4 Manfaat Bersepeda 30 Menit Sehari bagi Kesehatan

Sabtu, 12 Januari 2019 | 08:30:06

4 Manfaat Bersepeda 30 Menit Sehari bagi Kesehatan

 

BERSEPEDA bisa menjadi salah satu olahraga termudah dan menyenangkan agar tetap bugar. Selain mengendalikan berat badan Anda, manfaat bersepeda bisa mengurangi depresi, stres dan kecemasan.

Dengan bersepeda, seseorang dapat meningkatkan produksi bahan kimia seperti serotonin, dopamin dan phenylethylamine di otak yang membuat Anda merasa bahagia dan depresi tetap terjaga. Karenanya, penting sekali bagi Anda yang punya kesempatan waktu untuk melakukan kegiatan bersepeda.

Kalau sudah meningkatkan hormon baik, pasti Anda terbebas dari penyakit. Untuk itu, sempatkan waktu bersepeda minimal 30 menit dalam sehari.

Para ahli juga menerangkan bahwa bersepeda dapat menjaga kadar gula darah teratur. Sehingga, Anda bisa terbebas dari penyakit diabetes di kemudian hari.

Bersepeda bisa melemaskan otot pinggul dan lutut sendi. Dampaknya tentu baik untuk menjaga fleksibilitas otot dengan baik. Anda secara bertahap akan mulai melihat peningkatan pada otot kaki Anda, paha, ujung belakang dan pinggul jika rajin bersepeda.

Managing Director di Pusat Spesialis Diabetes Dr Mohan dan Deepali Badoni, seorang Fisioterapis di Klinik AktivHealth membeberkan banyak manfaat dari bersepeda. Simak ulasannya berikut, dilansir Zeenews, Rabu (20/12/2017).

Mengurangi risiko penyakit jantung

Bersepeda adalah latihan aerobik yang memiliki beberapa manfaat kesehatan. Salah satunya mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan melakukan olahraga ini dengan efektif Anda dapat melancarkan aliran darah. Sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan kestabilan aliran darah.

Obat sakit lutut

Bagi penderita sakit lutut atau gangguan sendi juga disarankan untuk bersepeda. Olahraga ini dapat menguatkan otot kaki dengan alami. Lakukan bersepeda di pagi atau sore hari, yang juga bermanfaat untuk merelaksasi pikiran. Atau lakukan bersepeda saat libur akhir pekan bersama si kecil.

Menjaga kondisi pasien diabetes

Orang yang menderita diabetes harus memastikan bahwa mereka terhidrasi dengan baik saat bersepeda. Apalagi bagi penderita diabetes tipe 1 harus membawa beberapa makanan ringan yang berbasis karbohidrat. Kalau tidak, tubuh akan habis energi karena cukup melatih kardio.

Turunkan kadar kolesterol

Bersepeda mengurangi kadar kolesterol darah, sehingga dapat eningkatkan fungsi jantung dan paru-paru. Dengan bersepeda Anda bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Dewi Kania, Jurnalis ·

https://lifestyle.okezone.com