20 Manfaat Sujud untuk Kesehatan dalam Islam

Sabtu, 1 Desember 2018 | 08:53:46

20 Manfaat Sujud untuk Kesehatan dalam Islam

 

Mungkin, banyak dari kita umat muslim yang tidak mengerti dan memahami apa hikmah yang ada saat bersujud. Perlu diketahui jika Allah SWT tidak menciptakan sesuatu secara sia sia dan pasti memiliki kelebihan yang bahkan melampaui akal kita sebagai manusia.

Shalat wajib dan beberapa sholat lainnya merupakan perintah wajib yang sudah diberikan Allah SWT. Dalam sholat, ada banyak gerakan yang dilakukan dan sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Saat sholat, kita melakukan sujud dalam 2 bentuk yakni sujud secara fisik dan juga sujud secara spiritual dalam bentuk ketaatan kita pada perintah Allah SWT. Ada banyak manfaat sujud yang selalu kita lakukan saat sedang menjalankan sholat dan berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

“Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu’.” Lalu Ma’dan berkata, “Aku pun pernah bertemu Abu Darda’ dan bertanya hal yang sama. Lalu sahabat Abu Darda’ menjawab sebagaimana yang dijawab oleh Tsauban padaku.” (HR. Muslim no. 488)

“Tidaklah hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan shalat sunnat hingga Aku pun mencintainya. Jika Aku mencintainya, maka pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, penglihatan yang ia gunakan untuk melihat, tangan yang ia gunakan untuk menyentuh, dan kaki yang ia gunakan untuk berjalan akan Aku beri taufik” (HR. Al Bukhari no. 6502).

1. Melancarkan Aliran Getah Bening

Saat melakukan sujud, maka bagian dahi, hidung, lutut, kedua telapak tangan dan juga ujung kaki berada sejajar dengan tanah atau bumi. Gravitasi bumi tersebut akan berguna untuk melancarkan aliran getah bening ke beberapa bagian tubuh seperti ketiak, leher serta kepala.

2. Mengalirkan Oksigen

Sujud juga membuat posisi jantung berada diatas otak sehingga darah bisa mengalir lebih baik sekaligus melancarkan oksigen dan akhirnya akan meningkatkan fungsi dari miliaran sel saraf tubuh kita.

3. Memudahkan Persalinan

Berbanding terbalik dengan larangan ibu hamil menurut Islam, sujud menjadi hal yang disarankan untuk dilakukan. Untuk para wanita yang sedang berada dalam masa kehamilan, sjud memiliki kegunaan untuk mempertahankan posisi janin yang baik di dalam rahim. Apabila posisi janin yang ada alami kebetulan melintang atau sungsang, maka gerakan yang ada pada sujud sangat membantu untuk mengembalikan posisi janin ke tempat yang benar dan dalam dunia medis sujud tersebut dikenal dengan nama knee chest position.

Pada saat sujud dimana pinggul dan pinggang terangkat melewati kepala dan dada, maka otot perut akan berkontraksi secara penuh sehingga baik untuk melatih organ di sekitar area perut dan akhirnya bisa mengejan lebih lama saat melahirkan. Dalam persalinan, wanita juga membutuhkan teknik pernapasan yang baik dan bisa dipenuhi dengan cara bersujud.

4. Melancarkan Pencernaan dan Cegah Wasir

Saat sujud, maka kedua lutut akan ditekuk dan ini sangat berguna untuk mengatasi kejang atau kram otot yang terjadi pada kedua lutut. Selain itu, membungkukan badan lalu meletakkan dahi di atas tanah merupakan cara yang baik untuk melancarkan pencernaan pada perut. Sementara menungging lalu meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki dan dahi berguna untuk mencegah terjadinya wasir.

5. Memperbaiki Fungsi Kelenjar Susu

Sujud juga menjadi latihan yang baik untuk melatih beberapa otot pada tubuh seperti contohnya otot dada pada wanita. Saat sedang sujud, maka beban tubuh bagian atas akan bertumpu pada lengan sampai telapak tangan dan ini membuat otot area dada mengalami kontraksi sehingga kelenjar air susu pada wanita bisa diperbaiki sehingga ASI yang dihasilkan semakin banyak.

6. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Melakukan gerakan sujud secara teratur akan membuat pembuluh darah di otak semakin lancar mendapat pasokan oksigen. Di saat sujud, posisi jantung yang berada di atas kepala membuat darah mengalir dengan lancar menuju otak sehingga berbagai sel pada otak bisa berfungsi lebih baik.

7. Mencegah Penyakit Kulit di Wajah

Ketika sedang bersujud, maka aliran darah menuju ke otak dan area wajah akan semakin lancar. Aliran darah yang semakin lancar ini akan membuat berbagai penyakit kulit wajah bisa dicegah seperti jerawat, flek hitam atau komedo.

8. Bernafas Lebih Baik

Saat sedang bernafas secara normal, sepertiga udara akan tersimpan dalam paru paru, namun saat sedang sujud, maka abdnormal fetra akan semakin menekan area diafragma. Ini menyebabkan diafragma bisa mengeluarkan udara yang tersisa pada paru paru sehingga manusia bisa bernafas lebih baik sekaligus menyehatkan organ paru paru.

