5 Manfaat Puasa yang Belum Banyak Diketahui

Senin, 26 November 2018 | 09:16:08

5 Manfaat Puasa yang Belum Banyak Diketahui

 

Liputan6.com, Jakarta Bagaimana ibadah puasa Ramadan Anda, apakah berjalan dengan lancar? Bicara soal puasa, biasanya ibadah wajib ini digunakan banyak orang sebagai kesempatan untuk menurunkan berat badan.

Di luar itu, sebenarnya puasa tak hanya bermanfaat untuk menurunkan badan. Ya, puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya membuat ginjal menjadi lebih sehat.

Perlu diketahui, jika fungsi ginjal akan maksimal bila kekuatan osmosis urin mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air, dan satu-satunya cara adalah dengan mengurangi asupan air yaitu ketika berpuasa.

Selain membuat ginjal menjadi lebih sehat, berikut ini adalah lima manfaat kesehatan lain dari berpuasa, yang harus Anda ketahui.

1. Panjang Umur

Puasa bisa bikin Anda bertahan hidup lebih lama. Sebuah studi menyebut bahwa makanan bisa menjadi salah satu faktor penuaan dan makan terlalu banyak juga akan berpengaruh pada metabolisme tubuh yang akan semakin melambat.

2. Memperbaiki Pola Makan

Buat Anda yang pola makannya bermasalah, puasa bisa membantumu untuk memperbaiki dan menyesuaikannya dengan gaya hidup Anda.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Puasa sudah terbukti dapat memperbaiki fungsi otak dengan meningkatkan produksi protein yang dapat memicu bahan kimia lain untuk meningkatkan kesehatan saraf.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Puasa bisa bantu Anda mengurangi kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Selain itu puasa juga dapat mengatasi peradangan dan mencegah pembentukan sel kanker.

5. Membersihkan Kulit

Puasa akan membantu tubuh membersihkan racun dan memfokuskan energi untuk meregenerasi kulit.

Lanny KusumastutiLanny Kusumastuti

https://www.liputan6.com