5 Manfaat Shalat Tahajud yang Tertuang dalam Hadis dan Alquran

Selasa, 6 November 2018 | 09:31:00

5 Manfaat Shalat Tahajud yang Tertuang dalam Hadis dan Alquran

 

Shalat Tahajud merupakan salat sunah yang istimewa. Tidak hanya karena dilakukan pada tengah malam, tapi juga karena manfaat shalat Tahajud yang banyak. Bahkan, manfaat tersebut pun bisa dirasakan secara langsung di dunia. Di samping itu, Allah SWT memberikan pahala besar bagi umat Islam yang menyempatkan waktunya untuk salat Tahajud.

Dari sekian banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kebiasaan salat Tahajud, berikut ini adalah lima di antaranya:

1. Menjaga kesehatan

Shalat Tahajud merupakan resep sehat yang secara rutin dilakukan oleh Rasulullah SAW. Beliau bersabda, “Lakukanlah salat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit dari tubuh.” (HR Tirmidzi).

2. Menjaga ketampanan dan kecantikan

Manfaat shalat Tahajud tidak hanya bisa menjaga tubuh tetap sehat. Di waktu yang sama, salat Tahajud juga menjadi terapi untuk tampil tampan dan cantik. Hal ini tertuang dalam hadis berikut, “Barang siapa yang banyak menunaikan salat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR Ibnu Majah).

Dengan manfaat seperti itu, tidak heran kalau pasangan suami istri diimbau untuk melakukan salat Tahajud rutin secara bersama. Hal ini seperti sabda Nabi Muhammad SAW berikut:

“Semoga Allah merahmati seorang suami yang bangun di waktu malam lalu salat dan ia pun membangunkan istrinya lalu sang istri juga salat. Bila istri tidak mau bangun ia percikkan air ke wajahnya. Semoga Allah merahmati seorang istri yang bangun di waktu malam lalu ia salat dan ia pun membangunkan suaminya. Bila si suami enggan untuk bangun ia pun memercikkan air ke wajahnya.” (HR. Abu Dawud).

3. Lebih produktif

Rasulullah SAW mengatakan, pada saat menjelang tidur, setan akan membuat tiga ikatan pada bagian tengkuk manusia. Tiga ikatan tersebut akan bisa terlepas kalau umat Islam bangun di malam hari dan menyempatkan waktunya untuk berzikir, wudu, serta melakukan salat Tahajud.

Dengan terlepasnya tiga ikatan tersebut, umat Islam bisa bangun di pagi hari dalam kondisi tubuh yang segar. Tidak akan terganggu oleh rasa malas yang membelenggu jiwa. Mereka yang terbiasa melakukan salat Tahajud bisa memulai hari dengan pikiran yang positif. Dengan begitu, aktivitas sehari-hari akan lebih produktif.

4. Kemudahan meraih cita-cita

Manfaat shalat Tahajud berikutnya adalah kemudahan dalam meraih cita-cita. Alasannya, karena malam hari merupakan waktu yang mustajab. Hal tersebut terungkap dalam hadis berikut:

Shalat Tahajud merupakan salat sunah yang istimewa. Tidak hanya karena dilakukan pada tengah malam, tapi juga karena manfaat shalat Tahajud yang banyak. Bahkan, manfaat tersebut pun bisa dirasakan secara langsung di dunia. Di samping itu, Allah SWT memberikan pahala besar bagi umat Islam yang menyempatkan waktunya untuk salat Tahajud.

“Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam.” (HR. Muslim).

5. Menjaga pribadi agar tetap rendah hati

Manfaat shalat Tahajud berikutnya adalah bisa menjaga pribadi muslim untuk tetap rendah hati. Hal ini diungkapkan Allah SWT dalam Alquran surah Alfurqon ayat 63 – 64 yang artinya sebagai berikut:

“Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.”

Membiasakan diri untuk rutin dalam menjalankan salat malam yang satu ini memang sulit. Namun, mengingat manfaat shalat Tahajud yang besar, akan sangat disayangkan kalau ibadah sunah yang satu ini dilewatkan begitu saja. Yuk, biasakan diri bangun tengah malam dan salat Tahajud!

 

Sumber:

http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/13/04/20/mlhxyp-rajinlah-shalat-tahajud-ini-manfaatnya

http://www.sholattahajud.com/2015/02/manfaat-shalat-tahajud.html

https://almanhaj.or.id/3499-keutamaan-shalat-malam-dan-anjurannya.html

https://umroh.travel