua orang tentu setuju bahwa konsumsi air kelapa merah dapat menyegarkan tubuh. Selain itu kandungan elekterolit yang dimilikinya dapat membantu menjaga keseimbangan kadar elektrolit dalam tubuh sehingga kita terhindar dari dehidrasi. Selain manfaat air putih air kelapa merah merupakan pilihan yang tepat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

3. Mengatasi sakit kepala

Sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak faktor salah satunya kekurangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Untuk mengatasinya dianjurkan untuk mengonsumsi air kelapa merah karena selain memberi asupan cairan yang mengandung elektrolit juga mengandung magnesium untuk mencukupkan kebutuhan mineral tubuh (terutama pada kasus dimana penderita sakit kepala atau migrain memiliki kadar magnesium yang rendah). Karena seperti diketahui manfaat magnesium sangat diperlukan untuk menunjang berbagai fungsi tubuh.

4. Penawar racun

Dibandingkan jenis kelapa lain kelapa merah memiliki kandungan senyawa tannin yang lebih tinggi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai penawar racun. Beberapa bahan alami lain yang juga dapat digunakan sebagai penawar racun diantaranya manfaat akar pisang, manfaat daun gamal, dan manfaat teh hijau.

5. Melancarkan buang air kecil

Manfaat kelapa merah lainnya yang tidak kalah penting adalah dapat melancarkan buang air kecil sehingga berbagai zat sisa dan racun dapat dikeluarkan dengan lancar dari dalam tubuh. Hal ini didukung oleh sifat diuretik yang terdapat pada kelapa merah. Dengan lancarnya proses buang air kecil turut berpengaruh pada kesehatan saluran kemih sehingga terhindar dari berbagai infeksi yang berpotensi menyerang saluran kemih. Obat alami lainnya yang dapat digunakan untuk melancarkan buang air kecil diantaranya manfaat daun bengang, manfaat lembayung, dan manfaat teh alang alang.

6. Baik untuk penderita diabetes

Kelapa merah juga sangat aman dan baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan asam amino dan serat alami pada kelapa merah dapat meningkatkan sensitifitas insulin. Seperti diketahui insulin berperan penting dalam menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh. Dengan membaiknya sensitifitas insulin tentu meningkatkan kestabilan kadar gula darah dalam tubuh. Beberapa makanan lain yang juga berpengaruh positif pada penderita diabetes diantaranya manfaat buah naga untuk diabetes, manfaat bengkoang untuk diabetes, dan manfaat daun pepaya untuk diabetes.

Sangat bermanfaat bukan? Selan rasanya yang lezat dan menyegarkan ternyata ada banyak manfaat kelapa merah bagi kesehatan. Meskipun demikian konsumsi kelapa merah juga tidak boleh berlebihan. Konsumsi secukupnya saja dan rasakan berbagai manfaatnya bagi kesehatan.

https://manfaat.co.id