9. Menguatkan Otot Betis

Saat ingin berdiri dari sujud, maka area betis mengalmi tekanan sehingga otot betis juga semakin tertekan. Otot betis yang dalam bahasa medis dinamakan peripheral heart ini akan memompa darah secara lancar ke seluruh bagian tubuh bawah.

10. Menghilangkan Pusing dan Migrain

Organ terpenting manusia yakni otak adalah pusat yang mengatur semua kegiatan. Organ ini akan mendapat pasokan oksigen serta darah yang lebih baik dengan melakukan sujud. Ini membuat kita bisa menghilangkan atau mencegah pusing serta migrain, mempertajam akal dan pikiran sekaligus meningkatkan mental seseorang. Selain itu, pembuluh darah halus yang ada di otak juga akan mengalami tekanan berlebih sehingga bisa mencegah stroke.

11. Menguatkan Beberapa Otot Tubuh

Sujud juga sangat baik untuk menggerakan beberapa otot pada tubuh seperti otot bahu, leher, dada, perut serta punggung. Pergerakan dari otot ini akan membangun otot semakin kuat dan juga elastis sekaligus melancarkan peredaran darah.

12. Mengatasi Insomnia

Untuk anda yang menderita insomnia atau kesulitan tidur, teratur melakukan sujud saat sholat sangat disarankan. Kesulitan tidur atau insomnia bisa terjadi karena aliran darah yang kurang lancar dalam tubuh dan juga stress berlebihan. Gerakan sujud ini sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh sehingga akhirnya bisa tidur lebih lelap sekaligus menjadi cara menghilangkan stress dalam Islam.

13. Meningkatkan Sisi Psikologis

Dari sisi psikologis, gerakan yang dilakukan dari sujud ini juga membuat kita merasa rendah diri di hadapan Allah SWT sekaligus menghilangkan banyak sifat sombong, riya dalam Islam dan berbagai sifat buruk lainnya sehingga akhirnya kita bisa menjadi orang yang lebih baik lagi.

14. Mengatasi Gangguan Persendian

Saat melakukan takbiratul ihram yakni dengan postur berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga dan kemudian melipatnya di depan dada atau perut sangat berguna untuk melancarkan aliran darah, melancarkan oksigen dan menghindari berbagai gangguan persendian khususnya pada tubuh bagian atas.

15. Mencegah Sakit Gelombang Perut

Pergerakan bagian otot yang terjadi pada saat sujud sangat baik untuk wanita yang akan melakukan persalinan. Organ peranakan akan sangat mudah kembali ke tempat semula dan menghindari terjadi sakit gelombang perut atau dikenal dengan convulsions.

16. Mengurangi Sakit Apendiks

Rasa sakit pada apendiks atau limpa juga bisa diatasi dengan melakukan sujud secara teratur. Pada saat melakukan beberapa gerakan dalam sujud, ini sangat baik untuk merileksasi dan menyeimbangkan bagian belakang tubuh.

17. Meringankan Sakit Hernia

Hernia merupakan salah satu penyakit yang bisa terjadi saat ada organ tubuh yang menekan lewat jaringan otot atau jaringan di sekitarnya yang melemah. Beberapa penyebab dari hernia adalah kenaikan berat badan berlebih secara mendadak dan juga bertumpuknya cairan pada abdomen atau rongga perut. Gerakan yang dilakukan pada saat sujud ini sangat baik untuk mengurangi penumpukan cairan pada rongga perut sehingga sakit hernia bisa dikurangi.

18. Mengurangi Cemas dan Stres

Gerakan sujud merupakan proses fisiologi yang sangat sempurna sehingga otak bisa tetap terjaga sekaligus meningkatkan neurogenesis, plastasitas dan bebagai manfaat lainnya sehingga bisa mengurangi rasa cemas berlebih, stres dan juga ketakutan akan sesuatu hal serta mengatasi penyebab hati gelisah menurut Islam.

19. Meningkatkan Ketenangan

Sujud tidak hanya berguna untuk meningkatkan kesehatan fisik, namun juga berguna untuk psikologis dan kejiwaan seseorang. Seseorang yang secara teratur melakukan sujud sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW adalah mendapatkan ketenangan. Ketenangan ini yang akan membuat kita lebih bersyukur dengan nikmat dan berkah yang sudah diberikan Allah SWT sehingga menjauhkan kita dari sifat sombong dalam Islam dan semakin mendekatkan diri pada Allah SWT.

20. Memperindah Bentuk Tubuh

Sujud juga menjadi salah satu cara untuk melatih banyak kekuatan otot seperti otot dada. Saat sedang sujud, tubuh bagian atas akan bertumpu pada lengan dan telapak tangan sehingga rongga dada akan mengalami kontraksi. Ini membuat bagian tubuh khususnya dada akan semakin indah jika melakukan sujud secara teratur.

Demikian ulasan yang bisa kami berikan kali ini mengenai manfaat sujud untuk kesehatan tubuh, kesehatan mental dan berbagai manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari sujud, semoga bisa bermanfaat dan semakin menambah semangat untuk melaksanakan sholat sekaligus mendapatkan banyak kegunaan di dalamnya. Dengan pentingnya sujud yang ada dalam sholat ini, sangat disarankan juga untuk menerapkan cara mengajari anak sholat sejak dini.

https://dalamislam.com