5 Doa Buat Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Senin, 29 Oktober 2018 | 09:43:01

5 Doa Buat Orang Tua Yang Sudah Meninggal

 

 

5 Do'a Buat Orang Tua Yang Sudah Meninggal No 2 Paling Bagus - Berbakti kepada orang tua menempati posisi yang tinggi didalam agama islam. Hal itu ditunjukkan dengan perintah berbuat baik kepadanya mengikuti perintah beribadah hanya kepada Allah SWT saja, seperti disebutkan didalam firman-Nya.

Artinya : “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.” (QS. Al Isra : 23)

Berbuat baik kepada orang tua tidak hanya dilakukan ketika mereka masih hidup di dunia akan tetapi juga setelah dia meninggal dunia. Diriwayatkan oleh Abu Daud dari Abu Usaid Malik bin Rabi’ah As Sa’idi ia berkata, “Ketika kami sedang bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, tiba-tiba ada seorang laki-laki dari bani Salamah datang kepada beliau.

Jika mereka telah meninggal bahagiakan mereka dengan menziarahi kuburnya lalu mendoakan mereka

Laki-laki bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah masih ada ruang untuk aku berbuat baik kepada kedua orang tuaku setelah mereka meninggal ?” beliau menjawab: “Ya. Mendoakan dan memintakan ampunan untuk keduanya, melaksanakan wasiatnya, menyambung jalinan silaturahim mereka dan memuliakan teman mereka.”

Berdo'a untuk kedua orang tua

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah, dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah ‘azza wajalla akan mengangkat derajat seorang hamba yang shalih di surga, hamba itu kemudian berkata; ‘Wahai Rabb, dari mana semua ini? ‘ maka Allah berfirman; ‘Dari istighfar anakmu.'”

Do'a Buat Orang Tua Yang Sudah Meninggal Paling Bagus

Latinnya : Allohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa

Artinya: Ya Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.

Doa buat orang tua di atas sangat bagus di amalkan setiap kali selesai sholat fardu, penulis sendiri mengamalkannya.

Do'a Buat Orang Tua Yang Sudah Meninggal Paling Bagus

Latinnya : Allaahummaghfirlahu, warhamhu, wa'aafihii, wa'fu anhu, wa akrim nuzu lahu, wa wassi' madkholahu, waghsilhu bilmaai, wats-tsalji, walbarodi, wanaqqihi, minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadhu minaddanasi wa abdilhu daaron khoiron min daarihi wa ahlan khoiron min ahlihi wazaujan khoiron min zaojihi wa adkhilhuljannata wa 'aidzhu min 'adzaabilqobri wafitnatihi wamin 'adzaabinnaari.

Artinya : Wahai Allah, ampunilah, dan rahmatilah, dan bebaskanlah, dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami (istri) yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka

Perhatian : Doa diatas dibacakan untuk ayah yang sudah meninggal, sementara untuk ibu yang sudah meninggal semua lafal kata “Hu” diganti dengan “Ha”. Misalnya : Allohummaghfirlaha, sedangkan untuk keduanya di ganti dengan "Hum" Contoh : Allohummaghfirlahum.

Doa buat orang tua di atas sangat bagus di amalkan setiap kali selesai sholat fardu.

Bersedekah buat orang tua

Kita bisa bersedekah apa saja bisa itu uang, makanan, pakaian dan lain sebagainya dengan niat pahalanya untuk kedua orang tua.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhori dari ‘Aisyah bahwa ada seorang laki-laki berkata, kepada Nabi Shallallahu’alaihiwasallam: “Ibuku meninggal dunia dengan mendadak, dan aku menduga seandainya dia sempat berbicara dia akan bersedekah. Apakah dia akan memperoleh pahala jika aku bersedekah untuknya (atas namanya) ?”. Beliau menjawab: “Ya, benar”.

Bisa juga berqurban yang niat pahalanya untuk kedua orang tua. Menghajikan orang tua kalau memiliki uang yang lebih.

Membaca Al-Quran buat orang tua

Bacalah Al-Qur'an sebanyak-banyaknya di waktu luang kita dan hadiahkan pahalanya untuk orang tua. ada yang mengatakan bahwa pahala membaca al-qur'an untuk orang tua yang sudah meninggal ibarat kiriman makanan dan minuman yang mewah lagi banyak datang ke alam kubur di bawakan oleh para malaikat-malaikat Allah SWT.

Buat yang bingung bagaimana cara niat agar pahala sampai buat orang tua, niatnya sangat mudah bisa menggunakan bahasa apa saja baik indonesia atau bahasa daerah karena Allah maha mengetahui dan memahami apa maksud dari niat kita.

Misalnya : Ya Allah saya hadiahkan pahala bacaan Al-Qur'an ini untuk kedua orang tua saya lalu kemudian baca Al-Qur'an. Untuk niat yang lain tinggal sesuaikan.

Menghadiahkan Al-Fatihah buat orang tua

Ini merupakan amalan yang paling simple yang bisa kita baca kapan saja di mana saja, baik itu sesudah sholat fardu, ketika santai atau sebelum tidur.

Semakin sayang kita kepada kedua orang tua kita Insya Allah semakin enak, indah, nikmat hidup kita di dunia dan di akhirat kelak. Amin. Karena Ridho Allah terletak pada kedua orang tua dan Murka Allah juga terletak pada kedua orang tua kita.

Buat yang tidak percaya hadiah pahala itu sampai silahkan mati duluan tapi jangan lupa tinggalkan nama lengkap juga bin atau binti nanti saya kirimkan Al-Fatihah.

Kunjungi orang tua

Buat yang tidak serumah lagi dengan orang tua sering-seringlah mengunjungi mereka paling tidak 1 minggu sekali dan kalau jauh 1 tahun sekali paling baik, karena orang tua itu sangat senang jika anak datang berkunjung ke rumah.

Jika mereka telah meninggal bahagiakan mereka dengan menziarahi kuburnya lalu mendoakan mereka, membersihkan kubur mereka. Paling bagus 1 minggu sekali setiap hari jum'at atau 1 tahun sekali selepas hari raya.

https://amalanonhand.blogspot.co