5 Manfaat Minum Rebusan Bawang Putih Untuk Kesehatan

Senin, 29 Juli 2019 | 09:10:35

5 Manfaat Minum Rebusan Bawang Putih Untuk Kesehatan

 

JawaPos.com – Bawang putih menjadi bumbu wajib dalam setiap masakan. Rasanya yang kuat bisa menjadi pengganti garam untuk menambah gurihnya masakan. Bawang putih juga sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional.

Bawang putih secara ilmiah dikenal sebagai Allium sativum yang mengandung vitamin A, B, dan C tingkat tinggi. Serta menyimpan senyawa sulfur, allicin, dengan antioksidan dan bahan aktif lainnya. Saat makan bawang putih atau memasukkannya ke dalam makanan, maka tetap bisa mendapatkan manfaatnya namun kurang efektif.

Dilansir dari Organic Facts, Kamis (13/6), selain dimasak, bawang putih bisa direbus kemudian diminum airnya seperti secangkir teh. Minuman ini dibuat dengan rebusan siung bawang putih dan berbagai bahan lainnya. Memang rasanya sedikit tak enak, tetapi demi alasan kesehatan mengapa tak dicoba.

Sebelum mencobanya, perhatikan beberapa efek samping yang harus dipertimbangkan jika diminum berlebihan. Seperti mulas, mual, muntah, gangguan lambung umum, dan risiko yang lebih tinggi untuk gangguan pendarahan. Maka minumlah dalam batas secukupnya.

Bawang putih dipercaya bisa meningkatan daya tahan tubuh. (StyleCraze)

Bahan-bahan:

4 siung bawang putih

3 gelas air

1/2 cangkir perasan lemon

2 sendok makan madu

 

Cara Membuat:

Kupas bawang putih kemudian masukkan ke dalam panci bersama air. Didihkan lalu tuang ke cangkir. Kemudian tambahkan madu dan lemon, aduk rata, minumlah.

Lalu, apa saja manfaat minuman bawang putih ini? Berikut penjelasannya,

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dikemas dengan senyawa antibakteri dan antijamur, seperti allicin, minuman bawang putih dapat memberi dorongan besar pada sistem kekebalan tubuh dengan melindungi tubuh dari berbagai patogen infeksius, terutama yang tertelan bersama makanan.

Mengatur Tekanan Darah

Penelitian telah mengaitkan bahan aktif bawang putih dengan tekanan darah rendah, dan ekstrak bawang putih juga terbukti menurunkan kadar kolesterol. Bawang putih dapat mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke, serta penyakit jantung koroner.

Meningkatkan Sistem Pernapasan

Jika menderita batuk, pilek, sakit tenggorokan, atau hidung tersumbat, secangkir teh ini dapat membantu menghilangkan kemacetan dan mengurangi peradangan pada saluran pernapasan. Minuman bawang putih juga membantu mempercepat penyembuhan dan menghilangkan infeksi.

Penurunan Berat Badan

Minuman bawang putih mampu menstimulasi metabolisme, yang dapat meningkatkan pembakaran lemak pasif dan membantu penurunan berat badan. Lalu bisa menekan nafsu makan.

Tingkatkan Energi

Meminum secangkir minuman bawang putih dapat meningkatkan tingkat energi secara keseluruhan pada awal hari.

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

https://www.jawapos.com