4 HAL YANG MEMBUAT HIDUP PENUH BERKAH

Kamis, 11 Juli 2019 | 09:27:58

4 HAL YANG MEMBUAT HIDUP PENUH BERKAH

 

Berkah adalah bertambahnya kebaikan yang mengantar kita kepada kebahagiaan. Ada 4 hal yang bisa membuat hidup kita penuh keberkahan, di mana senantiasa banyak kebaikan yang menghampiri kita dan membuat hidup kita bahagia dunia dan akhirat. 4 hal ini adalah:

#1 – PUNYA RASA MALU KEPADA ALLAH MAUPUN MANUSIA

Allah telah menganugrahkan kita dengan begitu banyak kenikmatan; keimanan, kesehatan, rizki, perlindungan dan pertolonganNya, akal ilmu dan kreatifitas, dan lain-lain kenikmatan yang tak bisa dihitung jumlah dan nilainya. Semestinya kita malu kepadaNya bila kita untuk menjalankan perintahnya saja enggan dan malas, bahkan mengingkariNya. Rasa malu kepadaNya seharusnyalah membuat kita menjadi bertaqwa.

Kita harus berhati-hati dalam kehidupan sosial (hablumminanaas) agar kita tidak malu, dengan cara meningkatkan achlaq kita sesuai yang dicontohkan Rasulullah SAW, mengutamakan kejujuran dan selalu menyebarkan kebaikan.

#2 – MENJAGA LISAN

Menjaga lisan kita, berkata baik-baik dengan cara yang baik pula kepada sesama. Hindari perkataan keras dan kotor, atau yang menyakitkan, menyinggung dan bernada menghina orang lain sekalipun dalam perdebatan yang sengit. Hindari merasa benar sendiri, sehingga menjurus kepada penghinaan dan merendahkan orang lain. Bicaralah dengan suara lembut atau direndahkan dan pilihlah kata-kata dan kalimat yang baik sehingga terasa menyejukkan hati lawan bicara.

#3 –MEMBERIKAN YANG TERBAIK BUAT ORANG TUA

Hormatilah dan berikanlah hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk orang tua yang masih hidup. Orang tua sesungguhnya merupakan ujian, sekaligus merupakan ladang pahala kebaikan bagi anak-anaknya yang ikhlas dan sabar. Bagi orang tua yang telah wafat, doakan mereka, memohon ampun atas kekhilafan mereka semasa hidup, memohon agar dilipat-gandakan pahala amal kebaikannya, dan memohon tempat yang mulia di sisiNya.

#4 – SENANTIASA MENGINGAT ALLAH SWT.

Bersabar bila ditimpa musibah atau halangan apapun dalam kehidupan dan berdoalah agar diberikan kekuatan untuk menghadapi segala rintangan. Ingatlah bahwa Allah senantiasa bersama dengan orang yang sabar dan taqwa. Untuk mengingat Allah (Dzikrullah) dapat dilakukan dengan mengikuti perintahnya untuk shalat wajib 5 waktu dan melaksanakan shalat-shalat sunnah seperti qiyamul lail, shalat dhuha, rawatip 12 rakaat, mengucap kalimat takbir, tahmid, tahlil, membaca Al-Qur’an, bergabung dengan majelis taqlim dan pengajian .....

http://risalahmutiaratauhid.blogspot.com