5 Tips Sehat Selama Ramadhan

Selasa, 8 Mei 2018 | 08:58:06

5 Tips Sehat Selama Ramadhan

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sehat bisa dicapai dengan berpuasa. Namun, puasa tanpa perencanaan akan membuat manfaat sehat tidak tercapai. Dilansir Huffington Post, praktisi makanan halal yang juga food blogger, Yvonne Maffei memberikan lima tips sederhananya.

"Seorang yang berpuasa butuh makanan yang baik dan kaya nutrisi untuk memberikan energi yang diperlukan selama berpuasa," katanya. Apalagi jika seseorang berada dalam kondisi cuaca yang panas.

Berikut lima tips utama bagi mereka yang berpuasa, agar tetap sehat meski dengan beragam kondisi:

1. Makan makanan alami, bukan instan atau junk food.

Makanan instan memang lebih praktis dan menyenangkan. Namun, makanan ini biasanya memiliki kadar gula tinggi, MSG, tinggi sodium dan tipe lemak yang tidak sehat bagi tubuh.

Jika terburu-buru, pilihlah makanan yang masih segar dan butuh waktu sebentar untuk mengolahnya. Seperti sayuran direbus atau salad. Junk food seperti kentang goreng, permen, dan lainnya sebaiknya dihindari meski sebagai makanan sampingan.

Belilah banyak buah-buahan lokal dan sayuran yang bisa langsung konsumsi setelah dicuci. Mereka jauh lebih sehat sebagai makanan pendamping.

2. Hindari makanan 'putih'.

Makanan putih ini contohnya nasi putih, roti putih, gula putih dan lainnya. Roti putih dibuat dari tepung putih dan ini adalah makanan olahan. Beras putih memiliki kadar gula lebih tinggi sehingga tidak tahan lama dalam tubuh. Sebaiknya, pilih saja roti gandum dan nasi merah.

3. Ketahui makanan yang menghidrasi tubuh.

Ketika berpuasa, penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ada baiknya seseorang minum jus saat sahur dan berbuka. Juga membuat makanan dalam bentuk sup sayur untuk memberikan sumber cairan tambahan.

Hindari makanan asin karena bisa membuat tubuh merasa haus. Cara terbaik saat berbuka adalah mengonsumsi kurma. Bisa juga minum air kelapa, smoothies, atau buah-buah dengan kadar air tinggi.

Batasi juga konsumsi kopi dan teh karena malah bisa membuat tubuh dehidrasi.

4. Hindari gorengan dan makanan bergula.

Makanan jenis ini memang sudah jadi makanan khas Ramadhan. Namun, tidak ada salahnya untuk mengurangi 'tradisi' seperti ini karena sudah terbukti tidak baik untuk tubuh.

Goreng-gorengan dengan kadar minyak tinggi sulit dicerna. Apalagi, jika dimakan langsung saat berbuka, saat tubuh lelah setelah sekian lama berpuasa.

Sebaiknya, makanan manis juga disimpan untuk Idul Fitri saja. Jika memungkinkan hindari benar makanan tinggi gula saat berpuasa. Jika ingin makanan manis, coba konsumsi yang alami seperti madu atau buah-buahan.

5. Hati-hati dengan karbohidrat.

Meski pasta, kentang, nasi sangat enak sebagai temannya daging, sebaiknya konsumsi karbohidrat juga dibatasi. Karbohidrat akan menjadi gula dan sangat mudah dicerna. Sehingga membuat kita lebih cepat lapar.

Jika konsumsi karbohidrat, pasangkanlah dengan makanan tinggi protein. Seperti kacang-kacangan, daging atau telur.

http://republika.co.id